Seputar Asuransi

Kenali Makna Istilah Tertanggung dalam Asuransi di Sini!

11 August 2022

tertanggung

Asuransi adalah produk keuangan yang wajib ada dalam perencanaan keuangan kamu. Pasalnya, dalam hidup ada banyak risiko tak terduga yang bisa menguras tabungan kamu. Namun, banyaknya istilah khusus asuransi membuat orang awam merasa malas untuk membeli produk ini, salah satunya adalah tertanggung.
Banyak orang yang tertukar mendefinisikan istilah tertanggung dengan pemegang polis. Padahal, memahami istilah ini sangat penting sebelum kamu membeli asuransi, agar tidak salah tangkap. Untuk memahami pengertian asuransi, tertanggung dan perbedaannya dengan pemegang polis serta ahli waris, mari simak artikel berikut ini.

Apa Itu Asuransi?

Asuransi adalah produk keuangan yang akan memberikan pertanggungan atas risiko tertentu dengan imbalan premi. Dengan kata lain, asuransi akan mengambil alih risiko keuangan nasabahnya.
Risiko yang ditanggung berbeda-beda, tergantung jenis asuransi yang kamu pilih. Misalnya, asuransi mobil akan menanggung risiko kerusakan mobil milik nasabah. Sementara itu, asuransi rumah akan menanggung risiko kerusakan rumah.
Perjanjian atas pertanggungan tersebut tertulis dalam sebuah dokumen yang dinamakan polis asuransi. Dalam dokumen tersebut, tercantum detail perjanjian beserta syarat dan ketentuan asuransi yang disepakati baik perusahaan asuransi maupun nasabah.

Apa Itu Tertanggung?

Istilah tertanggung akan banyak kamu temukan dalam dokumen polis. Apa artinya? Tertanggung adalah pihak yang menghadapi risiko yang ditanggung oleh asuransi.
Contohnya begini, apabila kamu mendaftarkan anak kamu sebagai tertanggung asuransi kecelakaan, maka asuransi akan memberikan uang pertanggungan jika anak kamu mengalami kecelakaan. Jika kamu mendaftarkan diri sendiri sebagai tertanggung dalam asuransi kecelakaan, maka uang pertanggungan baru bisa cair jika kamu sendiri mengalami kecelakaan.
 
Baca juga : Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Tertanggung dengan Pemegang Polis, Ahli Waris, dan Penanggung

Tertanggung adalah pihak yang “diasuransikan”. Sementara itu, pemegang polis merupakan pihak yang membuat kesepakatan dengan pihak asuransi dan bertanggung jawab untuk membayar premi. Ia jugalah yang akan menandatangani dokumen polis.
Dalam dokumen polis, kamu juga akan menemukan istilah ahli waris, yang berarti pihak yang akan menerima uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia. Jika tertanggung adalah seorang suami, maka ahli warisnya merupakan sang istri atau anak.
Terakhir, istilah penanggung biasanya digunakan untuk menyebut pihak asuransi sebagai pihak yang menanggung risiko dari nasabah.

Siapa yang Harus Didaftarkan sebagai Tertanggung?

Berhubung tertanggung adalah pihak yang dijamin risikonya, maka idealnya orang yang didaftarkan sebagai tertanggung adalah orang yang menjadi tulang punggung keluarga. Misalnya, dalam sebuah keluarga, sang ayah yang menjadi mencari nafkah, maka yang idealnya didaftarkan menjadi tertanggung adalah sang ayah.
Apabila terjadi risiko kecelakaan kepada sang ayah, maka keluarganya tak lagi mendapatkan penghasilan. Uang pertanggungan dari asuransi bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup keluarga untuk sementara waktu.
Namun, produk asuransi tidak wajib digunakan untuk memenuhi tujuan tersebut. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan keuangan masing-masing.

Tips Sebelum Membeli Asuransi

tips sebelum membeli asuransi

Sebelum membeli produk asuransi, pahami beberapa tips berikut agar produk yang kamu beli lebih efektif membantu kamu mencapai tujuan keuangan.

