Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Mobil beserta Jenis-jenis dan Cara Klaimnya

21 May 2022

manfaat asuransi mobil dan jenis dan cara klaim

Asuransi mobil adalah produk yang penting dipertimbangkan oleh setiap pemilik kendaraan roda empat. Pasalnya, mobil adalah benda yang paling rawan mengalami kerusakan akibat kecelakaan di jalan. Biaya perbaikan mobil juga tidak bisa dibilang murah, kamu bisa keluar jutaan rupiah untuk sekali perbaikan.

Asuransi mobil atau car insurance adalah jawaban yang tepat untuk mengantisipasi risiko tersebut. Hanya dengan menyisihkan sedikit uang setiap tahun, kamu bisa hemat puluhan juta rupiah untuk biaya perbaikan mobil. Mari simak artikel berikut untuk informasi lebih lanjut.

Pengertian Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah produk yang menanggung biaya perbaikan mobil rusak akibat kecelakaan di jalanan. Produk ini perlu masuk ke dalam perencanaan keuangan setiap pemilik mobil. Pasalnya, biaya tak terduga seperti perbaikan mobil yang mahal berpotensi bikin keuangan kamu berantakan.

Baca juga : Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk dan TLO dengan Mudah.
Produk ini penting kamu alokasikan bukan sebagai dana berinvestasi, melainkan pengeluaran (cost). Jadi, anggaplah premi asuransi sebagai biaya yang memang perlu kamu bayar untuk mengantisipasi risiko dan harapannya tidak bakal kamu pakai. Hal ini sangat penting dipahami setiap orang untuk menghilangkan kesalahpahaman saat mengelola asuransi.

Jenis Asuransi Mobil

Ada dua jenis asuransi mobil di pasaran, yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO (total loss only). Apa perbedaan keduanya? Berikut adalah penjelasannya.

Jaminan gabungan (All risk atau Comprehensive)

All risk adalah jenis car insurace yang menanggung segala jenis kerusakan pada mobil kamu. Beberapa contoh risiko yang ditanggung asuransi “semua risiko” ini di antaranya kehilangan mobil, kerusakan berat, sampai kerusakan ringan seperti mobil terbaret atau tergelincir.
Karena luasan pertanggungan yang lebih besar, premi asuransi mobil all risk lebih mahal daripada total loss only. Oleh sebab itu, jenis asuransi ini cocok untuk kamu yang memiliki mobil baru. Terlebih, asuransi ini hanya bisa menanggung mobil berusia maksimal 10 tahun.
Baca juga : Mobil Ganti Warna Cat? Jangan Lupa Surat-Suratnya Juga Harus Diurus.

Total loss only (TLO)

Asuransi total loss only atau TLO adalah asuransi yang akan menanggung risiko kerusakan total sesuai namanya. Kerusakan total yang dimaksud adalah kerusakan di atas 75 persen atau mobil hilang. Berbeda dengan asuransi all risk, produk ini tidak akan menanggung kerusakan ringan pada mobil seperti baret atau lecet, sehingga premi asuransi TLO jauh lebih murah daripada all risk. Produk ini direkomendasikan untuk kamu yang ingin mengasuransikan mobil lama. Asuransi ini menetapkan batas maksimal usia mobil 20 tahun.

Manfaat Asuransi Mobil

Manfaat asuransi adalah kompensasi yang diberikan asuransi kepada nasabahnya. Ada beberapa jenis manfaat yang ditawarkan oleh asuransi mobil, yaitu:

Penggantian kerusakan mobil sebagian (partial loss)

Kerusakan mobil sebagian atau partial loss adalah kerusakan yang nilanya di bawah 75 persen dari harga mobil. Contoh kerusakan yang termasuk partial loss adalah lecet, baret, hingga kaca mobil yang pecah. Kamu bisa mendapatkan ganti rugi atas risiko ini jika membeli produk asuransi all risk atau comprehensive.

Baca juga : 10 MPV Terlaris Dunia Dari Mobil China sampai Mobil Jepang.

Penggantian kerusakan mobil total (total loss)

Kerusakan mobil total adalah kerusakan yang bernilai di atas 75 persen dari nilai mobil. Jadi, umumnya kerusakan ini terjadi ketika seseorang mengalami kecelakaan yang parah. Total loss akan ditanggung oleh semua jenis asuransi mobil, baik all risk maupun total loss only (TLO).

