Seputar Asuransi

Rekomendasi Asuransi Kendaraan Terbaik dan Cara Daftarnya

27 June 2022

rekomendasi asuransi kendaraan terbaik

Asuransi kendaraan adalah produk keuangan yang perlu dimiliki setiap pemilik mobil. Pasalnya, mobil adalah benda bergerak yang punya risiko tinggi untuk rusak saat dikendarai di jalanan yang padat.

Ada banyak asuransi kendaraan di Indonesia. Namun, apa rekomendasi asuransi kendaraan terbaik yang bisa kamu dapatkan? Simak ulasannya berikut ini.

Rekomendasi Asuransi Kendaraan Terbaik

Ciri asuransi kendaraan terbaik adalah yang memiliki manfaat luas dan layanan klaim online agar memudahkan kamu untuk berkonsultasi dan mengajukan klaim. Salah satu rekomendasi asuransi kendaraan terbaik adalah Mobil Insurtech dari Simas Insurtech.
Baca juga : 4 Hal Penting Saat Mencari Asuransi Kendaraan.
Produk yang satu ini menawarkan pertanggungan kerusakan mobil sebagian hingga kerusakan total, kehilangan mobil, serta menanggung biaya tanggung jawab hukum pihak ketiga. Selain itu, Mobil Insurtech menyediakan layanan konsultasi hingga klaim secara online. Kamu bisa berkomunikasi dengan customer service Simas Insurtech melalui Whatsapp saja!
Proses menyerahkan dokumen pendukung klaim juga tidak perlu dicetak dan dibawa ke kantor asuransi lagi. Kamu hanya perlu menyiapkan dokumen softcopy dan mengirimkannya melalui email ke info@simasinsurtech.com. Praktis, bukan?

Jenis-jenis Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan dibedakan berdasarkan cakupan manfaatnya. Simak penjelasan tentang jenis asuransi kendaraan terbaik berikut ini.

1. Asuransi kendaraan all risk

Asuransi kendaraan all risk atau biasa disebut comprehensive adalah jenis asuransi yang akan menanggung segala jenis kerusakan pada mobil, mulai dari rusak kecil seperti lecet dan baret, hingga kerusakan besar seperti penyok. Selain itu, asuransi ini juga menanggung risiko kehilangan mobil.
Baca juga : Dengan Simas Insurtech Klaim Asuransi Kendaraan, Jadi Mudah.
Asuransi all risk adalah jenis dengan luasan paling besar. Oleh sebab itu, premi asuransi ini relatif lebih tinggi daripada asuransi TLO dan cocok digunakan untuk mengasuransikan mobil baru.

2. Asuransi kendaraan TLO

Asuransi TLO atau total loss only adalah asuransi yang hanya akan menanggung kerusakan parah pada mobil (di atas 75 persen dari nilai mobil) dan kehilangan mobil saja. Makanya, premi asuransi TLO bisa dibilang lebih rendah.
Asuransi TLO bisa dipakai untuk memproteksi kendaraan yang berusia maksimal 15 tahun. Sehingga, produk ini cocok jika kamu ingin mengasuransikan mobil lama atau mobil bekas yang baru kamu beli.

Manfaat Asuransi Kendaraan Terbaik

Bagi pemilik mobil, asuransi kendaraan terbaik akan memberikan banyak manfaat dalam hal pengelolaan risiko keuangan. Berikut adalah beberapa luasan manfaat dari produk ini.
Baca juga : Apa Yang Dimaksud Asuransi Kendaraan All Risk?.

1. Pertanggungan kerusakan mobil

Asuransi kendaraan akan memberikan ganti rugi untuk kerusakan mobil, mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan parah (tergantung jenis asuransi). Jadi, kamu hanya tinggal datang ke bengkel rekanan, menyertakan dokumen pendukung, dan mobil kamu akan diperbaiki oleh bengkel setelah asuransi kamu terverifikasi. Namun, perlu dicatat, dalam asuransi kendaraan terdapat aturan own risk, di mana kamu tetap perlu membayar Rp200-300 ribu rupiah per kejadian klaim.

