Seputar Asuransi

Jenis dan Cara Memilih Asuransi Anak Terbaik

27 January 2023

Asuransi Anak

Menjadi orang tua adalah berkah yang tak terhingga bagi banyak pasangan suami-istri. Namun di balik kebahagiaan itu ada tanggung jawab yang besar untuk memastikan kesejahteraan dan kesehatan anak. Pemikiran tentang tanggung jawab itu kerap membawa pertanyaan: apakah anak perlu asuransi? Apa asuransi anak terbaik yang bisa dipilih?

Pengertian Asuransi Anak

Asuransi adalah layanan perlindungan terhadap risiko tertentu dari penyedia asuransi dengan imbal balik pembayaran iuran berupa premi dari pihak yang dilindungi alias pihak tertanggung. Ketika pihak tertanggung mengalami kerugian akibat risiko yang ditanggung penyedia asuransi, ia akan menerima kompensasi sesuai dengan perjanjian yang tertera dalam polis. Maka asuransi anak terbaik akan menyediakan perlindungan yang terbaik pula atas hal-hal tertentu yang dapat merugikan anak.

Anak tak lepas dari bermacam risiko yang dapat menimbulkan kerugian terlepas dari usianya yang masih belia. Bahkan bayi baru lahir tak bebas dari risiko, terutama masalah kesehatan. Karena itu, terdapat beberapa jenis asuransi anak yang tersedia sesuai dengan risiko tersebut.

Terdapat setidaknya dua jenis asuransi anak yang utama, yakni:

Asuransi kesehatan

Kesehatan itu mahal harganya. Sekali orang sakit, biaya yang diperlukan untuk pengobatan, perawatan, penyembuhan, dan pemulihan bisa menguras tabungan. Karena itu, asuransi kesehatan menjadi jenis asuransi yang paling banyak digunakan. Tak terkecuali bagi anak-anak.

Penyedia asuransi anak terbaik tentu juga memiliki layanan asuransi kesehatan buat anak-anak. Namun umumnya asuransi kesehatan anak menjadi satu paket dengan orang tua dalam bentuk asuransi kesehatan keluarga. Jadi orang tua cukup membayar satu premi dengan manfaat yang dapat diperoleh satu keluarga.

Ada pula layanan asuransi anak yang disatukan dengan perlindungan buat ibu hamil. Jenis asuransi ini melindungi ibu hingga melahirkan serta anak sejak dalam kandungan. Masalah komplikasi kelahiran atau persalinan juga tercakup dalam perlindungan ini. Dengan asuransi kesehatan anak, buah hati bisa terlindungi dari risiko sakit hingga meninggal yang berkaitan dengan finansial.

Meski tak ada orang tua yang menghendaki anaknya sakit hingga butuh perawatan dengan biaya tinggi, kadang untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Mengikuti asuransi kesehatan bisa menjadi salah satu cara mengantisipasi kemungkinan terburuk masalah finansial yang bisa terjadi ketika mesti membayar ongkos perawatan anak karena penyakit tertentu.

Asuransi pendidikan

Jenis asuransi anak terbaik yang kerap menjadi pilihan orang tua adalah asuransi pendidikan. Setiap tahun, biaya sekolah sudah pasti naik. Apalagi sekolah swasta yang tak menjadi bagian dari kewenangan pemerintah. Itu sebabnya orang tua ingin memastikan dana yang cukup untuk membiayai pendidikan anak setinggi mungkin.

Asuransi pendidikan anak umumnya bersifat jangka panjang. Perlindungannya berlaku selama anak menempuh pendidikan sesuai dengan polis. Dengan adanya asuransi pendidikan, anak tetap dapat bersekolah ketika orang tuanya tak lagi bisa mencari nafkah karena meninggal atau cacat permanen.

Selain itu, dana perlindungan dari jenis asuransi pendidikan tertentu bisa ditarik seturut ketentuan dalam polis meski orang tua masih sehat walafiat. Namun dana yang dapat ditarik tidak bisa langsung seluruhnya, melainkan hanya sekian persen secara bertahap hingga anak masuk masa kuliah. Karena itulah asuransi pendidikan kerap dipandang sebagai bentuk tabungan ataupun investasi, terutama untuk menjamin keamanan finansial buat membiayai sekolah anak.

Tentunya orang tua lazimnya tak mau melihat anaknya terhambat dalam hal pendidikan karena kurangnya biaya. Masa depan anak antara lain ditentukan oleh pendidikan yang didapatkan. Jadi jika orang tua ingin mencari asuransi anak terbaik, asuransi pendidikan sebaiknya turut dipertimbangkan.

Baca juga : Cara Mengurus Asuransi Kecelakaan Agar Diterima

Kapan Saat yang Tepat untuk Membeli Asuransi Anak

Membeli Asuransi Anak

Asuransi anak akan memberikan manfaat maksimal bila didapatkan sedini mungkin, bahkan ketika baru lahir. Seperti disinggung sebelumnya, asuransi anak umumnya bersifat jangka panjang. Investasi yang didapatkan dari manfaat asuransi anak terbaik berpotensi lebih besar bila orang tua menghadirkan perlindungan asuransi bagi anak sejak dini.

