Seputar Asuransi

Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

25 May 2022

klaim asuransi kecelakaan simas insurtech

Asuransi kecelakaan diri adalah produk asuransi yang penting bagi orang di usia produktif karena aktivitas di luar ruangan yang tinggi. Sayangnya, masih banyak yang ragu membeli produk ini karena dianggap ribet saat mengajukan klaim asuransi kecelakaan diri.

Sebenarnya, cara klaim asuransi kecelakaan diri sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi dari pihak asuransi dan membaca persyaratan asuransi di polis dengan benar. Untuk memahami prosedur klaim yang jelas, mari simak ulasannya di dalam artikel berikut.
Umumnya, maskapai memang memberikan kompensasi seperti makan siang atau biaya penginapan jika terjadi keterlambatan. Namun, kamu bisa mendapatkan benefit lebih apabila memiliki asuransi keterlambatan pesawat. Apa saja kompensasinya dan bagaimana cara klaim asuransi ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya.
Baca juga : Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya.

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri

Cara klaim asuransi kecelakaan diri sederhana saja. Kamu hanya perlu melakukan tiga langkah berikut.

1. Segera melaporkan kejadian ke pihak asuransi

Begitu terjadi kecelakaan, sebaiknya tertanggung atau ahli waris segera melaporkan kejadian tersebut ke pihak asuransi. Cara klaim asuransi kecelakana pertama ini penting untuk kamu perhatikan, karena jika terlewat, bisa-bisa klaimmu hangus. Salah satu asuransi kecelakaan diri Persona Insurtech dari Simas Insurtech mensyaratkan pelaporan klaim maksimal 3×24 jam sejak terjadinya beserta detail soal kondisi tertanggung, apakah terluka atau meninggal dunia.
Apabila tertanggung meninggal dunia, pelaporan wajib dilakukan sebelum proses penguburan. Hal ini diperlukan karena perusahaan kemungkinan akan memeriksa jenazah untuk menentukan nilai pertanggungan. Sementara itu, apabila tertanggung mengalami cedera, maka wajib menuruti saran dokter terkait tindakan selanjutnya.

2. Mempersiapkan dokumen pendukung

Apabila telah melapor, segera menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang dipersyaratkan asuransi. Dokumen pendukung adalah berkas yang dibutuhkan asuransi untuk memproses klaim kamu. Lewat dokumen ini, perusahaan asuransi akan memvalidasi kebenaran klaim serta mengurus pembayaran asuransi.
Baca juga : Moment Critical Eleven, Rawan Terjadi Kecelakaan Pesawat.
Berikut adalah contoh dokumen pendukung yang diwajibkan oleh asuransi Persona Insurtech:

  • Kuitansi premi atau polis yang asli beserta dokumen pendukung lainnya.
  • Surat keterangan dari rumah sakit atau dokter yang menjabarkan keterangan tentang cedera fisik tertanggung akibat kecelakaan.
  • Surat keterangan lain yang diminta oleh Simas Insurtech.

Perlu dicatat bahwa batas waktu pengajuan klaim dan dokumen ini adalah 3 bulan. Apabila lewat 3 bulan kamu tidak mengurus klaim, maka asuransi tidak akan memproses klaim kamu.

3. Menunggu verifikasi asuransi

Langkah terakhir dari cara klaim asuransi kecelakaan adalah menunggu verifikasi dari pihak asuransi. Apabila klaim kamu diterima, maka pihak asuransi akan mengirimkan dana klaim ke rekening kamu.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Beli Asuransi Kecelakaan Diri

Tidak semua orang bisa mendaftar asuransi kecelakaan. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebagai syarat menjadi tertanggung. Selain itu, profesi yang kamu geluti juga nantinya akan berpengaruh pada premi yang harus dibayar. Maka, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kecelakaan, simak contoh persyaratan daftar asuransi kecelakaan Persona Insurtech dari Simas Insurtech berikut ini.