Penggantian kehilangan mobil

Manfaat penggantian ini akan diberikan oleh semua jenis asuransi mobil, baik all risk maupun TLO. Definisi kehilangan mobil dalam asuransi adalah kehilangan yang timbul karena tindak kriminal orang lain, misalnya pencurian atau perampasan dengan kekerasan.

Biaya transportasi sementara

Manfaat ini umumnya diberikan sebagai fasilitas tambahan beberapa perusahaan asuransi. Penggantian biaya transportasi sementara adalah biaya yang diberikan untuk mengganti uang taksi ketika mobil yang diasuransikan harus menginap di bengkel untuk perbaikan. Penggantian yang diberikan umumnya adalah berupa voucher atau saldo taksi online.

Penggantian biaya tuntutan hukum pihak ketiga (tambahan)

Saat mengendarai mobil, terdapat risiko mobil kita menyerempet atau menabrak kendaraan orang lain, sehingga muncul risiko tuntutan hukum atas perbaikan mobil atau cedera yang ditimbulkan. Manfaat ini memberikan kompensasi atas hal-hal tersebut apabila kamu membeli asuransi tambahan yang satu ini. Umumnya, penggantian biaya tuntutan hukum pihak ketiga ditawarkan sebagai asuransi tambahan, sehingga kamu harus membayar premi tambahan untuk mendapatkannya.

Baca juga : Tips Memilih Mobil yang Murah dan Hemat.

Jaminan kecelakaan diri (tambahan)

Kamu juga bisa membeli asauransi tambahan kecelakaan diri. Artinya, selain klaim perbaikan mobil, kamu juga bisa mengajukan klaim kompensasi untuk biaya perawatan medis yang perlu kamu keluarkan jika pengemudi maupun penumpang mobil mengalami cedera akibat kecelakaan.

Cara Klaim Asuransi Mobil

manfaat asuransi mobil beserta jeninya dan cara klaimnya

Mengajukan klaim asuransi mobil tidak ribet. Risiko klaim ditolak juga kecil, asalkan kamu memenuhi semua persyaratkan yang diberikan pihak asuransi. Sebagai gambaran, berikut adalah contoh klaim asuransi mobil Mobil Insurtech dari Simas Insurtech.

Prosedur klaim

Berikut adalah prosedur klaim Mobil Insurtech:

  1. Mengajukan laporan kecelakaana kepada pihak asuransi maksimal 5 hari kalender, dapat secara tertulis, email, maupun datang langsung ke kantor cabang asuransi.
  2. Mengisi formulir klaim dan menyertakan dokumen pendukung.

Baca juga : Waktu Terbaik Membeli Mobil Biar Dapat Harga Murah.

Dokumen klaim

Dokumen pendukung klaim yang dipersyaratkan berbeda-beda berdasarkan jenis pengajuannya.

1. Dokumen pengajuan klaim kerusakan sebagian atau partial loss

Klaim partial loss adalah klaim yang nilai perbaikannya tidak mencapai 100 persen dari harga mobil sesaat sebelum terjadi kerugian.

  • Identitas berupa KTP atau SIM, ID card karyawan apabila melapor untuk nasabah perusahaan.
  • Formulir klaim yang sudah diisi dan ditandatangani.
  • Jika ada unsur kejahatan, laporan kepolisian setempat

2. Dokumen pengajuan klaim kerusakan total atau total loss (TL)

Klaim total loss adalah klaim kerusakan akibat kecelakaan yang biaya perbaikannya sama atau lebih tinggi dari harga sebenarnya kendaraan sesaat sebelum kecelakaan.

  • Identitas tertanggung seperti SIM atau KTP.
  • Dokumen STNK dan BPKB asli.
  • Surat keterangan kepolisian setempat.
  • Kunci asli dan duplikat.
  • Kuitansi kosong dengan materai Rp6.000, yang ditandatangani tertanggung.

3. Dokumen pengajuan klaim kehilangan

Klaim kehilangan adalah klaim mobil hilang akibat terjadinya tindak kriminal pencurian atau perampasan dengan paksa.

  • Dokumen STNK dan BPKB asli.
  • Surat keterangan dari kepolisian.
  • Kunci asli dan duplikat.
  • Kuitansi kosong dengan materai Rp6.000, yang ditandatangani tertanggung.
  • Surat blokir STNK dari Kaditlantas Polda.
  • Identitas tertanggung berupa SIM atau KTP.

