Seputar Asuransi

Plus-Minus Asuransi Hewan Peliharaan

12 January 2023

anjing kecil

Asuransi hewan peliharaan dapat dikatakan sebagai pendatang baru di dunia perlindungan asuransi. Kehadirannya melengkapi layanan seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, dan produk asuransi lain yang lebih dulu menghadirkan perlindungan bagi masyarakat. Itu sebabnya masih banyak orang yang belum sepenuhnya mendapat informasi lengkap mengenai layanan asuransi ini, termasuk plus dan minusnya.

Bagi konsumen yang cerdas, pemahaman mengenai produk atau layanan yang akan dibeli tentu menjadi kebutuhan. Termasuk ketika hendak membeli asuransi buat hewan peliharaan yang disayangi di rumah. Ikatan emosional yang kuat menjadi alasan utama untuk memberikan perlindungan asuransi terbaik bagi hewan yang dipelihara.

Ada banyak jenis hewan yang bisa dijadikan peliharaan. Makin ke sini, hewan yang sebelumnya tak lazim dipelihara pun dibuatkan kandang dan disayang-sayang, seperti marmut, iguana, bahkan ular. Namun bukan berarti semua hewan yang dipelihara bisa diasuransikan.

Kebanyakan manfaat asuransi hewan peliharaan hanya tersedia bagi anjing dan kucing, dua satwa yang kerap diasuh layaknya anggota keluarga sendiri di berbagai rumah tangga. Anjing dan kucing yang dapat menerima perlindungan asuransi pun hanya yang sesuai dengan persyaratan, terutama dilengkapi sertifikat atau surat yang menjelaskan identitas satwa tersebut.

Bila Anda hendak menggunakan layanan asuransi untuk melindungi anjing atau kucing peliharaan kesayangan, pastikan sudah memahami apa saja plus dan minusnya alias kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Asuransi Hewan Peliharaan

Asuransi hewan menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat yang memiliki peliharaan di rumah. Sebab, ada sejumlah kelebihan asuransi hewan peliharaan yang bermanfaat bagi pemilik hewan. Berikut ini beberapa di antaranya:

Memberikan rasa tenang kepada pemilik

Pastinya tidak ada yang mau anjing atau kucing yang dipelihara dengan penuh kasih sayang di rumah tiada. Tapi umur tak bisa ditebak, termasuk umur hewan peliharaan. Asuransi hewan peliharaan hadir antara lain karena ungkapan itu.

Kadang, meski telah dirawat sebaik-baiknya, anjing yang telah menjadi bagian dari keluarga bisa saja celaka tanpa diduga. Misalnya ketika hendak dibawa berjalan-jalan pagi tiba-tiba ada truk yang remnya blong dan lantas menyerempet anjing tersebut hingga tewas.

Tak hanya sedih, mungkin pemiliknya menderita kerugian yang besar lantaran dulu merogoh kocek cukup dalam untuk membeli anjing tersebut. Dalam hal inilah asuransi hewan peliharaan bisa memberikan manfaat. Bila anjing kesayangan itu telah diasuransikan, pemiliknya bisa menerima sejumlah dana santunan atas meninggalnya hewan peliharaan tersebut.

Mengatasi risiko kerugian finansial pemilik

Selain itu, asuransi hewan peliharaan akan memberikan uang pertanggungan bila hewan tersebut hilang karena alasan-alasan tertentu. Misalnya kucing dicuri ketika semua penghuni rumah tengah tidur pada malam hari di area rumah. Hilangnya hewan itu karena tindakan jahat berupa pengambilan paksa atau disertai kekerasan termasuk risiko yang dijamin asuransi.

Kelebihan lainnya adalah pemilik hewan bisa terbebas dari kewajiban memberikan ganti rugi bila hewan peliharaannya menyebabkan luka pada orang lain atau hewan peliharaan lain. Sebagai contoh, anjing piaraan mendadak lepas kendali dan menyerang orang yang sedang lewat di depan rumah. Alhasil, orang tersebut mengalami luka gigitan yang cukup parah hingga mesti dirawat di rumah sakit.

