Travel

Persiapkan Asuransi Perjalanan ke Singapura Sebelum Liburan!

19 July 2022

asuransi perjalanan ke singapura

Belakangan ini, penyebaran virus Covid-19 berangsur-angsur menurun. Beberapa negara pun mulai membuka kembali wilayahnya untuk dikunjungi para turis, salah satunya Singapura.

Singapura adalah negara kecil yang banyak dikunjungi para pelancong karena objek wisatanya yang indah dan menarik, mulai dari Gardens by The Bay, Merlions Park, hingga Universal Studio. Untuk masuk ke negara ini, kamu wajib memiliki asuransi perjalanan ke Singapura.
Apa saja syarat lain untuk masuk ke Singapura dan mengapa asuransi perjalanan ke Singapura begitu penting? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Syarat Masuk ke Singapura untuk Orang Indonesia

Sebelum berlibur ke Singapura, terdapat beberapa persyaratan masuk yang perlu kamu persiapkan, di antaranya:

1. Memiliki bukti vaksinasi Covid-19

Syarat masuk ke Singapura adalah memiliki bukti vaksinasi lengkap sebanyak dua dosis bagi turis yang berusia 13 tahun ke atas. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di negeri Singa ini.
Kamu akan diminta menyerahkan surat bukti vaksinasi lengkap saat melalui proses imigrasi. Sebelum berangkat, kamu bisa mengunggah bukti vaksinasi ini ke situs Vaccination Check Portal (VCP) milik pemerintah Singapura. Setelah itu, pesan tiket penerbangan dan unduh aplikasi TraceTogether milik pemerintah Singapura untuk melacak persebaran Covid-19 di Singapura.
Apabila belum mendapatkan vaksinasi lengkap, kamu tidak bisa memasuki negara Singapura, kecuali atas izin khusus. Sebagai catatan, pengunjung yang mendapatkan izin khusus harus tetap melakukan tes PCR atau antigen dan mendapatkan hasil negatif Covid-19.
 
Baca juga : Tips Penting Buat Kamu Yang Mau Coba Solo Traveling

2. Mengisi kartu SGAC

Tiga hari sebelum keberangkatan, kamu juga perlu mengirim SG Arrival Card (SGAC) serta deklarasi e-health lewat halaman resmi layanan elektronik gratis di situs web Immigration & Checkpoints Authority (ICA). Dokumen tersebut berisikan tentang detail informasi perjalanan dan kondisi kesehatan kamu. Selain melalui situs web, kamu juga bisa mengirim SGAC lewat aplikasi MyICA yang bisa kamu download di PlayStore atau AppStore.
Setelah mengisi SGAC, kamu akan menerima email yang dapat kamu tunjukkan saat melalui proses imigrasi. Perlu dicatat bahwa SGAC berlaku hanya untuk turis asing dan penduduk tetap Singapura tidak perlu mengisinya.

3. Mengurus izin imigrasi ke Singapura

Apabila kamu mengalami gejala Covid-19 seperti demam, flu, batuk, dan gejala lainnya saat kedatangan di Singapura, kamu akan diarahkan untuk melakukan tes PCR atau antigen dengan biaya di kisaran Rp147-319 ribuan.

4. Memiliki asuransi perjalanan ke Singapura

Syarat masuk ke Singapura lainnya adalah memiliki asuransi perjalanan ke Singapura dengan pertanggungan minimal 300.000 dollar Singapura, atau setara dengan Rp318.000.000. Asuransi ini diperlukan untuk mengantisipasi risiko terkena virus saat kamu bepergian di Singapura, karena pemerintah Singapura tidak akan menanggung biaya pengobatan kamu.

5. Mematuhi protokol kesehatan

Selama berlibur di Singapura, kamu wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain.
 
Baca juga : Benda Kecil Yang Berguna Saat Traveling

Tips Perjalanan ke Singapura

tips perjalanan ke singapura

Setiap perjalanan membutuhkan persiapan yang cukup agar pengalaman berlibur kamu lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips perjalanan ke Singapura yang wajib kamu pertimbangkan.