1. Usia tertanggung

Seperti kebanyakan produk lain, Persona Insurtech menerima tertanggung usia produktif, yaitu orang yang berusia antara 18 tahun sampai dengan 60 tahun. Orang-orang di rentang usia tersebut memang yang paling membutuhkan asuransi kecelakaan karena banyak beraktivitas di luar rumah.
Sebagai catatan, penggantian tersebut diberikan apabila penerbangan mengalami delay minimal 2 jam.
Baca juga : Keteledoran pejalan kaki yang sering menimbulkan kecelakaan.

2. Wilayah tertanggung

Cakupan wilayah asuransi kecelakaan pada umumnya bervariasi, beberapa hanya menanggung wilayah di dalam negeri saja. Namun, Persona Insurtech menanggung resiko kecelakaan di seluruh dunia selama 24 jam.

3. Pekerjaan tertanggung

Pekerjaan atau profesi tertanggung ini nantinya akan mempengaruhi besaran premi yang harus dibayar. Semakin berisiko pekerjaan kamu, maka semakin besar juga biaya premi yang akan dibebankan di awal. Ada empat tingkatan kelas yang diklasifikasikan berdasarkan risiko, yaitu:
Kelas I: profesi yang sering berada di dalam kantor, seperti akuntan atau bankir.
Kelas II: profesi yang sering bepergian, dengan risiko ringan, seperti aktris atau dokter.
Kelas III: profesi yang bekerja di lapangan seperti insinyur.
Kelas IV: profesi yang melakukan pekerjaan kasar seperti montir, mandor, sipil.
Ada juga profesi yang tidak masuk keempat golongan tersebut karena punya risiko kerja yang lebih tinggi lagi. Beberapa contohnya adalah pemadam kebakaran, pekerja tambang, hingga anak buah kapal. Kategori pekerjaan ini biasanya akan diberikan perhitungan premi khusus oleh asuransi.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri

manfaat asuransi kecelakaan diri

Berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh produk asuransi kecelakaan diri:

Santunan meninggal dunia

Apabila setelah kecelakaan tertanggung meninggal dunia, asuransi akan mencairkan sejumlah dana santunan kepada keluarga yang ditinggalkan. Ahli waris bisa mengurus proses klaim.
Baca juga : Kecelakaan Diri Yang “Menghantui”.

Santunan cacat tetap

Asuransi juga memberikan santunan cacat tetap akibat kecelakaan. Biasanya, besaran santunan diberikan berdasarkan bagian tubuh yang mengalami cacat. Apabila tertanggung mengalami cacat tetap seluruh tubuh, maka uang pertanggungan akan cair 100 persen. Sementara, apabila hanya sebagian tubuh, santunan diberikan secara proporsional. Semakin banyak bagian yang mengalami cacat tetap, maka semakin besar pula santunannya. Simak detailnya pada tabel berikut:
Perlu dicatat bahwa jika tertanggung adalah orang yang kidal, maka persentase pencairan dibalik antara bagian tubuh kanan dan kiri.

Biaya perawatan medis

Kecelakaan juga dapat menimbulkan cedera fisik yang membutuhkan perawatan medis di rumah sakit. Biaya perawatan tersebut akan ditanggung oleh asuransi kecelakaan diri.

Pengecualian Asuransi Kecelakaan Diri

Perlu dipahami bahwa dalam asuransi, tidak semua jenis kecelakaan bisa ditanggung. Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kecelakaan Indonesia, ada beberapa kondisi penyebab kecelakaan yang bisa membatalkan klaim, yaitu:

  • Olahraga ekstrem dan beladiri, seperti bungee jumping, mendaki gunung, olahraga air, olahraga udara, hingga berburu binatang.
  • Tertanggung melakukan tindakan kriminal.
  • Kecelakaan yang disengaja, baik oleh tertanggung maupun orang suruhan.
  • Tertanggung sedang dalam tugas militer atau kepolisian.
  • Dalam kondisi kerusuhan, pemogokan, dan huru-hara.
  • Tindakan pembunuhan, penganiayaan, pemerkosaan.
  • Menumpang perjalanan udara, selain penerbangan resmi terjadwal dari maskapai yang memiliki izin terbang (tertanggung harus memiliki tiket resmi).

