Travel

Biaya Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri, dari Asia hingga Eropa

10 January 2023

Biaya Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri

Sebelum liburan ke negeri orang, ada satu hal yang tak boleh dilupakan, yaitu menyiapkan biaya asuransi perjalanan ke luar negeri. Terutama jika negara tujuan mewajibkan kepemilikan asuransi perjalanan, seperti negara-negara di wilayah Schengen.

Meski begitu, sekalipun melancong ke negara yang menjadikan asuransi perjalanan opsional, mengantongi asuransi perjalanan tetap perlu diprioritaskan. Tak perlu khawatir, biaya asuransi perjalanan tidak akan sampai menguras tabungan.

Berapa biaya asuransi perjalanan ke luar negeri?

Biaya asuransi perjalanan ke luar negeri cukup bervariasi. Preminya akan bergantung kepada beberapa faktor seperti durasi perjalanan, negara tujuan, jumlah tertanggung, manfaat perlindungan, perusahaan asuransi, dan faktor lainnya.

Dibandingkan beberapa tahun lalu, biaya asuransi perjalanan kini kian terjangkau. Asuransi perjalanan ke luar negeri dengan biaya premi tak sampai Rp100 ribu pun tersedia.

1. Biaya asuransi perjalanan ke negara Eropa

Kamu mungkin sudah tahu bahwa jika bepergian ke kawasan Eropa, tepatnya negara di wilayah Schengen, wajib memiliki visa Schengen.

Sebagai informasi, mulai 1 Januari 2023, wilayah Schengen yang semula meliputi 26 negara kini menjadi 27 negara setelah Kroasia resmi menjadi anggota baru.

Negara-negara tersebut antara lain, Belgia, Denmark, Finlandia, Perancis, Yunani, Jerman, Italia, Luksemburg, Austria, Portugal, Spanyol, Norwegia, Swedia, Malta, Islandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Hungaria, Polandia, Slovenia, Republik Ceko, Swiss, Liechtenstein, Belanda, dan Slovakia.

Asuransi perjalanan menjadi salah satu syarat wajib untuk pengajuan visa Schengen. Ini artinya, jika tak punya asuransi perjalanan, jangan harap kamu bisa menjelajahi deretan negara di atas.

Biaya asuransi perjalanan untuk visa Schengen berkisar mulai dari Rp900 ribuan-1,3 jutaan untuk perjalanan selama maksimal satu bulan. Semakin lama durasi perjalanan dan semakin besar uang pertanggungan pada tiap manfaat yang diberikan, tentu biaya preminya akan lebih tinggi.

2. Biaya asuransi perjalanan ke negara Asia

Jika tujuan kamu adalah salah satu negara di Asia, bujet asuransi perjalanannya bisa jadi lebih hemat daripada asuransi perjalanan untuk negara Eropa.

Salah satu pilihan asuransi perjalanan yang cukup ekonomis adalah Travi Insurtech dari Simas Insurtech. Misalnya, untuk perjalanan ke negara Asia selama kurang lebih 4 hari, tersedia paket asuransi perjalanan mulai dari Rp 86.250 saja. Meski biaya preminya minim, paket ini memberikan dana pertanggungan hingga Rp 460 juta, lho!

Manfaat perlindungan lainnya pun tak kalah penting, seperti pertanggungan atas kehilangan dua atau lebih anggota badan, cacat tetap total, pembatalan perjalanan, kehilangan dan kerusakan bagasi, keterlambatan bagasi, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa cek di sini untuk mencari paket asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Biaya asuransi perjalanan ke negara Amerika

Meski mayoritas negara di Amerika tidak wajib punya asuransi perjalanan, bukan berarti asuransi perjalanan jadi tak penting.

Bayangkan jika mengalami hal yang tidak menyenangkan saat rafting di Green Canyon atau kehilangan barang selagi main di Disneyland. Amit-amit! Tapi dengan memiliki asuransi perjalanan, setidaknya hati tetap bisa lebih tenang karena saldo rekening tidak terancam.

Kabar baiknya, biaya asuransi perjalanan internasional ke negara di Amerika tak jauh berbeda dengan biaya tujuan negara di Asia, yaitu mulai dari Rp 80 ribuan saja.

manfaat asuransi luar negeri

Manfaat asuransi perjalanan ke luar negeri

Asuransi perjalanan punya banyak manfaat yang dapat meminimalisasi risiko kerugian finansial yang mungkin terjadi selama liburan ataupun perjalanan dinas.

