Travel

Apa Itu Asuransi Perjalanan Umroh dan Bagaimana Cara Kerjanya?

20 September 2022

asuransi perjalanan umroh

Perjalanan umroh adalah ibadah yang menjadi cita-cita banyak umat muslim. Namun, untuk mewujudkannya, diperlukan perencanaan keuangan yang matang. Sebab, ada banyak biaya yang harus dipersiapkan, belum lagi risiko selama di perjalanan.

Asuransi perjalanan umroh adalah produk keuangan yang wajib masuk ke dalam perencanaan kamu sebelum berangkat ibadah. Pasalnya, produk ini bisa memberikan sejumlah keuntungan atas risiko kecelakaan dan risiko lainnya selama perjalanan umroh. Bagaimana cara kerja dan cara membeli produk ini? Mari simak penjelasan lengkapnya di dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu Asuransi Perjalanan Umroh?

Asuransi perjalanan umroh adalah produk keuangan yang memberikan manfaat berupa ganti rugi atas risiko yang terjadi selama perjalanan umroh. Asuransi umroh tergolong ke dalam asuransi perjalanan.

Lalu, risiko apa saja yang ditanggung oleh asuransi perjalanan umroh? Kurang lebih, jawabannya tidak jauh berbeda dengan asuransi perjalanan pada umumnya, yaitu keterlambatan atau pembatalan penerbangan, kerusakan atau keterlambatan bagasi, kecelakaan, kehilangan dokumen penting, hingga risiko keperluan evakuasi medis.

Umumnya, ada batas klaim maksimal dalam mengajukan klaim asuransi perjalanan umroh. Jadi, jika melewati batas waktu tersebut, kamu tidak akan bisa mengajukan klaim lagi. Oleh sebab itu batasan waktu tersebut perlu kamu catat agar tidak terlewat.

Pentingnya Membeli Asuransi Perjalanan Umroh

Perjalanan umroh adalah perjalanan jauh yang memakan cukup banyak biaya, mulai dari tiket pesawat, biaya akomodasi selama di sana, hingga biaya mengurus dokumen seperti paspor dan visa.
Selain keperluan biaya di atas, terdapat beberapa risiko yang membuat kamu harus mengeluarkan biaya tambahan. Dengan memiliki asuransi perjalanan umroh, risiko-risiko di atas akan ditanggung. Berikut adalah penjelasan lengkapnya soal pentingnya asuransi umroh.

1. Menggantikan penghasilan keluarga atas risiko kecelakaan

Perjalanan umroh adalah perjalanan yang tidak dekat. Ada risiko kecelakaan selama perjalanan, atau selama berada di tanah suci. Jika kamu adalah tulang punggung keluarga yang akan pergi umroh, asuransi perjalanan umroh bisa jadi produk yang penting karena jika terjadi musibah, asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan kepada keluarga yang ditinggalkan.

2. Mendapatkan bantuan dana untuk mengurus dokumen hilang

Kehilangan paspor di negara orang tentu menjadi masalah yang tidak mudah. Kamu membutuhkan dana lebih untuk mengurus dokumen tersebut. Nah, pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang kompensasi atas kehilangan dokumen.

3. Mengganti kerugian atas kerusakan atau kehilangan bagasi

Saat berada di perjalanan udara, barang yang kamu titipkan di bagasi berisiko mengalami kerusakan atau bahkan hilang. RIsiko tersebut bisa menimbulkan kerugian finansial, oleh sebab itu asuransi perjalanan umumnya akan memberikan ganti rugi kepada tertanggung.

4. Mengganti kerugian karena pesawat terlambat

Dalam perjalanan udara, terkadang pesawat mengalami keterlambatan atau bahkan pembatalan penerbangan. Kondisi ini menimbulkan kerugian waktu hingga uang bagi para penumpang. Maskapai sebenarnya wajib memberikan kompensasi berupa makanan atau uang (tergantung lamanya keterlambatan). Namun, jika kamu memiliki asuransi perjalanan umroh, kamu akan mendapatkan dana tambahan dari asuransi.

5. Mempermudah proses evakuasi medis darurat

Saat berada di negara seberang, ada risiko medis yang bisa menyerang kapan saja. Misalnya tiba-tiba jatuh sakit selama perjalanan sehingga harus segera pulang secara mendadak. Asuransi perjalanan akan menanggung biaya perjalanan dadakan tersebut.

Baca juga : Traveling Jangan Sampai Mengganggu Orang Lain, Simak Tipsnya!

Cara Membeli Asuransi Perjalanan Umroh

cara membeli asuransi perjalanan umroh
Tertarik membeli asuransi perjalanan umroh? Berikut adalah beberapa langkah untuk membeli produk keuangan yang satu ini.

1. Memilih perusahaan asuransi

Pertama-tama, kamu perlu memilih perusahaan asuransi yang kompeten terlebih dahulu. Sebaiknya, pilih asuransi dengan nama yang kamu kenal dan rekam jejak yang baik, misalnya Simas Insurtech.

2. Menentukan kapan akan berangkat

Sebelum membeli asuransi, kamu juga perlu menentukan kapan periode umroh yang akan kamu ambil.

