Seputar Asuransi

Cara Mengurus Asuransi Kecelakaan Agar Diterima

11 January 2023

ilustrasi kecelakaan mobil

Tak sedikit orang yang sebenarnya tertarik mengikuti asuransi tapi masih ragu karena anggapan bahwa mengurus klaim asuransi itu sulit. Tak terkecuali asuransi kecelakaan. Padahal cara mengurus asuransi kecelakaan sebenarnya mudah saja.

Apa itu asuransi kecelakaan, manfaat, dan bagaimana trik mengurus klaimnya agar berhasil akan dibahas dalam artikel ini.

Pengertian Asuransi Kecelakaan

Cara mengurus asuransi kecelakaan yang disebut rumit, bertele-tele, bahkan sengaja dipersulit sering menyurutkan niat orang untuk memperoleh perlindungan dari asuransi. Anggapan ini masih dipercaya banyak kalangan terutama karena kurangnya informasi yang didapatkan mengenai seluk-beluk asuransi, khususnya asuransi kecelakaan.

Asuransi kecelakaan adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat perlindungan diri dari berbagai risiko kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja. Perlindungan itu diberikan ketika orang yang mengikuti asuransi mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan cedera atau meninggal dunia.

Seperti sudah banyak diketahui, dampak kecelakaan bisa sangat fatal. Seseorang bisa mengalami cedera parah, cacat permanen, sampai meninggal. Selain itu, kecelakaan dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan finansial dan emosional. Bukan hanya individu yang mengalami kecelakaan itu yang terkena dampak, tapi juga keluarganya.

Misalnya individu tersebut mengalami kecelakaan di jalan raya dan cacat permanen sehingga tak bisa lagi mencari nafkah. Asuransi dapat memberikan perlindungan kesejahteraan berupa dana sesuai dengan perjanjian asuransi bagi keluarganya.

Karena itu, ketika seorang individu menjadi peserta suatu asuransi kecelakaan, keluarga juga sebaiknya mengetahui cara mengurus asuransi kecelakaan itu agar bisa memperoleh manfaat yang disediakan ketika individu tersebut celaka dan tak bisa menangani permintaan klaim sendiri. Perlindungan itu diperoleh ketika peserta asuransi memenuhi kewajiban membayar premi secara rutin sesuai dengan perjanjian.

Ambil contoh Pak Deni membayar premi asuransi kecelakaan Rp 500 ribu tiap bulan. Suatu ketika, Pak Deni tertabrak mobil sewaktu pulang kerja hingga meninggal. Berdasarkan perjanjian asuransi, ahli waris Pak Deni berhak mendapatkan uang pertanggungan sebesar Rp 500 juta karena memenuhi syarat klaim asuransi.

Lain halnya jika Pak Deni wafat karena sakit. Tidak ada uang pertanggungan yang diberikan karena penyebab meninggal bukanlah kecelakaan. Bila akibat kecelakaan Pak Deni mengalami cedera atau cacat baik sementara maupun permanen, penyedia asuransi juga bisa memberikan perlindungan berupa dana pengobatan dan perawatan hingga tunjangan.

Itu sebabnya asuransi kecelakaan menjadi layanan tersendiri yang terpisah dari jenis asuransi lain, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Baca juga : Contoh Kasus Asuransi Kecelakaan dan Penyelesaiannya

ilustrasi kursi roda

Dokumen Syarat Mengurus Asuransi Kecelakaan

Salah satu penentu keberhasilan cara mengurus asuransi kecelakaan adalah kelengkapan dokumen syarat asuransi. Polis asuransi menjadi bagian tak terpisahkan dalam pengurusan asuransi kecelakaan. Dokumen ini berisi detail perlindungan apa saja yang diberikan, rincian manfaat, syarat dan ketentuan, juga pengecualian.

Di antara sederet informasi tersebut, poin “pengecualian” sangat krusial karena memuat kejadian apa saja yang membuat pencairan klaim tak bisa dilakukan. Cara mengurus asuransi kecelakaan hingga berhasil tak lepas dari poin tersebut.

Sejumlah orang yang mengatakan cara mengurus asuransi kecelakaan itu rumit mungkin pula belum melengkapi dokumennya sehingga oleh pihak asuransi diminta melengkapi dulu. Walhasil, mereka merasa dipersulit.

