Tips & Trik

Cara Memilih Asuransi Online Terbaik yang Perlu Kamu Tahu

01 July 2022

cara memilih asuransi online terbaik

Asuransi adalah produk penting bagi kamu yang ingin mengelola keuangan dengan baik. Menurut perencana keuangan, sebaiknya kita menyisihkan paling tidak 5 persen dari total penghasilan untuk membayar premi asuransi. Apabila mengalami musibah, kamu bisa mengajukan klaim ke asuransi dan bisa mendapatkan uang ganti rugi.

Saat ini, ada banyak asuransi online terbaik yang bisa kamu akses melalui ponsel pintar tanpa perlu repot datang ke kantor asuransi. Bagaimana cara memilihnya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Asuransi dan Bagaimana Mekanismenya?

Asuransi adalah produk keuangan yang memungkinkan kamu mengalihkan risiko keuangan kepada perusahaan asuransi. Sebagai gantinya, kamu membayar uang premi pada asuransi secara rutin.
Baca juga : Asuransi Perjalanan Domestik dan Internasional Online Terbaik.
Misalnya, sebagai manusia kamu pasti memiliki risiko sakit. Jika jatuh sakit, kamu harus membayar biaya pengobatan. Nah, biaya ini adalah risiko keuangan kamu. Ketika membeli asuransi, biaya pengobatan rumah sakit tersebut otomatis ditanggung asuransi karena kamu sudah membayar premi kepada asuransi sebelumnya.
Sistem pembayaran premi berbeda-beda sesuai dengan produk dan jenis asuransi. Ada yang bisa kamu bayar bulanan, ada juga yang tahunan. Umumnya, asuransi kesehatan dibayar setiap bulan, sementara untuk jenis asuransi lain seperti asuransi mobil, asuransi rumah, hingga asuransi kecelakaan harus dibayar untuk satu tahun penuh.
Kendati penting, masih banyak orang yang malas membeli asuransi karena khawatir ribet saat mengajukan proses klaim. Namun, saat ini sudah banyak asuransi online terbaik yang bisa dibeli secara online. Biasanya, asuransi online terbaik juga menawarkan layanan klaim secara online sehingga bakal sangat memudahkan kamu dalam bertransaksi.

Mengapa Asuransi Penting?

Berikut adalah beberapa alasan asuransi penting untuk kamu miliki dalam merencanakan keuangan.
Baca juga : 4 Hal Ini Wajib Diperhatikan Sebelum Mengambil Pinjaman Online.

1. Mengantisipasi risiko pengeluaran mendadak

Dalam hidup, ada banyak risiko pengeluaran mendadak yang bisa menghabiskan tabungan kamu, misalnya jatuh sakit, atau rumah kebakaran. Oleh sebab itu, berbagai produk asuransi diciptakan untuk mengalihkan risiko tersebut. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

2. Menjaga nilai aset

Ada risiko dalam memiliki aset berharga seperti properti atau kendaraan, misalnya aset mengalami kerusakan atau hilang. Alhasil, nilai aset kamu akan berkurang atau habis. Jika memiliki asuransi rumah atau asuransi mobil, kamu bisa menjaga nilai aset tersebut meskipun hilang atau rusak, karena asuransi akan memberikan ganti rugi yang sesuai dengan nilai kerusakan harta bendamu.

3. Memproteksi keuangan keluarga

Risiko meninggal dunia bisa datang kapan saja dan tak terduga-duga. Apabila risiko ini terjadi kepada pencari nafka, maka keuangan keluarga bisa berantakan. Oleh sebab itu, dibuatlah produk asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan yang akan memberikan uang santunan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat tetap sehingga tak lagi bisa bekerja. Dengan uang santunan tersebut, keluarga bisa hidup untuk sementara waktu.

4. Bagian dari perencanaan keuangan

Memiliki asuransi sangat disarankan perencana keuangan jika kamu sudah mengumpulkan dana darurat. Premi asuransi masuk ke dalam anggaran pengeluaran risiko. Jadi, perlu dipahami bahwa tujuan membeli asuransi bukanlah untuk menabung, melainkan mengalihkan risiko keuangan yang lebih besar.
Baca juga : Tips Belanja Online Supaya Kamu Jangan Sampai Tertipu.

Cara Memilih Asuransi Online Terbaik

tips memilih asuransi online terbaik

Sebelum memilih asuransi online terbaik, pahami dulu beberapa tips berikut ini.

1. Pelajari manfaat yang ditawarkan

Setiap produk asuransi menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Bandingkanlah setiap manfaat tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Biasanya, semakin luas manfaat maka semakin tinggi pula premi yang harus kamu bayar ke perusahaan asuransi.