1. Pilih perusahaan asuransi terpercaya

Produk asuransi yang bagus adalah produk yang diterbitkan oleh perusahaan dengan reputasi baik. Cara mengukur kualitas perusahaan adalah dengan mencari tahu berita terkait perusahaan di mesin pencari seperti Google. Biasanya, kamu akan menemukan testimoni beberapa nasabah perusahaan tersebut.

2. Cari produk dengan manfaat sesuai kebutuhan

Sebelum membeli jenis atau macam produk, pastikan kamu memahami kebutuhan terlebih dahulu. Cari tahu, aset apa saja yang kamu punya dan risiko aka yang mungkin terjadi hingga mengganggu keuangan kamu. Contoh, apabila kamu adalah seorang kepala keluarga yang memiliki aset mobil baru, besar kemungkinan kamu membutuhkan asuransi kecelakaan dan asuransi mobil all risk. Jika kamu sering bepergian, kamu membutuhkan asuransi perjalanan.

3. Sesuaikan dengan anggaran asuransi kamu

Setiap produk asuransi menawarkan produk asuransi dengan biaya premi yang berbeda-beda. Biasanya, kisaran tarif premi bisa kamu tanyakan kepada perusahaan asuransi di awal. Pastikan kamu menyesuaikannya dengan anggaran kamu. Menurut saran perencana keuangan, anggaran asuransi yang ideal adalah 5 persen dari penghasilan kamu.

4. Pahami dokumen polis beserta istilah-istilah di dalamnya

Dalam dokumen polis, ada banyak istilah asing yang mungkin jarang kamu temui di manapun, contohnya tertanggung, all risk, total loss only, own risk, masa asuransi, klaim asuransi, tanggung jawab hukum pihak ketiga, premi, hingga uang pertanggungan. Pahami terlebih dahulu pengertian dari istilah-istilah tersebut. Lalu, kamu perlu membaca ketentuan dalam polis dengan teliti, jangan sampai ada yang terlewat. Kalau perlu, catat poin-poin penting seperti dokumen pendukung klaim.

5. Jangan ragu tanyakan kepada pihak asuransi

Kadang, waktu kita terbatas untuk mempelajari istilah-istilah dalam dokumen polis. Jika ada bagian yang membuat kamu bingung, jangan ragu untuk menanyakannya lebih lanjut kepada pihak asuransi.

6. Jangan terlambat membayar polis

Pastikan kamu mencatat kapan saja masa pertanggungan asuransi. Pasalnya, jika kamu terlambat membayar atau memperpanjang perjanjian polis, bisa-bisa kamu gagal saat mengajukan klaim.
 
Baca juga : Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

Berbagai Produk Asuransi Online dari Simas Insurtech

Setelah memahami istilah tertanggung dan beberapa istilah asuransi lainnya, mari berkenalan dengan beberapa produk asuransi online terbaik dari Simas Insurtech berikut ini!

1. Asuransi kecelakaan

Asuransi kecelakaan Simas Insurtech bernama Persona Insurtech. Produk ini menawarkan uang pertanggungan apabila nasabah mengalami risiko meninggal dunia atau cacat tetap akibat kecelakaan. Tak hanya itu Persona Insurtech juga akan menanggung biaya rumah sakit untuk penyembuhan cedera akibat kecelakaan. Kamu juga bisa memperluas proteks produk ini untuk kecelakaan saat mengendarai sepeda motor.

2. Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan Travi Insurtech dari Simas Insurtech menawarkan proteksi keuangan yang luas, yaitu berupa pemberian kompensasi jika pesawat terlambat, bagasi terlambat atau rusak, kecelakaan, ketidaknyamanan penerbangan, hingga kehilangan dokumen penting saat perjalanan. Asuransi juga akan menanggung biaya evakuasi darurat jika terjadi kerusuhan di wilayah tujuan kamu. Produk ini cocok bagi kamu yang memiliki rencana bepergian ke kota atau negara lain.