Dokumen yang biasanya mesti diserahkan kepada pihak asuransi untuk pengurusan klaim asuransi kecelakaan adalah:

  • Polis dan kuitansi premi yang asli, termasuk lampiran-lampiran tambahan atau endorsement
  • Keterangan dari pihak berwajib atau kepolisian mengenai terjadinya kecelakaan itu
  • Surat keterangan dokter atau rumah sakit yang menerangkan akibat kecelakaan yang dialami peserta asuransi
  • Surat keterangan lain yang diperlukan sesuai dengan pertimbangan pihak asuransi, termasuk surat kronologis terjadinya kecelakaan secara lengkap

Jika dokumen-dokumen ini ada, semestinya tidak sulit mencairkan dana perlindungan yang menjadi hak peserta asuransi dan ahli warisnya. Tinggal ikuti tahap-tahapnya agar dana bisa segera diperoleh.

Baca juga : Contoh Surat Kronologis Kecelakaan untuk Asuransi yang Tepat

Tahap Mengurus Asuransi Kecelakaan

Seperti jenis asuransi lain, asuransi kecelakaan dilengkapi polis yang berisi ketentuan dan perjanjian antara peserta asuransi dan perusahaan penyedia asuransi. Cara mengurus asuransi kecelakaan umumnya terdapat dalam polis ini. Demikian juga syarat dan tahap-tahapnya.

Karena itu, langkah pertama untuk mempermudah pengurusan klaim asuransi adalah memahami seluk-beluk polis. Bagi keluarga atau ahli waris, mungkin ada kebingungan ketika membaca polis ini. Sebab, mereka tak dilibatkan saat tertanggung menjadi peserta asuransi sehingga tak berkesempatan memahami polis yang sudah ditandatangani tertanggung.

Harus digarisbawahi bahwa ahli waris bisa menghubungi pihak asuransi untuk menanyakan cara mengurus asuransi kecelakaan, termasuk dokumen dan tahap-tahapnya. Dengan begitu, tidak terjadi miskomunikasi yang mengakibatkan pencairan klaim berlangsung lama atau bahkan gagal. Secara umum, berikut ini tahap mengurus asuransi kecelakaan:

1. Hubungi pihak asuransi

Jangan menunda-nunda, segera beritahukan kejadian kecelakaan kepada pihak asuransi. Biasanya ada batas waktu pemberitahuan, misalnya 3 x 24 jam setelah terjadinya kecelakaan. Pemberitahuan bisa disampaikan oleh tertanggung atau pihak lain yang berkepentingan dengan asuransi.

2. Dapatkan perawatan medis

Sesegera mungkin dapatkan perawatan atau pengobatan dari dokter atau fasilitas pelayanan kesehatan. Keterangan dari dokter mengenai perawatan itu diperlukan sebagai syarat pengajuan klaim, termasuk surat keterangan kematian bila nyawa tertanggung tak bisa diselamatkan.

3. Dapatkan surat keterangan kepolisian

Surat keterangan dari kepolisian diperlukan terutama jika tertanggung mengalami kecelakaan lalu lintas. Dalam hal ini, biasanya pihak asuransi meminta surat keterangan kecelakaan yang diterbitkan unit kecelakaan lalu lintas kepolisian resor sesuai dengan tempat terjadinya kecelakaan.

4. Siapkan dokumen identitas tertanggung

Pihak asuransi perlu mengecek identitas tertanggung sebagai prosedur pencairan klaim asuransi kecelakaan. Maka siapkan dokumen seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, surat nikah, atau dokumen lain sesuai dengan syarat pengurusan asuransi.

5. Datangi pihak asuransi

Dengan membawa semua surat keterangan dan dokumen yang diperlukan, datangi pihak asuransi. Beritahukan tujuan kedatangan adalah mengurus asuransi kecelakaan. Pihak asuransi umumnya akan menyodorkan formulir yang harus diisi sebagai syarat klaim. Beberapa penyedia asuransi menyediakan layanan klaim via online yang lebih simpel tanpa perlu mendatangi kantor asuransi.

Mesti diingat bahwa cara mengurus asuransi kecelakaan bisa berbeda antara satu penyedia asuransi dan penyedia asuransi lain. Guna mendapatkan informasi yang utuh, sebaiknya hubungi penyedia asuransi yang diikuti tertanggung sebelum mengajukan permintaan klaim.

Manfaat Asuransi Kecelakaan

Tak sedikit orang yang merasa asuransi kecelakaan tidak diperlukan karena sudah punya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, ataupun asuransi kendaraan bermotor. Ketika cara mengurus asuransi kecelakaan tuntas, tertanggung atau ahli warisnya akan memperoleh manfaat yang berbeda dengan jenis asuransi lain.