2. Ganti rugi jika mobil hilang

Memiliki kendaraan menimbulkan risiko kehilangan mobil karena dicuri. Asuransi kendaraan terbaik akan memberikan ganti rugi sebesar jumlah nilai mobil apabila kamu kehilangan kendaraan.

3. Tanggung jawab hukum pihak ketiga

Saat mengendarai mobil, pengemudi berisiko menimbulkan kerugian kepada orang lain, misalnya mencederai fisik atau merusak mobil orang lain karena tabrakan. Kondisi tersebut bisa menimbulkan tuntutan hukum dari pihak ketiga. Nah, ada beberapa asuransi kendaraan yang akan mengganti biaya ganti rugi ke pihak ketiga.

Pentingnya Asuransi Kendaraan

rekomendasi untuk asuransi kendaraan terbaik

Mengapa memiliki asuransi kendaraan penting? Berikut adalah alasannya.
Baca juga : Salah Paham Yang Sering Terjadi Tentang Asuransi Kendaraan.

1. Mengantisipasi risiko pengeluaran mendadak

Terdapat banyak risiko pengeluaran mendadak ketika kamu memiliki mobil. Misalnya, kamu sedang menyetir dan tidak sengaja menyerempet mobil orang lain. Kamu bisa menghabiskan jutaan hanya untuk perbaikan mobil di bengkel. Dengan asuransi kendaraan, kini risiko tersebut tidak perlu lagi kamu khawatirkan.

2. Menjaga nilai aset mobil

Kehilangan mobil adalah musibah yang paling tidak diinginkan, terlebih harganya yang bisa mencapai ratusan juta. Asuransi kendaraan dapat mempertahankan nilai tersebut karena akan memberikan ganti rugi jika nasabah kehilangan mobilnya.

3. Mengantisipasi risiko tuntutan hukum

Saat tak sengaja menabrak mobil lain, kamu bisa mendapatkan tuntutan hukum jika tak mau memberikan ganti rugi. Risiko ganti rugi tersebut akan ditanggung oleh penyedia asuransi kendaraan.
Baca juga : 7 Tips Memilih Asuransi kendaraan Anda.

4. Membuat hati lebih tenang ketika berkendara

Saat mengendarai mobil baru, pasti ada perasaan was-was, terlebih kalau kamu baru belajar mengendarai mobil. Jika memiliki asuransi kendaraan, pikiran kamu akan lebih tenang karena risiko kerusakan bisa ditanggung asuransi.

Cara Daftar Asuransi Kendaraan Terbaik

Cara daftar asuransi kendaraan terbaik kini mudah, kamu bisa mengajukan pembelian asuransi secara online. Salah satu asuransi kendaraan yang menawarkan layanan online adalah Mobil Insurtech dari Simas Insurtech. Berikut adalah langkah-langkah pendaftarannya.

1. Hubungi perusahaan asuransi

Hubungi perusahaan asuransi melalui service center online-nya, misalnya saja melalui Whatsapp Simas Insurtech di 08811090888. Atau, kamu juga bisa mengisi formulir di situs resminya. Setelah itu, konsultasikan mengenai kebutuhan asuransi kamu kepada agen.

2. Sesuaikan dengan persyaratan

Tanyakan syarat apa saja yang perlu dipenuhi sebelum membeli asuransi, misalnya biaya atau perhitungan premi asuransi, sistem pembayaran asuransi, jenis dan usia mobil yang bisa diasuransikan, hingga wilayah kamu.
Baca juga : Gunakan Asuransi Mobil untuk Melindungi Kendaraan Kamu.

3. Baca polis dengan teliti

Saat akan membeli asuransi, biasanya pihak asuransi memberikan waktu untuk membaca dokumen polis asuransi (free look period). Bacalah polis dengan teliti dan jangan ragu bertanya kepada agen saat menemukan istilah yang kurang bisa dipahami. Jika selama free look period kamu kurang cocok dengan aturan yang ditawarkan, kamu bisa membatalkan pembelian tanpa kena biaya.