3. Asuransi penerbangan

Bagi kamu yang ingin mendapatkan proteksi keterlambatan pesawat tapi dengan premi yang lebih hemat, kamu bisa membeli asuransi penerbangann Fly Insurtech. Selain memproteksi keterlambatan pesawat, produk ini juga memberikan uang pertanggungan tambahan jika nasabah mengalami kecelakaan saat terbang.

4. Asuransi rumah

Asuransi rumah Homi Insurtech dari Simas Insurtech menawarkan pertanggungan risiko kerusakan rumah tinggal akibat kebakaran. Beberapa penyebab yang bisa kamu klaim di antaranya kerusakan akibat petir, ledakan, dan kejatuhan pesawat terbang. Kamu juga bisa memperluas pertanggungan untuk risiko gempa bumi.
 
Baca juga : Kapan Waktu Terbaik Membeli Produk Asuransi? Cek di Sini!

5. Asuransi hewan

Asuransi hewan Pet Insurtech dari Simas Insurtech menawarkan pertanggungan atas risiko yang ditimbulkan dari memiliki hewan peliharaan. Jika hewan kamu hilang, kamu akan mendapatkan uang pertanggungan. Selain itu, asuransi juga akan memberikan uang kompensasi jika hewan peliharaan kamu menyerang orang lain dan menimbulkan tuntutan pihak ketiga.

6. Asuransi mobil

Asuransi Mobil Insurtech dari Simas Insurtech memberikan pilihan proteksi all risk dan TLO. All risk artinya asuransi memproteksi segala jenis kerusakan, sementara TLO hanya memproteksi kerusakan parah saja.
 
Demikian informasi seputar pengertian tertanggung serta tips sebelum membeli produk asuransi. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Pengertian Istilah Uang Pertanggungan dalam Asuransi Umum

11 August 2022

Seputar Asuransi

14 Pertanyaan tentang Asuransi Umum yang Perlu Kamu Ketahui

11 August 2022

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

11 August 2022

Seputar Asuransi

18 Istilah Asuransi yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Membeli

11 August 2022

Seputar Asuransi

Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

11 August 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Istilah Uang Pertanggungan dalam Asuransi Umum

11 August 2022

Seputar Asuransi

14 Pertanyaan tentang Asuransi Umum yang Perlu Kamu Ketahui

11 August 2022

Seputar Asuransi

Asuransi Simasnet Lahir Untuk Masyarakat Indonesia yang lebih maju

11 August 2022

Seputar Asuransi

5 Taman Labirin di Dalam Negeri Yang Dapat Kamu Coba

11 August 2022

Seputar Asuransi

7 Jalan yang TerPopuler di Dunia

11 August 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Istilah Uang Pertanggungan dalam Asuransi Umum

11 August 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Premi Asuransi serta Jenis-jenis dan Tujuannya

11 August 2022

Seputar Asuransi

14 Pertanyaan tentang Asuransi Umum yang Perlu Kamu Ketahui

11 August 2022

Seputar Asuransi

7 Jalan yang TerPopuler di Dunia

11 August 2022

Seputar Asuransi

Kecelakaan Diri Yang “Menghantui”

11 August 2022

Seputar Asuransi

Tempat di Hong Kong yang Cocok Untuk Penggila Game dan Mainan

11 August 2022

Seputar Asuransi

Tingkatkan Peluang Selamat dari Kecelakaan Pesawat dengan Cara Ini

11 August 2022

Seputar Asuransi

Tips Memilih Asuransi Kebakaran Rumah Terbaik dan Syarat Daftarnya

11 August 2022

Seputar Asuransi

Tips Memilih Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia 2022

11 August 2022

Seputar Asuransi

Segitiga Bermuda yang Misterius Mulai Terpecahkan

11 August 2022

Seputar Asuransi

Biar Tidak Sedih Lihat Dompet Saat Berlibur, Coba Terapkan Trik Ini

11 August 2022

Seputar Asuransi

Ini Dia Cara Menabung yang Benar dan Efektif Biar Cepat Terkumpul

11 August 2022