1. Membuat itinerary

Itinerary adalah daftar kegiatan yang berisikan susunan kegiatan selama perjalanan, waktu, termasuk akomodasi, konsumsi, dan transportasi yang harus digunakan. Setiap turis wajib membuat itenerary dengan riset yang mendalam agar tidak kebingungan saat sudah berada di wilayah tujuan.

2. Menyiapkan anggaran perjalanan

Penting untuk membuat anggaran perjalanan sebelum berangkat agar pengeluaran kamu tidak melebihi batas. Buat daftar hal-hal yang dibutuhkan selama perjalanan, misalnya hotel, konsumsi, transportasi, belanja, hingga kebutuhan internel. Setelah itu, lakukan riset seputar harga yang perlu kamu bayar nantinya. Setelah itu, jangan lupa masukkan biaya pembuatan paspor (jika belum punya) dan asuransi perjalan ke Singapura karena menjadi syarat masuk ke negara tersebut.

3. Mencatat prosedur klaim asuransi perjalanan ke Singapura

Risiko selama perjalanan bisa terjadi kapan saja. Jika sudah punya asuransi, kamu bisa mendapatkan kompensasi atas musibah yang kamu alami dengan cara mengikuti beberapa tahapan klaim. Oleh sebab itu, pastikan kamu mencatatnya sebelum berangkat.
Nah, untuk mempermudah kamu saat mengajukan klaim, disarankan untuk memilih produk asuransi perjalanan ke Singapura yang melayani klaim online seperti Travi Insurtech dari Simas Insurtech. Sehingga kamu bisa segera mengajukan proses klaim selama di perjalanan.
 
Baca juga : Apa Penting Punya Asuransi Perjalanan Saat Traveling di Dalam Negeri?

4. Mempersiapkan kekuatan fisik & membawa obat-obatan

Umumnya, pelancong di Singapura mengandalkan transportasi umum seperti MRT. Oleh sebab itu, kamu akan banyak berjalan dari satu tempat ke tempat lainnya. Pastikan kamu sudah mempersiapkan fisik dengan banyak berolahraga sebelum berangkat. Bawa juga obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi risiko selama berlibur.

5. Mengecek cuaca saat perjalanan

Sebelum berangkat, sebaiknya kamu mengecek perkiraan cuaca selama berlibur untuk mempersiapkan diri. Apabila prediksi cuaca hujan, jangan lupa membawa payung dan hindari destinasi wisata outdoor.

Manfaat Asuransi Perjalanan ke Singapura

Setiap turis diwajibkan membeli asuransi perjalanan ke Singapura sebelum mengunjungi negara tersebut. Apa saja manfaat produk ini?

1. Melindungi anggaran dari pengeluaran mendadak

Saat akan berangkat liburan, setiap orang tentu sudah menyiapkan anggaran untuk akomodasi, biaya makan, hingga belanja. Namun, ada berbagai risiko yang tidak masuk ke dalam anggaran tersebut, misalnya mengalami kecelakaan atau kehilangan paspor. Biaya yang harus kamu keluarkan tentu tidak sedikit, terlebih biaya hidup di Singapura terlampau tinggi. Dengan menyediakan sedikit anggaran untuk membeli asuransi, kamu akan terhindar dari risiko keuangan tersebut.
 
Baca juga : 6 Zodiak ini Paling Asik Dijadikan Teman Traveling

2. Memastikan keamanan selama berada di Singapura

Kebanyakan turis tentu tidak punya kerabat saat berada di Singapura. Jika terjadi hal tak diinginkan, mau tak mau harus bergantung pada keuangan sendiri. Dengan memiliki asuransi, kamu bisa mengajukan klaim kompensasi untuk membayar risiko selama berada di negara orang.