4. Melakukan pembayaran premi

Sudah cocok dengan manfaat dan persyaratan yang ditawarkan? Kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran premi oleh agen. Perhitungan premi dilakukan berdasarkan jenis kendaraan, wilayah kamu, dan harga kendaraan. Biasanya, premi dibayar secara langsung di awal untuk masa perlindungan satu tahun.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Terbaik

Ada banyak asuransi kendaraan di Indonesia. Bagaimana sih cara memilih asuransi kendaraan terbaik? Simak beberapa tips berikut!

1. Cek usia mobil

Biasanya, perusahaan asuransi memberikan batasan usia mobil maksimal, misalnya asuransi Simas Insurtech memberikan batas maksimal 10 tahun untuk asuransi all risk dan 15 tahun untuk asuransi total loss only atau TLO. Pastikan usia mobil kamu memenuhi syarat tersebut.
Baca juga : Tips Agar Klaim Kendaraan Karena Kebanjiran Diterima Asuransi.

2. Sesuaikan manfaat dengan kebutuhan

Ada berbagai varian manfaat yang ditawarkan produk-produk asuransi di pasaran. Selain pertanggungan kerusakan mobil, ada juga yang memberikan benefit penggantian biaya taksi selama mobil diperbaiki. Biasanya, semakin luas manfaatnya maka semakin tinggi pula premi yang harus kamu bayarkan. Oleh sebab itu, pilihlah asuransi yang menawarkan manfaat sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Pilih asuransi dengan layanan online

Dengan memilih asuransi yang menyediakan layanan klaim online, kamu tidak perlu lagi repot-repot mencetak dokumen dan datang ke kantor asuransi. Kamu hanya perlu menginfokan kejadian klaim secara online dan mengirimkan soft file melalui email asuransi. Fasilitas ini tentu bisa menghemat waktu dan energi kamu.
Itulah ulasan mengenai asuransi kendaraan terbaik. Ingat, sebelum membeli asuransi, pastikan kamu sudah membaca dan memahami polis dengan baik, ya!

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

27 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Mobil Banjir, Ikuti Syarat Ini Dulu!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Asuransi Mobil Hilang dan Cara Klaimnya agar Disetujui

27 June 2022

Seputar Asuransi

Rincian Biaya Perbaikan Mobil Lecet di Bengkel Terbaru

27 June 2022

Seputar Asuransi

Bisakah Klaim Asuransi Mobil karena Kesalahan Sendiri?

27 June 2022

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

27 June 2022

Seputar Asuransi

Tips Klaim Asuransi Mobil agar Tidak Ditolak, Cek di Sini!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Pahami Contoh Polis Asuransi Mobil Sebelum Membelinya!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Hitung Biaya Asuransi Mobil dan Simulasi Preminya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Perhitungan Preminya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

27 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Mobil Banjir, Ikuti Syarat Ini Dulu!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Asuransi Mobil Hilang dan Cara Klaimnya agar Disetujui

27 June 2022

Seputar Asuransi

Rincian Biaya Perbaikan Mobil Lecet di Bengkel Terbaru

27 June 2022

Seputar Asuransi

5 Tips Membeli Asuransi Mobil Bekas agar Tidak Salah Pilih

27 June 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Contoh Surat Kuasa Klaim Asuransi Mobil dan Tips Klaim

27 June 2022

Seputar Asuransi

Apa Itu Asuransi Mobil Hilang dan Cara Klaimnya agar Disetujui

27 June 2022

Seputar Asuransi

5 Tips Membeli Asuransi Mobil Bekas agar Tidak Salah Pilih

27 June 2022

Seputar Asuransi

Pahami Contoh Polis Asuransi Mobil Sebelum Membelinya!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Hitung Biaya Asuransi Mobil dan Simulasi Preminya

27 June 2022