Seputar Asuransi

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Perhitungan Preminya

20 June 2022

tips memilih asuransi mobil terbaik

Bagi kamu pemilik kendaraan roda empat, memiliki asuransi mobil terbaik adalah hal yang wajib kamu pertimbangkan. Pasalnya, mobil adalah kendaraan bergerak yang punya risiko terserempet atau mengalami kecelakaan di jalan. Terlebih, biaya perbaikan mobil tidak murah dan bisa menguras dompet.

Saat ini, ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk ini. Wajar saja, peminat asuransi mobil meningkat seiring dengan pertambahan pemilik mobil baru. Lalu, bagaimana sih tips dan cara memilih asuransi mobil terbaik? Mari simak ulasannya dalam artikel berikut.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Jika kamu sedang mencari asuransi mobil terbaik untuk memproteksi kendaraan kesayanganmu, beberapa tips di bawah ini dapat membantu kamu.
Baca juga : Tips Memilih Mobil yang Murah dan Hemat.

1. Memilih asuransi dengan reputasi bagus

Asuransi adalah produk yang harus kamu percayai karena asuransi akan bertanggung jawab atas risiko yang mungkin kamu hadapi dengan imbalan sejumlah premi. Nah, langkah pertama dalam memilih asuransi mobil terbaik adalah dengan mencari perusahaan asuransi dengan reputasi baik dan namanya sudah sering kamu dengar. Setelah itu, cek berita-berita seputar perusahaan tersebut di media online untuk menggali informasi lebih dalam.

2. Mengecek laporan keuangan asuransi

Jika ingin melakukan analisa lebih dalam seputar perusahaan asuransi, kamu juga bisa mengecek laporan keuangan yang tersedia di website resmi. Cek indikator rasio solvabilitas dan pastikan angkanya berada di atas 120 persen. Rasio solvabilitas adalah indikator yang mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar utangnya, termasuk klaim nasabah. Dengan memiliki rasio 120 persen, artinya total aset perusahaan berjumlah 1,2 kali lipat dibandingkan dengan total utangnya.

3. Memahami manfaat yang ditawarkan dengan seksama

Setiap produk asuransi menawarkan luasan manfaat yang beragam. Kamu bisa mencari asuransi mana yang menawarkan manfaat paling luas. Namun, biasanya luas manfaat ini juga sebanding dengan premi yang harus kamu bayar. Oleh sebab itu, jangan langsung buru-buru mengambil keputusan, bandingkan dulu manfaat dan premi yang ditawarkan setiap asuransi dan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu.

4. Mencari asuransi dengan bengkel rekanan terdekat di kotamu

Bengkel rekanan adalah bengkel yang bekerja sama dengan asuransi mobil terbaik untuk memperbaiki kendaraan nasabahnya. Saat memilah-milah asuransi, pastikan kamu mengecek bengkel rekanan yang terdekat di daerah rumah atau kantor kamu, ya! Sehingga, ketika akan mengajukan klaim kamu tidak perlu menempuh jarak terlalu jauh ke bengkel. Kamu bisa menemukan informasi ini di website resmi perusahaan.
Baca juga : Ketahui Kapan Waktunya Untuk Membeli Mobil Baru.

5. Membaca polis dengan teliti

Polis adalah dokumen yang berisikan syarat dan ketentuan seputar asuransi. Saat akan membeli asuransi, kamu diberikan waktu untuk mempelajari dokumen polis (free look period). Selama jangka waktu tersebut, kamu boleh membatalkan pembelian. Atau, kamu juga bisa melakukan negosiasi untuk mengubah poin-poin ketentuan dalam polis. Pastikan kamu membaca polis dengan teliti dan jangan ragu bertanya kepada agen jika ada istilah yang tidak dimengerti.

6. Mencari asuransi dengan layanan klaim online

Jika kamu memiliki aktivitas padat, mengurus klaim ke kantor asuransi tentu bakal menguras energi dan waktu. Sekarang, asuransi mobil terbaik seperti Mobil Insurtech dari Simas Insurtech sudah menyediakan layanan klaim secara online. Kamu bisa melapor klaim melalui Whatsapp dan mengirimkan dokumen pendukungnya melalui email saja, praktis!

Manfaat Asuransi Mobil Terbaik

cara memilih asuransi mobil terbaik

Umumnya, asuransi mobil terbaik menawarkan beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Mengganti biaya perbaikan kerusakan kecil maupun besar

Apabila mobil kamu mengalami rusak kecil seperti lecet atau baret, hingga kerusakan besar seperti penyok, asuransi akan memberikan ganti rugi untuk perbaikannya. Nah, cakupan pertanggungan kerusakan ini berbeda, bergantung pada jenis asuransi yang kamu pilih; all risk atau total loss only. Perbedaan keduanya akan dibahas pada sub-topik jenis asuransi mobil.
Baca juga : Barang-Barang Ini Wajib Ada di Mobil, Ayo Lengkapi Dari Sekarang!.

2. Mengganti kerugian jika mobil hilang

Kehilangan kendaraan jadi salah satu risiko yang paling ditakutkan pemilik mobil. Namun, jangan khawatir jika kamu punya asuransi mobil terbaik. Produk ini akan memberikan ganti rugi sesuai dengan nilai mobil kamu yang hilang!

3. Mengganti biaya taksi selama perbaikan mobil

Saat mobil kamu harus diperbaiki di bengkel, tentu kamu perlu biaya transportasi menuju ke sana. Beberapa asuransi menawarkan penggantian biaya taksi selama mobil diperbaiki, biaya yang diberikan umumnya dihitung berdasarkan jumlah waktu perbaikan mobil.