3. Memproteksi keuangan keluarga

Risiko kecelakaan selama perjalanan bisa menimbulkan kematian pada beberapa kasus. Apabila korban merupakan tulang punggung, penghasilan keluarga bisa terganggu. Asuransi perjalanan akan memberikan sejumlah uang pertanggungan untuk ahli waris agar keluarga tertanggung bisa membiayai hidup untuk sementara waktu.

4. Membuat hati tenang di perjalanan

Tentu kamu ingin mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama berlibur tanpa harus memikirkan risiko-risiko keuangan yang bisa terjadi kapanpun. Memiliki asuransi perjalanan membuat perasaan kamu tenang dan bisa lebih menikmati waktu liburan dengan maksimal.
 
Baca juga : Istilah Baru Kekinian yang Sering Digunakan di Dunia Travel

Asuransi Perjalanan Travi Insurtech dari Simas Insurtech

Sedang mencari asuransi perjalanan ke Singapura? Asuransi Travi Insurtech dari Simas Insurtech bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, produk ini menawarkan manfaat yang luas, mulai dari uang santunan kecelakaan, kompensasi perubahan jadwal penerbangan, kompensasi kerusakan bagasi, hingga kompensasi kehilangan dokumen penting!
Selain itu, produk ini juga menawarkan layanan klaim online. Sehingga, kamu bisa segera mengajukan klaim saat berada di Singapura.
Itulah beberapa penjelasan seputar asuransi perjalanan ke Singapura. Yuk, siapkan perjalanan kamu mulai dari sekarang!

Artikel Lainnya

Travel

7 Ide Liburan Keluarga serta Rekomendasi Tempat yang Seru

19 July 2022

Travel

5 Rekomendasi Tempat Liburan di Bandung dan Tips Jalan-jalan

19 July 2022

Travel

9 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Traveller

19 July 2022

Travel

Arti Asuransi Konvensional dan Perbedaannya dengan Asuransi Syariah

19 July 2022

Travel

Apa Itu Asuransi Perjalanan Umroh dan Bagaimana Cara Kerjanya?

19 July 2022

Travel

Pentingnya Asuransi Perjalanan ke Malaysia Sebelum Jalan-jalan

19 July 2022

Travel

Cara Check In di Bandara dengan Benar untuk Pemula

19 July 2022

Travel

Rincian Biaya Liburan ke Bali 2022 dan Cara Menghitungnya

19 July 2022

Travel

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

19 July 2022

Travel

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Internasional Terbaik

19 July 2022

Travel

Pengertian Asuransi Perjalanan Internasional dan Manfaatnya

19 July 2022

Travel

7 Ide Liburan Keluarga serta Rekomendasi Tempat yang Seru

19 July 2022

Travel

Merencanakan liburan akhir tahun yang nyaman

19 July 2022

Travel

Mengatur Jadwal Mudik Dengan Rapi

19 July 2022

Travel

Tempat wisata populer di Kulonprogo, Yogyakarta

19 July 2022

Travel

Rencana liburan ke Bangka Belitung, datangi tempat ini

19 July 2022

Travel

Cara Check In di Bandara dengan Benar untuk Pemula

19 July 2022

Travel

7 Ide Liburan Keluarga serta Rekomendasi Tempat yang Seru

19 July 2022

Travel

9 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Traveller

19 July 2022

Travel

Rincian Biaya Liburan ke Bali 2022 dan Cara Menghitungnya

19 July 2022

Travel

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Internasional Terbaik

19 July 2022

Travel

Cara Check In di Bandara dengan Benar untuk Pemula

19 July 2022

Travel

7 Ide Liburan Keluarga serta Rekomendasi Tempat yang Seru

19 July 2022

Travel

5 Rekomendasi Tempat Liburan di Bandung dan Tips Jalan-jalan

19 July 2022

Travel

9 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Traveller

19 July 2022

Travel

Apa Itu Asuransi Perjalanan Umroh dan Bagaimana Cara Kerjanya?

19 July 2022

Travel

Rincian Biaya Liburan ke Bali 2022 dan Cara Menghitungnya

19 July 2022