Sebagai contoh, Persona Insurtech dari Asuransi Simas memberikan manfaat perlindungan dari risiko cacat tetap keseluruhan dan sebagian serta risiko kematian. Ada dana santunan atas berbagai risiko itu yang menjadi hak tertanggung dan dipenuhi penyedia asuransi.

Selain itu, jika tertanggung harus dirawat di rumah sakit akibat kecelakaan, ada manfaat berupa pembayaran biaya perawatan atau pengobatan sesuai dengan kuitansi tagihan atau maksimum sesuai dengan limit jaminan yang dipilih.

Persona Insurtech juga menawarkan program perluasan risiko kecelakaan sepeda motor. Bila tertanggung mengalami kecelakaan akibat mengendarai atau menumpang sepeda motor, pihak asuransi akan memberikan sejumlah santunan sesuai dengan limit pertanggungan.

Dengan sederet manfaat itu, tentu tertanggung dan ahli waris akan terbantu secara finansial ketika terjadi kecelakaan, terutama saat tertanggung tak bisa lagi mencari nafkah yang dibutuhkan untuk menyambung hidup keluarga akibat kecelakaan.

Bila ingin mendapatkan manfaat perlindungan yang lengkap dari risiko kecelakaan, Persona Insurtech bisa memberikan solusi. Apalagi cara mengurus asuransi kecelakaan Persona Insurtech sangat praktis karena bisa dilakukan secara online. Pelajari lebih lanjut layanan asuransi ini untuk memperoleh manfaat sepenuhnya.

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Ini Syarat Asuransi Mobil yang Mudah dan Anti-Ribet

11 January 2023

Seputar Asuransi

Punya Mobil Bekas, Ini Syarat, Jenis, Biaya Premi dan Cara Klaimnya

11 January 2023

Seputar Asuransi

Cara Mengemudi Mobil untuk Pemula dan Tips Merawatnya

11 January 2023

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Mobil Listrik beserta Manfaat dan Cara Kerjanya

11 January 2023

Seputar Asuransi

Contoh Kasus Asuransi Kecelakaan dan Penyelesaiannya

11 January 2023

Seputar Asuransi

Contoh Kasus Asuransi Kecelakaan dan Penyelesaiannya

11 January 2023

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kronologis Kecelakaan untuk Asuransi yang Tepat

11 January 2023

Seputar Asuransi

Bisakah Klaim Asuransi Mobil karena Kesalahan Sendiri?

11 January 2023

Seputar Asuransi

Pertimbangan untuk memiliki mobil pribadi di Ibu Kota Jakarta

11 January 2023

Seputar Asuransi

Ini Syarat Asuransi Mobil yang Mudah dan Anti-Ribet

11 January 2023

Seputar Asuransi

Cara Mengemudi Mobil untuk Pemula dan Tips Merawatnya

11 January 2023

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

11 January 2023

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Mobil Banjir, Ikuti Syarat Ini Dulu!

11 January 2023

Seputar Asuransi

Tips Klaim Asuransi Mobil agar Tidak Ditolak, Cek di Sini!

11 January 2023

Seputar Asuransi

Ini Syarat Asuransi Mobil yang Mudah dan Anti-Ribet

11 January 2023

Seputar Asuransi

Punya Mobil Bekas, Ini Syarat, Jenis, Biaya Premi dan Cara Klaimnya

11 January 2023

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Mobil Listrik beserta Manfaat dan Cara Kerjanya

11 January 2023

Seputar Asuransi

Tips Beli Asuransi Mobil Honda untuk Mobil Kesayangan Kamu

11 January 2023

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

11 January 2023

Seputar Asuransi

Jenis dan Cara Memilih Asuransi Anak Terbaik

11 January 2023

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

11 January 2023

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri dan Tips Memilihnya

11 January 2023

Seputar Asuransi

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

11 January 2023

Seputar Asuransi

Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

11 January 2023

Seputar Asuransi

Pengertian Istilah Uang Pertanggungan dalam Asuransi Umum

11 January 2023

Seputar Asuransi

18 Istilah Asuransi yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Membeli

11 January 2023

Seputar Asuransi

Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

11 January 2023

Seputar Asuransi

7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dari Polis Asuransi

11 January 2023

Seputar Asuransi

Polis Asuransi Mobil – Bagaimana Jika Polis Asuransi Mobil Hilang atau Rusak

11 January 2023