Mulai dari penundaan keberangkatan pesawat hingga kehilangan dokumen perjalanan bisa kamu klaim. Untuk lebih lengkapnya, mari lihat daftar manfaat asuransi perjalanan ke luar negeri di bawah ini.

1. Ganti rugi kehilangan bagasi

Kamu akan mendapatkan ganti rugi dari pihak perusahaan asuransi apabila kamu kehilangan bagasi karena kelalaian pihak maskapai penerbangan. Besaran ganti rugi yang diberikan tentu saja sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada polis.

2. Ganti rugi penundaan penerbangan

Penerbangan yang tertunda tak hanya bisa membuang waktu tapi juga uang. Apalagi jika sampai mengganggu itinerary yang telah dibuat. Dengan asuransi perjalanan, kamu bisa mendapatkan ganti rugi atas penundaan penerbangan.

Baca juga : Besaran Kompensasi Pesawat Terlambat yang Didapatkan Penumpang

3. Bantuan di situasi darurat

Kamu berhak mendapatkan bantuan atau penggantian biaya jika terjadi hal tak menyenangkan sebagaimana yang tercantum pada polis. Misalnya, evakuasi medis atau pemulangan jenazah.

4. Penggantian biaya medis

Mendadak sakit saat liburan di negeri orang tentu bikin was-was. Tapi dengan asuransi perjalanan, kamu bisa mendapatkan perawatan yang tepat tanpa merogoh dompet terlalu dalam. Selain itu, kini beberapa asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan untuk perawatan Covid-19.

5. Kompensasi kehilangan dokumen

Kehilangan dokumen perjalanan yang penting, seperti paspor bisa jadi mimpi buruk saat liburan. Mengurus dokumen baru bisa menghabiskan biaya tak sedikit. Tenang saja, pihak perusahaan asuransi akan memberikan santunan agar liburanmu tetap berjalan menyenangkan.

6. Santunan kematian dan cacat total permanen

Pihak perusahaan asuransi akan memberikan santunan kematian dan cacat total permanen kepada ahli waris sesuai kesepakatan yang tertulis pada polis.

7. Kompensasi kerusuhan

Bukan tidak mungkin saat sedang asyik liburan terjebak situasi genting. Jika hal ini terjadi, kamu akan mendapatkan ganti rugi atau kompensasi.

8. Bantuan hukum

Beberapa perusahaan asuransi juga memberikan pertanggungan tanggung jawab hukum berupa bantuan hukum.

Misalnya, jika kamu tidak sengaja merusak properti milik orang lain hingga mendapatkan tuntutan hukum. Pihak asuransi akan memberikan pendampingan hukum ataupun santunan untuk menyewa pengacara.

Apabila dibandingkan dengan manfaat perlindungan yang bisa diperoleh, biaya asuransi perjalanan ke luar negeri sangat worth it, bukan? Selain biaya premi yang terjangkau, kini membeli asuransi perjalanan pun semudah belanja online.

Jika kamu ingin membeli asuransi perjalanan internasional dari Simas Insuretech, cukup ikuti panduan di bawah ini.

  • Buka situs resmi Simas Insurtech, lalu pilih produk Travi Insurtech
  • Lengkapi data diri, lalu klik “Selanjutnya”
  • Pilih “Luar Negeri” untuk jenis perjalanan internasional, lalu klik “Selanjutnya”
  • Lengkapi data perjalanan, berupa tanggal berangkat, tanggal pulang, jenis pertanggungan, wilayah asal dan wilayah tujuan.
  • Pilih paket asuransi yang kamu inginkan. Jangan lupa baca informasi detail pada tiap paket ya. Kamu juga bisa memilih untuk mendapatkan kiriman cetakan polis dengan tambahan biaya Rp 50 ribu.
  • Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran untuk menyelesaikan transaksi.

Setelah membeli asuransi perjalanan jangan lupa pelajari isi polis agar tidak ada kendala saat proses klaim jika diperlukan nantinya.

Selamat liburan!

Baca juga : Asuransi Travel, Ini Dia Manfaat dan Juga Cara Klaim

Artikel Lainnya

Travel

Asuransi Travel, Ini Dia Manfaat dan Juga Cara Klaim

10 January 2023

Travel

7 Ide Liburan Keluarga serta Rekomendasi Tempat yang Seru

10 January 2023

Travel

5 Rekomendasi Tempat Liburan di Bandung dan Tips Jalan-jalan

10 January 2023

Travel

9 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Traveller

10 January 2023

Travel

Arti Asuransi Konvensional dan Perbedaannya dengan Asuransi Syariah

10 January 2023