Tips & Trik

Cara Mengetahui Umur Kucing dan Bedanya dengan Umur Manusia

20 September 2022

cara mengetahui umur kucing

Banyak pecinta atau pemilik kucing yang penasaran bagaimana sih cara mengetahui umur kucing? Pasalnya, rentang umur kucing berbeda dengan manusia.

Cara mengetahui umur kucing penting untuk kamu ketahui agar bisa merawatnya dengan tepat, karena anak kucing dan kucing dewasa memiliki perbedaan kebutuhan makanan serta perilaku. Selain itu, penanganan kucing jika sakit juga berbeda-beda, tergantung rentang usia kucing.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah informasi lengkap mengenai cara mengetahui umur kucing. Kamu juga akan mendapatkan penjelasan perbandingan umur kucing dan umur manusia sebagai gambarannya.

Cara Mengetahui Umur Kucing

Menentukan usia kucing memang tidak mudah, tetapi setiap kucing pada jenjang usia tertentu memiliki ciri fisik dan perilaku yang berbeda-beda. Sehingga, kita bisa memperkirakan usianya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui umur kucing.

1. Menghitung jumlah gigi kucing

Sama seperti manusia, jumlah gigi kucing akan bertambah seiring dengan pertambahan umurnya. Kamu bisa mengecek jumlah gigi kucing untuk memperkirakan usianya. Umumnya, gigi seri yang tumbuh pertama pada anak kucing muncul di usia 2-4 minggu, lalu taring di usia 3-4 minggu, dan gigi geraham pada usia 4-6 minggu.
Sementara itu, gigi kucing akan penuh dengan gigi dewasa pada usia 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Biasanya, pada periode ini gigi kucing memiliki ciri-ciri berwarna putih dan tidak usang.

2. Mengecek warna gigi

Umumnya, gigi kucing akan berangsur-angsur menguning seiring dengan pertambahan usia. Pada usia 2 hingga 5 tahun, gigi kucing akan terlihat sedikit kuning. Lalu, pada usia 5-10 tahun warna kuning pada giginya terlihat makin jelas. Pada kucing usia 10 tahun ke atas, warna kuningnya akan menyebar ke seluruh gigi.
Selain itu, gigi pada kucing tua umumnya lebih tumpul dan patah. Beberapa gigi bahkan sudah lepas. Semakin lama usia kucing, maka akan muncul karang gigi dan reses gigi.

3. Memeriksa bulu dan tubuh kucing

Cara mengetahui umur kucing yang ketiga adalah dengan memeriksa kondisi bulunya. Bulu anak kucing biasanya terasa lembut dan halus saat dipegang. Sebaliknya, bulu pada kucing dewasa cenderung lebih kasar dan terkadang muncul petak bulu berwarna abu-abu.
Melihat bentuk tubuh kucing juga bisa jadi cara mengetahui umur kucing. Kucing yang masih muda cenderung ramping dan berotot karena banyak bergerak, kucing usia pertengahan biasa lebih berisi dan bulat, sementara itu, kucing tua memiliki tulang bahu yang lebih jelas dengan kulit kendur.

4. Melihat tingkah laku kucing

Cara mengetahui umur kucing yang keempat adalah memperhatikan tingkat lakunya. Kucing yang sudah tua biasanya lebih agresif saat didekati dan mudah merasa takut. Selain itu, kucing yang lebih tua cenderung lebih banyak tidur dan beristirahat.

5. Memeriksa mata kucing

Mata kucing akan menjadi jenuh seiring bertambahnya usia. Jika kamu menemukan kucing dengan mata jernih, kemungkinan besar usianya masih muda. Kucing muda juga memiliki iris mata yang lebih halus. Sementara itu, kucing tua kadang-kadang mengeluarkan air mata karena penyakit.

Baca juga : Memahami Cara Kucing Berkomunikasi Dengan Gerakan Ekornya

Perbandingan Umur Kucing dan Manusia

perbandingan umur kucing dan manusia

Setelah memahami cara mengetahui umur kucing, kamu mungkin penasaran bagaimana perbandingan umur kucing dan manusia. Berikut adalah rinciannya.