Ihwal asuransi kesehatan, daftarkan anak ketika sang buah hati dalam kondisi sehat. Biasanya perusahaan asuransi akan menjadikan riwayat kesehatan anak sebagai patokan dalam penentuan polis dan premi.

Jika anak terpantau sehat tanpa riwayat sakit apa pun yang mengkhawatirkan, preminya biasanya lebih rendah daripada bila anak mengidap penyakit tertentu yang berisiko mendatangkan biaya besar. Maka sebaiknya jangan tunggu sampai anak jatuh sakit baru mencari manfaat asuransi anak terbaik.

Adapun perihal asuransi pendidikan, pada dasarnya tidak ada rumus saklek yang mesti ditaati kapan harus membelinya. Namun Anda perlu mengecek dulu kondisi finansial dan merencanakan pendidikan buat anak, termasuk menghitung biaya yang mungkin harus dikeluarkan hingga jenjang tertinggi dan kemampuan Anda dalam membayar biaya tersebut berdasarkan pemasukan entah dari gaji ataupun hasil investasi.

Umumnya orang tua dapat mendaftarkan anak ke asuransi pendidikan sebelum masuk usia sekolah. Jadi orang tua bisa menerima manfaat dana pendidikan dari asuransi setiap kali anak akan naik tingkat dan butuh biaya lebih besar. Misalnya saat masuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga perguruan tinggi.

Baca juga : Tingkatkan Konsentrasi Anak Lewat Beragam Warna Pada Cat Dinding Kamar

Cara Memilih Asuransi Anak Terbaik

Terdapat beragam produk asuransi anak yang tersedia dengan bermacam fitur dan fasilitas yang ditawarkan. Pastinya orang tua ingin menjatuhkan pilihan pada produk asuransi anak terbaik. Berikut ini kriteria asuransi anak yang patut menjadi pilihan orang tua:

Manfaat jelas

Ketika hendak mencari asuransi anak, orang tua tentu ingin mendapatkan manfaat semaksimal mungkin. Namun sebaiknya tidak hanya terpaku pada daftar manfaat yang ditawarkan, tapi juga telisik lebih lanjut manfaat itu agar semua jelas dari A hingga Z. Misalnya berapa dana yang didapatkan, apakah ada potongannya, kapan bisa diambil, syaratnya apa saja, cara klaim, penyakit apa saja yang ditanggung, juga apakah ada biaya lain-lain. Bila ada, apa saja biaya itu dan berapa besarannya.

Yang juga mesti menjadi perhatian adalah hal-hal yang dikecualikan dalam asuransi. Penyedia asuransi anak terbaik pasti akan memberikan informasi sejelas-jelasnya demi menjaga kualitas layanan dan agar tak terjadi kesalahpahaman dalam proses ke depannya.

Ada rider

Beberapa layanan asuransi anak menawarkan rider yang menarik. Rider adalah manfaat perlindungan tambahan dari program asuransi yang sudah ada. Misalnya Anda punya lebih dari satu anak. Alih-alih membeli asuransi kesehatan atau asuransi pendidikan anak hanya untuk satu anak, Anda bisa mengambil paket rider untuk anak lain.

Paket ini biasanya ditawarkan dengan biaya premi yang lebih murah daripada bila perlindungan hanya untuk satu anak. Rider lain yang kerap ditawarkan misalnya asuransi kecelakaan personal untuk melindungi anak dari risiko kecelakaan. Ketersediaan manfaat tambahan ini sekaligus untuk lebih menjamin kepastian masa depan anak.

Memberikan fleksibilitas

Seiring dengan pertumbuhan anak serta perkembangan situasi dan kondisi baik pada kondisi finansial pribadi maupun kesehatan dan pendidikan secara umum, mungkin Anda memerlukan perubahan polis. Bila ada, cari penyedia asuransi yang memberikan fleksibilitas perubahan itu.

Namun tentunya perubahan tak bisa dilakukan serta-merta sesuai dengan keinginan pribadi. Mesti ada persetujuan kedua belah pihak dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku seturut polis yang dibeli sebelumnya.

Klaim mudah

Kemajuan teknologi membuat urusan klaim manfaat asuransi lebih mudah. Berkenaan dengan hal itu, salah satu kriteria asuransi anak terbaik adalah menyediakan layanan klaim secara online tanpa perlu datang ke kantor. Layanan ini sangat berguna karena bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Namun pastikan semua syarat dan ketentuan sudah terpenuhi sehingga klaim tak ditolak. Akan lebih baik lagi jika perusahaan asuransi memiliki layanan customer service yang enak ditanya-tanyai dan diajak berdiskusi sehingga klaim bisa lebih mudah diterima.

Tak bisa dimungkiri, kehadiran anak dalam keluarga akan membuat fokus orang tua tertuju kepada sang buah hati. Orang tua umumnya akan berupaya memberikan yang terbaik buat anaknya. Salah satu yang mungkin terlintas di benak para ayah dan ibu adalah asuransi anak terbaik.

