Seputar Asuransi

Protokol Kesehatan Yang Wajib Dilakukan di Tempat Wisata

29 June 2020

protokol kesehatan di tempat wisata

 

Traveler yang sudah bosan di rumah saja pasti mulai memikirkan untuk kembali wisata. Namun sebelum jalan-jalan ada beberapa protokol kesehatan yang perlu kamu ketahui dulu.


Di tempat wisata ada sejumlah protokol yang harus dipatuhi sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dalam keadaan sehat

Semua tempat wisata di daerah yang terdampak Covid-19 kini mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki tempat wisata yang ada. Pengunjung juga harus dalam keadaan sehat tidak sedang mengalami flu atau sakit lainnya.

Mencuci tangan

Selain pemeriksaan suhu tubuh, tempat-tempat wisata juga diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan di tempat umum. Karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa mencuci tangan dinilai adalah cara paling mudah dan efektif untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hindari menyentuh wajah

Selain menjaga kebersihan tangan, menghindari menyentuh area wajah juga sangat penting untuk meminimalisi risiko terpapar virus Covid-19. Karena mungkin sering kali secara tidak sadar tangan kita menyentuh sesuatu yang bisa saja telah terpapar virus atau kuman.

Gunakan masker

Seperti yang disarankan oleh WHO penggunaan masker saat ini memang diwajibkan di berbagai negara. Hal ini dilakukan demi menekan risiko penyebaran virus corona yang menjadi isu dunia saat ini.

Jaga jarak

Saat ini baik tempat wisata maupun tempat lain yang berisiko menimbulkan kerumunan orang banyak telah menetapkan sistem kuota. Sehingga jumlah pengunjung hanya boleh 50% dari kapasitas yang seharusnya. Dengan menerapkan sistem kuota ini, diharapkan para pengunjung dapat menerapkan protokol jaga jarak antar para pengunjung.

Rajin mandi

Setiap kali habis berpergian keluar rumah, mandi menjadi kewajiban dikondisi saat ini. Mungkin dulu pulang terlalu malam, ada orang-orang yang akan melewatkan mandi dan langsung beristirahat karena kelelahan. Tapi kini hal seperti itu tidak boleh dilakukan lagi. Mandi menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan setelah berpergian keluar rumah.

Bersihkan barang-barang pribadi

Tanpa disadari barang-barang pribadi yang kita miliki seperti handphone, tas atau botol minum bisa menjadi wadah penularan virus dan bakteri. Maka dari itu sebaiknya kamu membersihkan barang-barang pribadimu secara berkala, agar virus dan bakteri bisa mati dan tidak menempel di barang-barang pribadimu.

Sumber: detik.com dengan judul “Infografis: 7 Protokol Kesehatan di Tempat Wisata”