  • Kucing usia 1 bulan = manusia usia 1 tahun/span>
  • Kucing usia 3 bulan = manusia usia 4 tahun
  • Kucing usia 6 bulan = manusia usia 10 tahun
  • Kucing usia 1 tahun = manusia usia 15 tahun
  • Kucing usia 2 tahun = manusia usia 24 tahun
  • Kucing usia 3 tahun = manusia usia 28 tahun
  • Kucing usia 5 tahun = manusia usia 36 tahun
  • Kucing usia 10 tahun = manusia usia 56 tahun
  • Kucing usia 15 tahun = manusia usia 76 tahun
  • Kucing usia 20 tahun = manusia usia 96 tahun

Pentingnya Asuransi Hewan Peliharaan

Setiap pemilik kucing memiliki risiko saat memelihara hewan. Misalnya, risiko hewan meninggal akibat kecelakaan, risiko hilang dicuri, hingga risiko kucing menyakiti pihak ketiga hingga menimbulkan tuntutan hukum.

Risiko-risiko tersebut dapat menyebabkan pengeluaran mendadak yang bisa merusak rencana keuangan kamu. Oleh sebab itu, penting memiliki asuransi hewan peliharaan agar bisa menjaga arus kas keuangan kamu. Beberapa manfaat yang ditawarkan asuransi hewan di antaranya:

  • Uang pertanggungan jika kucing meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Kompensasi apabila hewan hilang dicuri, dengan nilai setara dengan harga kucing saat pembelian.
  • Kompensasi risiko tuntutan hukum pihak ketiga apabila hewan peliharaan menyerang orang lain dan menimbulkan cedera.

Dengan memiliki asuransi hewan, artinya kamu sudah berusaha merencanakan keuangan kamu dengan lebih matang. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi atas risiko pengeluaran mendadak.

Baca juga : Pecinta Kucing? 10 Fakta Tentang Si Pus yang Belum Kamu Tahu

Cara Membeli Asuransi Hewan

Tertarik membeli asuransi hewan? Caranya mudah sekali, kamu hanya tinggal mengikuti langkah berikut.

1. Membuka situs penyedia asuransi

Pertama-tama kamu bisa membuka situs penyedia asuransi. Salah satu penyedia asuransi hewan terbaik di Indonesia adalah Simas Insurtech.

2. Mencari kontak perusahaan asuransi

Kamu bisa mencari nomor kontak perusahaan asuransi. Biasanya informasi ini tertera di menu “Kontak” atau di bagian samping situs perusahaan. Kamu bisa mengontak admin dan bertanya-tanya seputar asuransi hewan yang ingin kamu beli.

3. Mengisi identitas diri di laman web

Selain itu, kamu juga bisa mengisi data diri di bagian atas halaman produk. Ikuti petunjuk yang tertera pada situs, lalu kamu tinggal menunggu pihak asuransi untuk menghubungi kamu.

4. Berdiskusi dengan pihak asuransi

Setelah tersambung dengan pihak asuransi, kamu bisa menyatakan keinginan untuk membeli produk asuransi hewan. Pada kesempatan tersebut, pastikan kamu menanyakan informasi produk secara detail, seperti harga premi, prosedur klaim, hingga manfaat yang kamu dapatkan.

Baca juga : Bagaimana Cara Kucing Menunjukkan Kasih Sayangnya Kepada Pemiliknya?

Asuransi Hewan Pet Insurtech dari Simas Insurtech

Salah satu asuransi hewan terbaik yang ada di Indonesia adalah produk dari Simas Insurtech, yaitu Pet Insurtech. Produk asuransi hewan untuk anjing dan kucing ini menawarkan manfaat yang luas, serta layanan nasabah yang maksimal. Paslanya, Simas Insurtech melayani klaim online. Jadi, setiap nasabah tak perlu repot datang ke kantor asuransi untuk mengajukan klaim.

Itulah penjelasan seputar cara mengetahui umur kucing serta perbandingannya dengan umur manusia. Apakah kucing kamu sudah berumur?

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Cara Mencari Kucing Hilang dengan Cepat dan Aman

20 September 2022

Tips & Trik

Memahami Cara Kucing Berkomunikasi Dengan Gerakan Ekornya

20 September 2022

Tips & Trik

Memastikan telinga kucing selalu bersih

20 September 2022

Tips & Trik

Permainan sederhana untuk kucing kesayanganmu

20 September 2022

Tips & Trik

Kota Ramah Kucing Mencari Penjaga Kucing Liar

20 September 2022

Tips & Trik

Cara Mencari Kucing Hilang dengan Cepat dan Aman

20 September 2022

Tips & Trik

Mengetahui seputar pintu peliharaan

20 September 2022

Tips & Trik

Permainan sederhana untuk kucing kesayanganmu

20 September 2022

Tips & Trik

Pecinta Kucing? 10 Fakta Tentang Si Pus yang Belum Kamu Tahu

20 September 2022

Tips & Trik

Memastikan telinga kucing selalu bersih

20 September 2022

Tips & Trik

Kota Ramah Kucing Mencari Penjaga Kucing Liar

20 September 2022