Seputar Asuransi

Besaran Kompensasi Pesawat Terlambat yang Didapatkan Penumpang

29 August 2022

kompensasi keterlambatan pesawat

Keterlambatan pesawat terbang tak jarang terjadi saat kita sedang melakukan perjalanan ke suatu tempat melalui jalur udara. Pasalnya, ada banyak faktor yang menyebabkan pesawat delay, di antaranya keterlambatan awak kabin, masalah teknis pesawat, hingga kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Keterlambatan pesawat ini bisa menyebabkan kerugian yang signifikan bagi para penumpang. Mungkin hotel yang sudah di-booking penumpang terpaksa harus batal dan hangus, menyebabkan kerugian sejumlah uang. Belum lagi, penumpang mungkin harus membeli hotel transit di bandara jika keterlambatan cukup lama.

Oleh sebab itu, biasanya pihak maskapai penerbangan akan memberikan sejumlah kompensasi pesawat terlambat kepada penumpang. Jika kamu memiliki asuransi penerbangan atau perjalanan, kamu juga akan mendapatkan kompensasi tambahan di luar benefit dari maskapai tersebut. Berapa besar kompensasi pesawat terlambat? Simak penjelasannya di artikel berikut.

Jenis Keterlambatan Pesawat

Berdasarkan artikel Kompas, hak penumpang atas keterlambatan pesawat tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 89 Tahun 2015, yang isinya kurang lebih kewajiban maskapai untuk memberikan kompensasi pesawat terlambat kepada penumpangnya.

Dalam Pasal 2 aturan tersebut, ada tiga jenis keterlambatan pesawat, yaitu:

  • keterlambatan penerbangan (flight delayed),
  • tak terangkutnya penumpang karena kapasitas pesawat (denied boarding passenger),
  • dan pembatalan penerbangan (cancelation of flight).

Setiap kriteria keterlambatan tersebut akan menentukan jenis dan besaran kompensasi yang diberikan maskapai.

Baca juga : Nilai Santunan Asuransi Kecelakaan Pesawat dan Cara Klaimnya

Kompensasi Pesawat Terlambat dari Maskapai

Berikut adalah daftar kompensasi pesawat terlambat dari maskapai sesuai dengan durasinya.

Kompensasi keterlambatan penerbangan

Besaran kompensasi pesawat terlambat akan diberikan sesuai dengan waktu keterlambatan yang terjadi. Waktu tersebut dihitung berdasarkan selisih jadwal keberangkatan (atau kedatangan) pesawat terbang dengan realisasi waktu saat pesawat meninggalkan tempat parkir bandara keberangkatan (atau saat pesawat sampai di tempat parkir bandara tujuan). Berikut adalah daftar kompensasi pesawat terlambat.

  • Pesawat terlambat 30-60 menit: kompensasi pemberian minuman ringan.
  • Pesawat terlambat 61-120 menit: kompensasi pemberian minuman dan makanan ringan.
  • Pesawat terlambat 121-180 menit: kompensasi pemberian minuman dan makanan berat.
  • Pesawat terlambat 181-240 menit: kompensasi pemberian makanan dan minuman ringan, serta makanan berat.
  • Pesawat delay di atas 240 menit: kompensasi berupa pemberian Rp300 ribu, bisa dalam bentuk uang tunai atau voucher yang bisa dicairkan dalam waktu 3 x 24 jam sejak keterlambatan pesawat.
  • Pesawat batal terbang: penumpang boleh memilih, apakah mendapatkan pengembalian penuh biaya tiket (atau refund), atau pengalihan ke penerbangan selanjutnya.

Pemberian kompensasi tersebut harus dilakukan oleh petugas maskapai setingkat General Manager, Station Manager, atau pihak lain yang ditunjuk untuk mewakili badan usaha angkutan udara berjadwal.

Pembatalan penerbangan dan proses refund/span>

Apabila pihak maskapai membatalkan penerbangan dan penumpang memilih untuk mengajukan refund, ada beberapa prosedur yang perlu diketahui. Jika pembelian awal tiket dilakukan secara tunai, maka pengembaliannya juga diberikan secara tunai saat penumpang melaporkan diri ke maskapai.

Lalu, apabila penumpang membeli tiket dengan kartu kredit, maka pihak maskapai akan mengembalikan dana tiket lewat rekening kartu kredit nasabah selama maksimal 30 hari kalender.

Bagi penumpang yang memilih untuk dipindahkan ke penerbangan berikutnya, penumpang akan dibebaskan dari biaya tambahan, termasuk apabila maskapai memberikan peningkatan kelas layanan (misal dari ekonomi ke bisnis). Jika ada penurunan kelas layanan, maskapai akan memberikan selisih harga tiket antar layanan tersebut.

