Tips & Trik

18 Istilah Asuransi yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Membeli

26 July 2022

istilah asuransi

Asuransi adalah produk keuangan yang penting dimiliki semua orang. Namun, masih banyak yang ragu untuk membeli produk ini karena ketidaktahuan seputar seluk beluknya. Terlebih, banyak istilah asuransi yang asing di telinga masyarakat awam, misalnya polis, premi, hingga klaim.

Apabila kamu berencana membeli asuransi, sebaiknya mulai mencari tahu berbagai istilah asuransi yang sering digunakan. Simak penjelasannya dalam artikel berikut.

1. Polis Asuransi

Polis asuransi adalah sebuah dokumen yang berisikan berbagai informasi seputar asuransi, termasuk di dalamnya hak dan kewajiban yang harus dipenuhi nasabah serta perusahaan asuransi. Dokumen polis ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam perjanjian asuransi.
Jadi, apabila nantinya ada perselisihan seputar klaim, kamu bisa membaca kembali aturan yang sebenarnya di dalam dokumen polis. Beberapa informasi yang tertera dalam polis di antaranya:

  • Identitas diri nasabah dan perusahaan asuransi
  • Detail produk asuransi yang dibeli (jenis, masa pertanggungan)
  • Rincian premi yang harus dibayar nasabah
  • Pertanggungan dan pengecualian klaim
  • Penyelesaian perselisihan

2. Premi Asuransi

Premi asuransi adalah iuran yang harus dibayarkan nasabah kepada perusahaan asuransi sebagai biaya untuk pengalihan risiko. Umumnya, premi asuransi ditetapkan setelah asuransi menganalisis profil kamu saat mendaftarkan asuransi. Semakin tinggi risiko yang diasuransikan terjadi, maka semakin tinggi pula biaya preminya.
Frekuensi pembayaran premi asuransi bisa berbeda-beda, tergantung jenis asuransinya. Namun, umumnya produk-produk asuransi umum seperti asuransi mobil atau asuransi rumah menetapkan pembayaran penuh di awal, dan pertanggungan berlangsung selama 1 tahun.

 
Baca juga : Kapan Waktu Terbaik Membeli Produk Asuransi? Cek di Sini!

3. Rider atau Asuransi Tambahan

Istilah asuransi tambahan adalah produk yang menawarkan pertanggungan di luar asuransi utama. Contohnya, saat kamu membeli asuransi mobil, kamu hanya akan bisa mengajukan klaim jika terjadi kecelakaan di jalan dan tidak bisa mengajukan klaim risiko mobil terendam banjir. Apabila kamu ingin asuransi menanggung risiko banjir, maka kamu harus membeli rider dengan tambahan premi.

4. Tertanggung dan Pemegang Polis

Tertanggung adalah pihak yang ditanggung dalam asuransi. Sementara itu, pemegang polis adalah pihak yang membayar asuransi. Contohnya begini, kamu membeli asuransi kecelakaan untuk adik. Artinya, peran kamu adalah pemegang polis dan adikmu adalah tertanggungnya. Kedua istilah asuransi ini penting kamu pahami agar tidak ada kesalahpahaman dalam membaca polis.

5. Uang Pertanggungan

Uang pertanggungan adalah istilah asuransi yang berarti sejumlah dana yang akan diberikan asuransi kepada nasabahnya apabila risiko yang ditanggung terjadi. Misalnya, jika kamu memiliki asuransi perjalanan dan terjadi kecelakaan selama perjalanan, asuransi akan mengirimkan uang pertanggungan kepada kamu atau ahli waris. Nominal uang pertanggungan biasanya ditentukan di awal perjanjian asuransi dan tercantum secara rinci pada dokumen polis.

6. Ahli Waris

Istilah ahli waris akan banyak kamu temukan dalam asuransi. Ahli waris adalah pihak yang akan menerima uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia. Umumnya, ahli waris dari seorang suami adalah istri dan anak-anaknya.

 
Baca juga : Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

7. Risiko

Dalam asuransi, kata risiko dapat diartikan sebagai penyebab terjadinya suatu kerugian pada nasabah. Risiko ini beragam jenisnya, tergantung pada jenis asuransi yang kamu pilih. Contoh, risiko yang dihadapi pada asuransi mobil adalah kerusakan mobil akibat tabrakan.

8. All Risk

Istilah asuransi ini akan kamu temukan pada asuransi mobil dan asuransi rumah. Pengertian all risk adalah jenis asuransi yang akan menanggung segala jenis risiko. Pada asuransi mobil, all risk akan menanggung berbagai jenis kerusakan mobil, mulai dari kerusakan sebagian hingga kerusakan total. Sementara itu, pada asuransi rumah, all risk akan menanggung segala jenis risiko yang tidak ditanggung pada Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

9. Total Loss Only

total loss only
Istilah asuransi Total Loss Only atau TLO sering disebut dalam asuransi mobil, artinya adalah jenis asuransi yang hanya akan menanggung kerusakan total saja. Dalam konteks asuransi mobil, artinya asuransi hanya akan memberikan ganti rugi jika risiko yang terjadi menyebabkan mobil rusak total. Karena luasan pertanggungannya lebih sedikit, premi asuransi TLO biasanya lebih rendah daripada asuransi all risk.

10. Own Risk atau Biaya Sendiri

Own risk adalah ketentuan pada asuransi mobil yang mengharuskan nasabah asuransi membayar biaya sendiri (biasanya sebesar Rp300 ribu) kepada bengkel setiap mengajukan klaim. Jadi, semakin sering nasabah mengajukan klaim, semakin besar pula own risk yang harus dibayar. Ketentuan ini dibuat agar nasabah lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraannya.