4. Kompensasi tanggung jawab hukum pihak ketiga

Saat mengendarai mobil, ada kalanya kita lengah dan tanpa sengaja menimbulkan kerugian di pihak lain, misalnya menabrak kendaraan orang atau menyebabkan orang lain cedera. Kesalahan tersebut bisa menimbulkan tuntutan untuk ganti rugi. Nah, asuransi mobil terbaik akan memberikan biaya kompensasi untuk kerugian pihak ketiga tersebut.

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kamu dapatkan, keduanya memiliki cakupan manfaat dan biaya premi yang berbeda. Berikut adalah penjelasannya.

1. All Risk atau Komprehensif

Asuransi mobil terbaik all risk atau komprehensif adalah asuransi yang akan menanggung biaya segala jenis kerusakan pada mobil, mulai dari kerusakan kecil seperti baret atau lecet, hingga kerusakan total seperti mobil ringsek. All risk juga akan menanggung kehilangan mobil. Perlindungan yang luas ini menyebabkan produk asuransi all risk membutuhkan biaya premi yang lebih besar, yaitu di kisaran jutaan rupiah per tahun. Oleh sebab itu, asuransi jenis ini cocok bagi kamu yang ingin memproteksi mobil baru.

2. Total Loss Only

Asuransi mobil terbaik total loss only atau TLO adalah produk asuransi yang hanya akan menanggung kerusakan total (di atas 75 persen) dan kehilangan mobil. Jika memiliki asuransi TLO, kamu tidak bisa memperbaiki mobil lecet dengan asuransi. Karena luas pertanggungan terbatas, premi asuransi TLO jauh lebih terjangkau dari all risk dan lebih cocok digunakan untuk memproteksi mobil lama atau mobil bekas.
Baca juga : Warna Mobil Melambangkan Kepribadian Pemiliknya, Apa Kamu Setuju?.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menerbitkan ketentuan rate premi asuransi mobil berdasarkan wilayah dan jenis asuransi. Simak tabel berikut:

rate asuransi mobil per wilayah 1

rate asuransi mobil ojk per wilayah
Keterangan untuk wilayah:

  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten
  • Wilayah 3: Selain wilayah 1 dan wilayah 2

Lalu, bagaimana cara menghitung premi asuransi mobil? Kamu hanya perlu mengalikan harga mobil dengan rate premi dari OJK di atas.

Baca juga : Mau Mobilmu Terasa Baru Terus? Jangan Lewatkan Perawatan Wajib Ini.
Contohnya begini, misalnya kamu membeli asuransi komprehensif atau all risk untuk mobil Honda Brio baru seharga Rp160.000.000 (Kategori 2). Saat ini, kamu tinggal di wilayah Jawa Barat atau tergolong di Wilayah 2.
Berdasarkan tabel OJK di atas, rate premi kamu berkisar antara 2,67 persen sampai dengan 2,94 persen. Kamu tinggal mengalikan rate premi dengan harga mobil kamu, sehingga premi kamu berada di kisaran Rp4.272.000 sampai dengan Rp4.704.000.

Mobil Insurtech dari Simas Insurtech

Jika kamu mencari asuransi mobil terbaik, Mobil Insurtech dari Simas Insurtech bisa jadi pilihan yang tepat. Selain menawarkan manfaat yang luas, produk ini berbeda dengan asuransi lain karena menawarkan layanan klaim secara online. Kamu juga bisa menanyakan seputar asuransi melalui customer service di Whatsapp Simas Insurtech. Layanan ini tentu bakal menghemat waktu dan energi.
Demikian ulasan seputar cara memilih asuransi mobil terbaik. Ingat, selalu pahami produk asuransi sebelum kamu membelinya agar tidak kecewa di akhir.

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

20 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Mobil Banjir, Ikuti Syarat Ini Dulu!

20 June 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Asuransi Mobil Hilang dan Cara Klaimnya agar Disetujui

20 June 2022

Seputar Asuransi

Rincian Biaya Perbaikan Mobil Lecet di Bengkel Terbaru

20 June 2022

Seputar Asuransi

Bisakah Klaim Asuransi Mobil karena Kesalahan Sendiri?

20 June 2022

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

20 June 2022

Seputar Asuransi

Tips Klaim Asuransi Mobil agar Tidak Ditolak, Cek di Sini!

20 June 2022

Seputar Asuransi

Pahami Contoh Polis Asuransi Mobil Sebelum Membelinya!

20 June 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

20 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Hitung Biaya Asuransi Mobil dan Simulasi Preminya

20 June 2022

Seputar Asuransi

Rekomendasi Asuransi Kendaraan Terbaik dan Cara Daftarnya

20 June 2022

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

20 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Mobil Banjir, Ikuti Syarat Ini Dulu!

20 June 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Asuransi Mobil Hilang dan Cara Klaimnya agar Disetujui

20 June 2022

Seputar Asuransi

Rincian Biaya Perbaikan Mobil Lecet di Bengkel Terbaru

20 June 2022

Seputar Asuransi

5 Tips Membeli Asuransi Mobil Bekas agar Tidak Salah Pilih

20 June 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

20 June 2022

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

20 June 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Asuransi Mobil Hilang dan Cara Klaimnya agar Disetujui

20 June 2022

Seputar Asuransi

5 Tips Membeli Asuransi Mobil Bekas agar Tidak Salah Pilih

20 June 2022

Seputar Asuransi

Pahami Contoh Polis Asuransi Mobil Sebelum Membelinya!

20 June 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

20 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Hitung Biaya Asuransi Mobil dan Simulasi Preminya

20 June 2022