2. Cek rekam jejak perusahaan asuransi

Membeli asuransi artinya mempercayakan risiko kamu kepada asuransi. Kamu percaya bahwa jika terjadi musibah, asuransi akan membayarkan klaimnya sesuai janji. Oleh sebab itu, pastikan perusahaan penerbit asuransi yang kamu beli bisa dipercaya dan punya rekam jejak yang baik.
Lakukan riset kecil di Google terkait perusahaan. Kamu juga bisa mengecek laporan keuangan perusahaan, khususnya indikator rasio solvabilitas yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam membayar utang klaim. Pastikan rasio tersebut berada di atas 120 persen sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Pilih asuransi online terbaik yang mudah diakses

Salah satu hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah adanya layanan daftar dan klaim online yang ditawarkan asuransi. Layanan ini penting untuk menghemat waktu dan energi kamu, jadi kamu bisa mengajukan klaim di manapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor asuransi. Perusahaan asuransi yang menawarkan layanan ini adalah Simas Insurtech.

4. Cari asuransi online terbaik dengan premi sesuai anggaran

Asuransi yang kamu pilih tentu menawarkan berbagai manfaat yang menarik, tetapi pastikan premi yang ditawarkan juga sesuai dengan anggaran yang kamu siapkan. Jangan sampai premi melebihi budget dan malah memberatkan keuanganmu.

5. Pilih jenis asuransi sesuai kebutuhan

Ada berbagai macam jenis asuransi di pasaran, mulai dari asuransi perjalanan, asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi kecelakaan, hingga asuransi jiwa. Pastikan kamu memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, ya!

Jenis-jenis Asuransi Online Terbaik

Ada beberapa jenis asuransi online terbaik yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:
Baca juga : Tren Online Jadi Kunci Penting untuk Ekonomi di Masa Pandemi.

1. Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan adalah produk yang akan menanggung berbagai risiko selama perjalanan, seperti keterlambatan pesawat, kehilangan bagasi, kehilangan paspor, kecelakaan, hingga evakuasi darurat. Produk ini bisa kamu dapatkan jika ingin melakukan perjalanan ke luar wilayahmu.

2. Asuransi mobil

Punya mobil? Penting untuk memproteksi mobil kamu dengan asuransi agar tidak perlu keluar biaya bengkel jika mengalami kecelakaan. Selain itu, asuransi mobil juga menanggung risiko kehilangan mobil dan tanggung jawab pihak ketiga.

3. Asuransi rumah

Asuransi rumah adalah produk yang bisa kamu gunakan untuk memproteksi rumah dari biaya kerusakan. Pasalnya, ada banyak risiko yang mengancam rumah kamu, misalnya kebakaran, kebanjiran, longsor, hingga kemalingan.

4. Asuransi kecelakaan

Selama usia produktif, risiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja karena aktivitas yang padat. Oleh sebab itu, orang di usia produktif membutuhkan asuransi kecelakaan, terutama bagi mereka yang merupakan pencari nafkah di keluarga. Asuransi ini akan memberikan uang santunan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan.
Baca juga : Kecelakaan Diri Yang “Menghantui”.

5. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa akan memberikan santunan meninggal dunia dan cacat tetap kepada ahli waris apabila tertanggung mengalami musibah tersebut. Produk ini cocok digunakan oleh kepala keluarga yang menanggung biaya hidup keluarganya.

6. Asuransi kesehatan

Asuransi kecelakaan akan menanggung biaya rumah sakit jika kamu jatuh sakit. Produk ini sangat penting dimiliki siapa saja, dan sebaiknya sudah dibeli sejak usia muda. Pasalnya, semakin muda usia kamu, maka semakin rendah juga premi asuransi yang harus kamu bayar.

Manfaat Memilih Asuransi Online Terbaik

Memilih asuransi online terbaik akan memberikan manfaat yang lebih besar daripada asuransi konvensional. Pasalnya, kamu tak perlu repot mengurus asuransi ke kantor cabangnya atau melalui agen. Kamu bisa langsung menghubungi customer service asuransi melalui Whatsapp atau email. Dokumen klaim juga tak perlu kamu cetak dan kirimkan melalui pos, karena sudah bisa kamu kirim dalam bentuk soft file-nya saja. Praktis, bukan?
Itulah ulasan seputar asuransi online terbaik yang bisa kamu pilih. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, pastikan kamu sudah memahami dokumen polis yang diberikan, ya!

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Pengertian Istilah Uang Pertanggungan dalam Asuransi Umum

01 July 2022

Tips & Trik

14 Pertanyaan tentang Asuransi Umum yang Perlu Kamu Ketahui

01 July 2022

Tips & Trik

Kenali Makna Istilah Tertanggung dalam Asuransi di Sini!

01 July 2022

Tips & Trik

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

01 July 2022

Tips & Trik

18 Istilah Asuransi yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Membeli

01 July 2022

Tips & Trik

Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

01 July 2022

Tips & Trik

Asuransi Simasnet Lahir Untuk Masyarakat Indonesia yang lebih maju

01 July 2022

Tips & Trik

7 Jalan yang TerPopuler di Dunia

01 July 2022

Tips & Trik

Mudik Pakai Mobil Pribadi Lebih Aman dan Nyaman

01 July 2022

Tips & Trik

Pesawat Terbang Pilihan Tepat Saat Mudik

01 July 2022

Tips & Trik

Mobil Paling Cocok Bagi Kaum Hawa

01 July 2022