11. Masa Asuransi

Masa asuransi adalah sebuah periode di mana pertanggungan asuransi berlaku. Jadi, kamu tidak bisa mengajukan klaim sebelum atau setelah masa asuransi. Durasi masa asuransi akan tercantum dalam dokumen polis yang diterima nasabah.

 
Baca juga : Pengertian Asuransi Perjalanan Internasional dan Manfaatnya

12. Klaim Asuransi

Klaim dalam asuransi adalah sebuah bentuk penagihan hak nasabah asuransi kepada perusahaan asuransi atas terjadinya risiko yang ditanggung. Umumnya, proses klaim asuransi mengharuskan nasabah untuk segera melaporkan kejadian klaim dan melengkapi dokumen pendukung klaim, seperti identitas diri, surat-surat terkait aset yang diasuransikan, hingga kronologi dan dokumentasi kejadian. Pihak asuransi biasanya menentukan batas waktu pengajuan klaim, sehingga pastikan kamu mencatat waktunya agar kesempatan klaim kamu tidak hangus.

13. Formulir Klaim Asuransi

Formulir klaim asuransi adalah dokumen yang harus diisi oleh nasabah saat mengajukan klaim. Formulir ini umumnya berisikan tentang identitas nasabah, nomor polis, detail kejadian klaim, informasi soal aset yang ditanggung, hingga tanda tangan tertanggung.

14. Partial Loss

Partial loss atau kerugian sebagian adalah kondisi di mana aset yang kamu asuransikan mengalami rusak sebagian. Untuk kasus asuransi mobil, contohnya adalah kerusakan baret atau penyok. Jenis kerusakan ini akan ditanggung oleh asuransi all risk.

15. Total Loss

Total loss atau kerusakan total adalah kondisi di mana aset kamu mengalami kerusakan total. Kerusakan total ini biasanya diartikan sebagai kerusakan di atas 75 persen dari nilai aset, atau bahkan habis.

 
Baca juga : Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

16. Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Tanggung jawab pihak ketiga adalah indikator kerugian yang melibatkan pihak ketiga. Misalnya begini, dalam mengelola aset, nasabah bisa saja mengalami musibah yang menimbulkan kerugian fisik atau material dari orang lain selain dirinya. Orang tersebut tentu akan menuntut ganti rugi. Nah, benefit ini akan diberikan oleh beberapa produk asuransi.
Contoh asuransi yang memberikan pertanggungan ini adalah asuransi mobil (jika kendaraan tanpa sengaja melukai orang lain) dan asuransi rumah (jika orang yang berada di dalam rumah tersebut terluka karena rumah rusak).

17. Asuransi umum

Asuransi umum adalah istilah asuransi yang merupakan salah satu kategori asuransi selain asuransi jiwa. Umumnya, kategori produk ini akan menanggung aset yang bukan berupa manusia, misalnya rumah, kendaraan, hewan peliharaan, hingga perjalanan kamu.
 
Demikian beberapa penjelasan seputar istilah asuransi yang sering muncul. Tertarik membeli produk ini? Kamu bisa mendapatkan produk-produk asuransi terbaik dari Simas Insurtech, yaitu asuransi mobil, asuransi penerbangan, asuransi perjalanan, asuransi rumah, asuransi kecelakaan, hingga asuransi hewan.
Keuntungan membeli asuransi di Simas Insurtech adalah kemudahan klaimnya. Kamu bisa berkonsultasi dan mengajukan klaim secara online di manapun dan kapanpun. Praktis, bukan?

Artikel Lainnya

Tips & Trik

14 Pertanyaan tentang Asuransi Umum yang Perlu Kamu Ketahui

26 July 2022

Tips & Trik

Kenali Makna Istilah Tertanggung dalam Asuransi di Sini!

26 July 2022

Tips & Trik

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

26 July 2022

Tips & Trik

Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

26 July 2022

Tips & Trik

Kapan Waktu Terbaik Membeli Produk Asuransi? Cek di Sini!

26 July 2022

Tips & Trik

Ternyata Ada 4 Macam Obesitas Menurut Hasil Penelitian Ilmuwan

26 July 2022

Tips & Trik

5 Tips Jaga Uang Tetap Aman saat Traveling

26 July 2022

Tips & Trik

Makan Terlalu Malam Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan Jantung

26 July 2022

Tips & Trik

Persiapan yang Dilakukan Sebelum Pesawat Take Off

26 July 2022

Tips & Trik

Ketika Ampas Kopi Tubruk ‘Diubah’ Jadi Produk Skincare

26 July 2022

Tips & Trik

Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

26 July 2022

Tips & Trik

7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dari Polis Asuransi

26 July 2022

Tips & Trik

Polis Asuransi Mobil – Bagaimana Jika Polis Asuransi Mobil Hilang atau Rusak

26 July 2022

Tips & Trik

Apa Itu Premi Asuransi serta Jenis-jenis dan Tujuannya

26 July 2022

Tips & Trik

Apa Yang Dimaksud Dengan Premi Asuransi

26 July 2022

Tips & Trik

Kupas Tuntas Tentang Premi Asuransi

26 July 2022

Tips & Trik

Bisakah Klaim Asuransi Mobil karena Kesalahan Sendiri?

26 July 2022

Tips & Trik

Apa Itu Jaminan Total Loss Only (TLO)?

26 July 2022