Namun jangan lupa bahwa orang tua juga memerlukan asuransi agar lebih tenang menyiapkan masa depan anak. Misalnya dengan asuransi kecelakaan diri Persona Insurtech. Dengan mengikuti asuransi ini, keuangan keluarga bisa lebih terlindungi jika orang tua sebagai pencari nafkah utama tak bisa lagi bekerja entah karena meninggal dunia ataupun cacat permanen. Lengkapi asuransi anak terbaik dengan perlindungan dari manfaat asuransi lain bagi keluarga.

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Tips Mengemudikan Mobil Dengan Transmisi Manual agar Hemat Bahan Bakar

27 January 2023

Seputar Asuransi

Trip ke Medan naik mobil dari Jakarta: jalur dan waktu perjalanan

27 January 2023

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Mobil untuk siap sedia dalam mengatasi hal-hal tak terduga

27 January 2023

Seputar Asuransi

Memelihara Otter dengan cara yang benar dan tepat untuk pertumbuhan yang baik

27 January 2023

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Flight Delay: Kenali Keuntungan yang Bisa didapatkan

27 January 2023

Seputar Asuransi

Mobil Mogok di Jalan Tol? Jangan Panik! Tetap Tenang dan Ikuti Langkah-Langkah Berikut

27 January 2023

Seputar Asuransi

Mengamankan Perlindungan Asuransi dengan Premi Rendah

27 January 2023

Seputar Asuransi

Menyelami Konsep Partial Loss dalam Asuransi

27 January 2023

Seputar Asuransi

Masa Depan Terlindungi: Menyelisik Perbedaan Asuransi dalam Era Digital dan Konvensional

27 January 2023

Seputar Asuransi

Cara Menghindari Asuransi Bodong dan Melindungi Keuangan Anda

27 January 2023

Seputar Asuransi

Sumpah Pemuda dan Semangat Asuransi: Melindungi Masa Depan Indonesia

27 January 2023

Seputar Asuransi

5 Hal Penting yang Perlu Anda Pelajari Polis Asuransi

27 January 2023

Seputar Asuransi

Penjelasan tentang Jaminan Perluasan dan Manfaatnya dalam Asuransi

27 January 2023

Seputar Asuransi

Pentingnya Generasi Muda untuk Memiliki Asuransi

27 January 2023

Seputar Asuransi

Menyelami Konsep Partial Loss dalam Asuransi

27 January 2023

Seputar Asuransi

Peran Asuransi di Tahun Baru: Melindungi dan Membangun Kesejahteraan

27 January 2023

Seputar Asuransi

Cara Menghindari Asuransi Bodong dan Melindungi Keuangan Anda

27 January 2023

Seputar Asuransi

Premi Asuransi: Panduan Lengkap untuk Proteksi Finansial

27 January 2023

Seputar Asuransi

Keuntungan Asuransi Kecelakaan yang Wajib Dipertimbangkan

27 January 2023

Seputar Asuransi

Bagaimana Asuransi Kecelakaan Diri Menjaga Anda dalam Segala Keadaan

27 January 2023

Seputar Asuransi

Wujudkan Resolusi Keuangan di Awal Tahun dengan Asuransi Kecelakaan Diri

27 January 2023

Seputar Asuransi

Asuransi Kecelakaan Diri, Meninjau Berbagai Hal yang Dicakup

27 January 2023

Seputar Asuransi

Meminimalkan Risiko dalam Industri Konstruksi sebagai Kontraktor

27 January 2023

Seputar Asuransi

Perlukah Asuransi Kecelakaan Kerja? Kenali 5 Manfaatnya Ini

27 January 2023

Seputar Asuransi

Pilihan Terbaik untuk Pencinta Kopi dengan Perut Sensitif

27 January 2023

Seputar Asuransi

Makanan Tinggi Karbohidrat: Pilihan Gizi yang Seimbang

27 January 2023

Seputar Asuransi

Menggali Kesehatan dan Kelezatan: Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Muda

27 January 2023

Seputar Asuransi

Pentingnya Minum Air Putih Untuk Organ Tubuh Anda

27 January 2023

Seputar Asuransi

Ini 6 Alasan Memelihara Hewan Baik untuk Kesehatanmu

27 January 2023

Seputar Asuransi

Bermain gadget terlalu lama dapat menimbulkan dampak serius bagi para penggunanya

27 January 2023

Seputar Asuransi

Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas: Dimulai dari Pola Pikir yang Benar

27 January 2023

Seputar Asuransi

Tips Travelling Naik Motor: Jelajahi Keindahan Alam dengan Aman dan Nyaman

27 January 2023

Seputar Asuransi

Kenali Penyakit Berbahaya Demam Berdarah Dengue dan Beberapa Tips Penanganan nya

27 January 2023

Seputar Asuransi

Rokok Kretek: Warisan Sejarah dan Konsekuensinya bagi Kesehatan

27 January 2023

Seputar Asuransi

Melindungi Diri dari Risiko dengan Asuransi Kecelakaan Diri

27 January 2023