Dalam kasus itu, bila anjing diasuransikan, penyedia asuransilah yang akan memberikan ganti rugi kepada orang tersebut sebagai pihak ketiga. Demikian juga bila anjing tersebut menyerang anjing milik orang lain hingga menimbulkan luka. Pemilik dapat mengklaim uang pertanggungan sebagai ganti rugi kepada pemilik anjing yang diserang.

Baca juga : Cara Mencari Kucing Hilang dengan Cepat dan Aman

Meningkatkan nilai hewan peliharaan

Tidak sembarang hewan peliharaan yang bisa diasuransikan. Untuk bisa didaftarkan ke asuransi, hewan itu harus dilengkapi dengan surat atau sertifikat, dalam hal ini anjing yang punya stambul dan kucing yang punya sertifikat Indonesian Cat Association.

Jadi bisa dikatakan cuma hewan-hewan tertentu yang bisa memperoleh manfaat asuransi. Hewan ini memiliki nilai lebih daripada hewan lain yang tanpa sertifikat. Dengan demikian, nilai hewan yang dilindungi asuransi bisa dipatok lebih tinggi jika hendak dijual karena alasan tertentu.

anjing bersantai

Kekurangan Asuransi Hewan Peliharaan

Meski memiliki sederet kelebihan, asuransi hewan peliharaan juga digelayuti sejumlah kekurangan. Berikut ini contohnya:

Pilihan terbatas

Belum banyak layanan asuransi yang tersedia buat hewan peliharaan. Karena itu, pemilik hewan hanya punya pilihan terbatas untuk menentukan mana layanan yang bisa diberikan kepada peliharaan.

Berbeda dengan layanan asuransi lain yang lebih jamak seperti asuransi jiwa atau asuransi kendaraan bermotor, asuransi hewan peliharaan tak selalu disediakan sebagai produk yang ditawarkan perusahaan asuransi. Hanya beberapa penyedia asuransi tertentu yang paham akan kebutuhan pemilik dalam memberikan perlindungan maksimal buat hewan peliharaan yang disayangi.

Terdapat pengecualian

Asuransi untuk hewan ini disertai dengan pengecualian-pengecualian yang mesti menjadi perhatian. Sebelum membubuhkan tanda tangan persetujuan dan membayar premi, Anda harus mencermati polis yang antara lain mengatur hal-hal yang dikecualikan terkait dengan pemberian uang pertanggungan.

Tak jarang orang hanya berfokus pada manfaat asuransi hingga lalai tak menelaah pengecualian sehingga kecewa lantaran pengajuan klaimnya ditolak. Harus diingat bahwa asuransi hewan peliharaan selalu disertai syarat dan ketentuan pemberian uang pertanggungan layaknya layanan asuransi lain.

Dibatasi umur

Selain jenisnya, umur menjadi salah satu penentu apakah hewan peliharaan bisa diasuransikan atau tidak. Hewan harus mencapai umur tertentu untuk dapat diikutkan dalam layanan asuransi. Jadi misalnya kucing kesayangan Anda baru melahirkan, anak-anak kucing itu tak bisa segera dimasukkan sebagai peserta asuransi layaknya induknya.

Begitu pula saat hendak memperpanjang masa perlindungan atau melakukan renewal. Bila umur peliharaan belum cukup, ia tak bisa diasuransikan walau sebelumnya sudah masuk skema perlindungan.

Baca juga : 9 Cara Melatih Kucing agar Patuh dan Tips Merawatnya

Alasan Memiliki Asuransi Hewan Peliharaan

Terlepas dari adanya poin minus alias kekurangannya, asuransi hewan peliharaan tetap menjanjikan perlindungan yang dibutuhkan oleh pemiliknya. Bila ditimbang-timbang, poin plus alias kelebihannya lebih berat dari segi manfaat. Terutama terkait dengan poin ketenangan dan risiko finansial.

Pemilik tidak selalu bisa berada di dekat hewan peliharaannya meski sayang dan selalu ingin melindunginya dari segala mara bahaya. Dalam hal inilah asuransi hewan peliharaan berperan memberikan perlindungan meski tak secara kasatmata. Pemilik bisa lebih tenang ketika harus beraktivitas dan meninggalkan hewan kesayangannya. Terlebih jika hewan tersebut bernilai tinggi secara nominal.