Baca juga : Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat dan Persyaratannya

Kompensasi Pesawat Terlambat dari Asuransi

kompensasi keterlambatan pesawat dari asuransi

Tahukah kamu, bahwa selain kompensasi pesawat terlambat dari maskapai, kamu juga akan mendapatkan kompensasi dari asuransi penerbangan. Tapi, kompensasi yang satu ini khusus diberikan kepada nasabah asuransi. Berikut adalah contoh kompensasi pesawat terlambat dari asuransi pesawat Fly Insurtech milik Simas Insurtech:

Kompensasi pesawat terlambat: nasabah mendapatkan kompensasi pesawat terlambat sebesar Rp500.000 jika penerbangan mengalami delay minimal 2 jam.

Kompensasi pesawat terlambat tersebut bisa dibilang lebih besar dari yang diberikan oleh maskapai. Pertama, kamu tidak perlu menunggu sampai 240 menit keterlambatan untuk mendapatkan uang tunai, cukup 2 jam saja. Kedua, uang santunan yang diberikan juga lebih besar dari yang diberikan maskapai, yaitu Rp500 ribu.

Manfaat Lain Asuransi Pesawat

Selain mendapatkan kompensasi pesawat terlambat, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti kompensasi kecelakaan selama penerbangan dengan asuransi pesawat.

Bagi kamu yang menginginkan proteksi lebih luas, kamu juga bisa membeli asuransi perjalanan Travi Insurtech dari Simas Insurtech. Tak hanya memberikan kompensasi pesawat terlambat, asuransi ini juga akan memberikan kompensasi keterlambatan bagasi, kecelakaan selama penerbangan, kehilangan dokumen penting, hingga evakuasi darurat.

Baca juga : Kompensasi Asuransi Keterlambatan Pesawat dan Cara Klaimnya

Pilih Asuransi Pesawat atau Asuransi Perjalanan?

Seperti yang sudah dijelaskan, ada dua jenis asuransi dengan manfaat kompensasi pesawat terlambat yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Mana yang terbaik? Jawabannya, kembali kepada kebutuhan kamu masing-masing.

Pasalnya, kedua produk tersebut menawarkan cakupan asuransi yang berbeda. Apabila asuransi pesawat hanya menanggung risiko pesawat terlambat dan kecelakaan penumpang, asuransi perjalanan menawarkan manfaat yang lebih luas. Tak hanya menanggung risiko kamu selama perjalanan udara, tetapi juga risiko kamu sepanjang perjalanan liburan atau dinas.

Namun, perlu kamu pahami bahwa karena cakupan asuransi perjalanan sangat luas, maka biaya premi yang harus kamu bayar juga lebih besar daripada asuransi pesawat. Oleh sebab itu, asuransi penerbangan lebih cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas dan ingin mengantisipasi keterlambatan pesawat.

Cara Beli Asuransi Pesawat

Setelah mengetahui kompensasi pesawat terlambat dari asuransi, mungkin kamu tertarik ingin membeli produk menarik yang satu ini. Untuk membeli produk asuransi pesawat tidak sulit, kamu hanya perlu mengakses situs web asuransi secara online. Berikut adalah langkah-langkah membeli produk Fly Insurtech dari Simas Insurtech:

  1. Mengakses https://simasinsurtech.com
  2. Memilih menu Produk > Fly Insurtech
  3. Membaca detail manfaat produk
  4. Mengisi formulir di bagian atas halaman produk
  5. Pihak asuransi akan menghubungi kamu terkait pembelian asuransi

Atau, jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa menghubungi call center Simas Insurtech melalui nomor Whatsapp di 08811090888.

Itulah penjelasan seputar kompensasi pesawat terlambat yang perlu diketahui sebelum memesan tiket pesawat. Yuk, persiapkan perjalanan kamu dengan asuransi pesawat!

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Moment Critical Eleven, Rawan Terjadi Kecelakaan Pesawat

29 August 2022

Seputar Asuransi

Takut Naik Pesawat? Ini Daftar Maskapai Teraman di Dunia 2021

29 August 2022

Seputar Asuransi

Mau Berpergian Naik Pesawat Terbang, Cari Tahu Dulu Aturan Terbaru di Berbagai Bandara

29 August 2022

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat dan Persyaratannya

29 August 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Perjalanan Internasional dan Manfaatnya

29 August 2022

Seputar Asuransi

Moment Critical Eleven, Rawan Terjadi Kecelakaan Pesawat

29 August 2022

Seputar Asuransi

Takut Naik Pesawat? Ini Daftar Maskapai Teraman di Dunia 2021

29 August 2022

Seputar Asuransi

Jadwal Penerbangan Pesawat Yang Terbaik

29 August 2022

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat dan Persyaratannya

29 August 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Perjalanan Internasional dan Manfaatnya

29 August 2022

Seputar Asuransi

Moment Critical Eleven, Rawan Terjadi Kecelakaan Pesawat

29 August 2022

Seputar Asuransi

Innovasi Maskapai Penerbangan Dunia, Sakarang Ada Area Tidur di Kelas Ekonomi

29 August 2022

Seputar Asuransi

Perubahan Prosedur Memesan Tiket Pesawat di Era New Normal

29 August 2022