Tips Memilih Asuransi Kecelakaan Diri

Sebelum membeli, simak beberapa tips memilih produk asuransi kecelakaan diri terbaik berikut ini.

1. Cek rekam jejak asuransi

Pastikan asuransi yang menerbitkan produk asuransi kamu merupakan perusahaan tepercaya dengan pengalaman puluhan tahun di asuransi. Kamu bisa melakukan riset kecil melalui search engine terkait perusahaan tersebut.
Baca juga : Penyebab utama Kecelakaan di Jalan Raya.

2. Bandingkan manfaat dan premi yang harus dibayar

Bandingkan manfaat uang santunan dengan premi yang harus kamu bayar. Cari produk dengan manfaat dan premi yang setara. Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang kamu sediakan.

3. Cari asuransi yang mudah diakses secara online

Kemudahan akses asuransi kini menjadi hal yang penting. Kamu bisa menghemat banyak tenaga dan waktu apabila memilih asuransi dengan fasilitas daftar dan klaim online seperti produk Persona Insurtech dari Simas Insurtech. Untuk mengetahui fitur ini lebih lanjut, kamu bisa tanyakan kepada agen terkait prosedur dan cara klaim asuransi kecelakaan secara online.

Asuransi Kecelakaan Diri Persona Insurtech

Asuransi kecelakaan diri Persona Insurtech adalah produk dari Simas Insurtech yang memiliki banyak keunggulan. Pertama, cara klaim asuransi kecelakaan diri yang satu ini sangat mudah. Kamu bisa melakukannya secara online, dengan melaporkan kejadian melalui customer service via Whatsapp 0881 1090 888 dan mengirimkan dokumen pendukung melalui email Simas Insurtech di info@simasinsurtech.com
Demikian ulasan mengenai cara klaim asuransi kecelakaan diri. Bagaimana, apa kamu tertarik membeli produk ini?

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri dan Tips Memilihnya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

25 May 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Atap Gedung Parkir di Bandara Soetta Tiba-Tiba Runtuh, Apa Ada Korban?

25 May 2022

Seputar Asuransi

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Rutinitas Wajib Biar Sehat dan Semangat Bersepeda

25 May 2022

Seputar Asuransi

Lebih Mematikan Dari Pada Corona, Dua Nyawa Melayang Tiap Jam Karena Kecelakaan Lalu Lintas

25 May 2022

Seputar Asuransi

keteledoran pejalan kaki yang sering menimbulkan kecelakaan

25 May 2022

Seputar Asuransi

Saat Terjadi Kecelakaan Pengendara Tak Perlu Ribut, Kenapa?

25 May 2022

Seputar Asuransi

Rutinitas Wajib Biar Sehat dan Semangat Bersepeda

25 May 2022

Seputar Asuransi

Atap Gedung Parkir di Bandara Soetta Tiba-Tiba Runtuh, Apa Ada Korban?

25 May 2022

Seputar Asuransi

Asuransi Kecelakaan Diri Si Murah Yang Sering Terlupakan

25 May 2022

Seputar Asuransi

Pria harus bisa jaga diri

25 May 2022

Seputar Asuransi

keteledoran pejalan kaki yang sering menimbulkan kecelakaan

25 May 2022

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri dan Tips Memilihnya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

25 May 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri dan Tips Memilihnya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

25 May 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

25 May 2022

Seputar Asuransi

Atap Gedung Parkir di Bandara Soetta Tiba-Tiba Runtuh, Apa Ada Korban?

25 May 2022