4. Dokumen pengajuan klaim tanggung jawab pihak ketiga

Klaim tanggung jawab pihak ketiga adalah klaim tuntutan pihak ketiga yang mengalami kerugian akibat aktivitas mobil kita.

  • Identitas pihak ketiga seperti KTP dan SIM.
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga.
  • Laporan kepolisian setempat.

Baca juga : Barang-Barang Ini Wajib Ada di Mobil, Ayo Lengkapi Dari Sekarang!.

Syarat dan ketentuan klaim

Berikut adalah beberapa ketentuan dalam klaim asuransi mobil:

  • Pengajuan klaim dapat diwakilkan dengan melampirkan KTP asli pemegang polis, atau surat kuasa. Perwakilan wajib memahami kejadian secara detail dengan melampirkan surat kuasa, KTP asli atau fotokopi tertanggung.
  • Dalam asuransi mobil, ada yang disebut dengan biaya sendiri (own risk) yang artinya pembayaran biaya ganti rugi oleh pemegang polis (pemilik kendaraan) setiap mengajukan klaim asuransi. Umumnya, besaran own risk adalah sebesar Rp200.000 Biaya ini dikenakan kepada nasabah agar nasabah lebih berhati-hati saat menggunakan kendaraannya.

Demikian penjelasan seputar asuransi mobil yang perlu kamu ketahui sebelum mengasuransikan mobil kamu. Tertarik dengan produk asuransi mobil? Sekarang, kamu bisa membelinya secara online. Salah satu asuransi yang menawarkan fasilitas pembelian online adalah Mobil Insurtech dari Simas Insurtech. Segera hubungi WhatsApp di 08811090888 untuk konsultasi seputar produk ini.

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

21 May 2022

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Mobil Banjir, Ikuti Syarat Ini Dulu!

21 May 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Asuransi Mobil Hilang dan Cara Klaimnya agar Disetujui

21 May 2022

Seputar Asuransi

Rincian Biaya Perbaikan Mobil Lecet di Bengkel Terbaru

21 May 2022

Seputar Asuransi

Bisakah Klaim Asuransi Mobil karena Kesalahan Sendiri?

21 May 2022

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

21 May 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

21 May 2022

Seputar Asuransi

Roda Mobil Terkunci saat Dipakai, Yuk kenali penyebabnya

21 May 2022

Seputar Asuransi

Sinyal Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Akan Meluncur April di Indonesia

21 May 2022

Seputar Asuransi

Cara Gampang Untuk Cegah Karat di Kolong Mobil

21 May 2022

Seputar Asuransi

Ini Harga 21 Mobil yang Dapat Diskon PPnBM 0%

21 May 2022

Seputar Asuransi

Tips Klaim Asuransi Mobil agar Tidak Ditolak, Cek di Sini!

21 May 2022

Seputar Asuransi

Pahami Contoh Polis Asuransi Mobil Sebelum Membelinya!

21 May 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

21 May 2022

Seputar Asuransi

Cara Hitung Biaya Asuransi Mobil dan Simulasi Preminya

21 May 2022

Seputar Asuransi

Rekomendasi Asuransi Kendaraan Terbaik dan Cara Daftarnya

21 May 2022

Seputar Asuransi

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Perhitungan Preminya

21 May 2022

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

21 May 2022

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Mobil Banjir, Ikuti Syarat Ini Dulu!

21 May 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Asuransi Mobil Hilang dan Cara Klaimnya agar Disetujui

21 May 2022

Seputar Asuransi

Rincian Biaya Perbaikan Mobil Lecet di Bengkel Terbaru

21 May 2022

Seputar Asuransi

5 Tips Membeli Asuransi Mobil Bekas agar Tidak Salah Pilih

21 May 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

21 May 2022

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

21 May 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Asuransi Mobil Hilang dan Cara Klaimnya agar Disetujui

21 May 2022

Seputar Asuransi

5 Tips Membeli Asuransi Mobil Bekas agar Tidak Salah Pilih

21 May 2022

Seputar Asuransi

Pahami Contoh Polis Asuransi Mobil Sebelum Membelinya!

21 May 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

21 May 2022

Seputar Asuransi

Cara Hitung Biaya Asuransi Mobil dan Simulasi Preminya

21 May 2022