3. Menentukan jumlah peserta asuransi

Kamu perlu menentukan berapa jumlah peserta umroh yang akan diasuransikan. Jumlah peserta ini nantinya akan mempengaruhi besaran premi dan uang pertanggungan yang kamu dapatkan.

4. Menghubungi pihak asuransi

Setelah itu, kamu bisa menghubungi pihak asuransi, baik dengan mengisi formulir di website perusahaan atau menghubungi nomor kontak perusahaan. Setelah itu, kamu bisa berkonsultasi seputar kebutuhan produk asuransi perjalanan umroh kepada pihak perusahaan.

5. Membaca polis dengan teliti

Jika sudah sepakat untuk membeli asuransi, pihak perusahaan akan mengirimkan dokumen polis, yaitu dokumen yang berisikan ketentuan produk asuransi yang harus disepakati kedua pihak, yaitu pihak asuransi dan pihak nasabah. Pastikan kamu mempelajari dokumen polis dengan teliti dan membaca setiap bagiannya. Pasalnya, pemahaman kamu seputar produk akan memengaruhi kelancaran proses klaim di masa depan. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak asuransi jika ada informasi dalam dokumen polis yang kurang jelas.

6. Membayar premi

Apabila kamu sudah sepakat dengan setiap pasal di dalam dokumen polis, kamu bisa segera membayar premi yang sudah ditentukan perusahaan asuransi.

Baca juga : 5 Tips Jaga Uang Tetap Aman saat Traveling

Tips Sebelum Berangkat Umroh

Sebelum berangkat umroh, kamu perlu memahami beberapa tips berikut ini.

1. Memahami cuaca di Arab Saudi di waktu umroh

Memahami cuaca dan musim di daerah tujuan membuat kita bisa mempersiapkan kebutuhan yang sesuai sebelum berangkat. Di Arab Saudi, ada dua musim saja, yaitu musim panas dan musim dingin dan jarang terjadi hujan.

2. Memahami aturan di Arab Saudi

Setiap negara memiliki aturan dan normanya masing-masing. Di Arab Saudi, pakaian wanita di tempat publik harus sopan dan menutup aurat. Kamu juga tidak boleh bermesraan dengan pasangan di depan umum, juga tidak boleh membawa, membeli, maupun mengonsumsi minuman beralkohol selama berada di sana.

3. Mempelajari kebiasaan masyarakat Arab

Ada beberapa kebiasan orang Arab yang perlu dipahami pendatang. Misalnya, cara bicara masyarakat yang cenderung bersuara keras.

4. Menyiapkan kesehatan fisik dan bawa obat pribadi

Perjalanan umroh akan menguras banyak energi. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menyiapkan fisik dengan rutin berolahraga sebelum berangkat. Pastikan juga membawa obat-obatan pribadi saat berangkat.

Baca juga : Tips Merapikan Bagasi Saat Traveling Overseas

Asuransi Perjalanan Travi Insurtech dari Simas Insurtech

Salah satu asuransi perjalanan terbaik yang bisa kamu pertimbangkan adalah Travi Insurtech dari Simas Insurtech. Produk ini menawarkan proteksi perjalanan yang luas, mulai dari risiko keterlambatan pesawat, keterlambatan bagasi, kehilangan harta benda dan dokumen, kecelakaan, hingga evakuasi darurat.

Selain itu, Travi Insurtech juga menawarkan layanan klaim online. Jadi, kamu bisa mengajukan klaim uang pertanggungan kapan saja dan di mana saja. Praktis, bukan?

Demikian penjelasan seputar asuransi perjalanan umroh yang penting diketahui setiap calon jamaah umroh. Sudahkah siapkan perjalanan kamu dengan baik?

Artikel Lainnya

Travel

Pentingnya Asuransi Perjalanan ke Malaysia Sebelum Jalan-jalan

20 September 2022

Travel

Persiapkan Asuransi Perjalanan ke Singapura Sebelum Liburan!

20 September 2022

Travel

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat dan Persyaratannya

20 September 2022

Travel

Pengertian Asuransi Perjalanan Internasional dan Manfaatnya

20 September 2022

Travel

Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Visa Schengen Sebelum ke Eropa

20 September 2022

Travel

Segitiga Bermuda yang Misterius Mulai Terpecahkan

20 September 2022

Travel

Istilah Baru Kekinian yang Sering Digunakan di Dunia Travel

20 September 2022

Travel

Jangan Takut Memulai, Ini Tips Backpacker untuk Pemula

20 September 2022

Travel

Traveling Tetap Hemat, Ini Dia Triknya!

20 September 2022

Travel

Tips Backpacker Anti Ribet Ke Luar Negeri

20 September 2022

Travel

Rincian Biaya Liburan ke Bali 2022 dan Cara Menghitungnya

20 September 2022

Travel

Pentingnya Asuransi Perjalanan ke Malaysia Sebelum Jalan-jalan

20 September 2022

Travel

Persiapkan Asuransi Perjalanan ke Singapura Sebelum Liburan!

20 September 2022

Travel

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Internasional Terbaik

20 September 2022

Travel

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat dan Persyaratannya

20 September 2022