Apalagi kini sudah ada asuransi hewan peliharaan dengan sederet pilihan paket perlindungan sesuai dengan kebutuhan dan premi yang terjangkau. Misalnya layanan Pet Insurtech dari Simas. Pet Insurtech adalah produk asuransi yang diperuntukkan bagi anjing dan kucing yang memberikan jaminan manfaat kematian akibat kecelakaan, kehilangan akibat pencurian, serta tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

Terdapat enam paket perlindungan yang bisa dipilih dengan premi hanya ratusan ribu rupiah. Jaminan perlindungan dari Pet Insurtech berlaku di semua wilayah Indonesia dan di tempat yang membolehkan hewan peliharaan dibawa. Keberadaan layanan asuransi ini dapat menjadi sarana untuk menyalurkan rasa sayang dan kepedulian kepada peliharaan.

Jadi bagi Anda yang memiliki si Blackie, si Manis, dan kawan-kawan yang Anda sayangi, asuransi hewan peliharaan dari Pet Insurtech bisa dipertimbangkan sebagai wujud kasih sayang.

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

12 January 2023

Seputar Asuransi

Membuat anjing kesayangan bebas ketombe

12 January 2023

Seputar Asuransi

Cara mengenali Anjing yang sakit

12 January 2023

Seputar Asuransi

Makanan Dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anjing

12 January 2023

Seputar Asuransi

5 Tips Aman Memelihara Hewan di Rumah

12 January 2023

Seputar Asuransi

Tips Tinggal di Apartemen Bersama Anjing

12 January 2023

Seputar Asuransi

Arti Asuransi Konvensional dan Perbedaannya dengan Asuransi Syariah

12 January 2023

Seputar Asuransi

Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

12 January 2023

Seputar Asuransi

Asuransi Hewan: Pengertian, Manfaat, Biaya, Syarat dan Cara Klaim

12 January 2023

Seputar Asuransi

Tips Menghemat Biaya Perawatan Hewan Peliharaan

12 January 2023

Seputar Asuransi

Tips Tinggal di Apartemen Bersama Anjing

12 January 2023

Seputar Asuransi

Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

12 January 2023

Seputar Asuransi

Tips Menghemat Biaya Perawatan Hewan Peliharaan

12 January 2023

Seputar Asuransi

Dari Hewan Peliharaan Ini Kita Bisa Mengenali Karakter Seseorang

12 January 2023

Seputar Asuransi

Memastikan telinga kucing selalu bersih

12 January 2023

Seputar Asuransi

9 Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dan Gejalanya

12 January 2023

Seputar Asuransi

9 Cara Melatih Kucing agar Patuh dan Tips Merawatnya

12 January 2023

Seputar Asuransi

Cara Mengetahui Umur Kucing dan Bedanya dengan Umur Manusia

12 January 2023

Seputar Asuransi

Cara Mencari Kucing Hilang dengan Cepat dan Aman

12 January 2023

Seputar Asuransi

Memahami Cara Kucing Berkomunikasi Dengan Gerakan Ekornya

12 January 2023

Seputar Asuransi

Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

12 January 2023

Seputar Asuransi

Membuat anjing kesayangan bebas ketombe

12 January 2023

Seputar Asuransi

Mengetahui seputar pintu peliharaan

12 January 2023

Seputar Asuransi

Makanan Dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anjing

12 January 2023

Seputar Asuransi

9 Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dan Gejalanya

12 January 2023

Seputar Asuransi

9 Cara Melatih Kucing agar Patuh dan Tips Merawatnya

12 January 2023

Seputar Asuransi

Cara Mengetahui Umur Kucing dan Bedanya dengan Umur Manusia

12 January 2023

Seputar Asuransi

Memastikan telinga kucing selalu bersih

12 January 2023

Seputar Asuransi

Kota Ramah Kucing Mencari Penjaga Kucing Liar

12 January 2023

Seputar Asuransi

Tips Tinggal di Apartemen Bersama Anjing

12 January 2023

Seputar Asuransi

9 Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dan Gejalanya

12 January 2023

Seputar Asuransi

9 Cara Melatih Kucing agar Patuh dan Tips Merawatnya

12 January 2023

Seputar Asuransi

Ciri Produk Asuransi Hewan Terbaik dan Tips Membelinya

12 January 2023

Seputar Asuransi

Asuransi Hewan: Pengertian, Manfaat, Biaya, Syarat dan Cara Klaim

12 January 2023