Tips & Trik

Pemilihan makanan yang tepat untuk kucing kamu

08 November 2019

memilih makanan kucing

Saat ini banyak sekali yang memilih memelihara kucing. Namun untuk mereka yang baru pertama kali pasti akan bingung jika harus memilih makanan yang baik untuk kesehatan kucing.

Tentunya ada berbagai jenis makanan kucing. Tapi kamu harus memberi kucingmu makanan yang mengandung gizi dan nutrisi sesuai dengan jenis dan kebutuhan mereka.

1. Pakan kering bernutrisi

Ada 2 tipe makanan dasar kucing, yaitu makanan basah dan kering. Namun, makanan kering lebih cocok dijadikan makanan utama karena sifatnya yang tahan lama dan harganya yang bersahabat. Selain itu, makanan kering juga membuat kucing melatih gigi mereka serta membantu mencegah plak karena tidak menyisakan kotoran pada gigi kucing.

2. Makanan basah

Jika kamu khawatir dengan asupan air atau memiliki kucing yang telah melemah daya gigitnya (anak kucing maupun kucing tua), cobalah beri makanan basah. Selain kadar airnya cukup tinggi, makanan basah memiliki lebih banyak varian rasa dibanding makanan kering sehingga lebih efektif bila diberikan ke kucing yang sedang tidak nafsu makan. Agar kucingmu tidak bosan, kombinasikan makanan kering dan basah. Pilih kandungan utama yang berbeda supaya nutrisinya terpenuhi.

3. Lengkapi dengan snack

Jika kucing sedang tidak nafsu makan, beri makanan ringan atau makanan pendamping sangatlah dianjurkan. Makanan ringan juga bisa disajikan sebagai topping di makanan utamanya. Selain itu, cocok juga untuk kucing yang sedang diet karena makanan ringan bisa melengkapi kebutuhan nutrisinya. Disamping itu, kamu dapat menggunakan makanan ringan sebagai hadiah saat melatihnya.

4. Makanan hewani berprotein tinggi

Kandungan utama yang terkandung dalam makanan menentukan kualitasnya. Penting untuk memastikan pada labelnya apakah daging atau ikan yang menjadi bahan bakunya. Jika produsen menggunakan daging asli, maka mereka akan menuliskan keterangan yang jelas tanpa menggunakan istilah lain di kemasannya. Jangan membeli merek yang memakai sisa-sisa produk olahan daging. Contohnya yang terdapat embel-embel “by-product” pada labelnya. Contohnya “chicken by-product” berarti makanan tersebut terbuat dari bagian-bagian selain daging. Bukan hanya nilai gizinya yang rendah, kandungan tersebut juga sulit diserap tubuh sehingga dapat menyebabkan penyakit. Jadi, pilihlah makanan yang bahan utamanya berkualitas tinggi.

5. Hindari makanan biji-bijian

Makanan akan sulit dicerna jika terlalu banyak karbohidrat. Bisa-bisa kucingmu obesitas. Jika kamu sangat mengutamakan kesehatan, sebisa mungkin pilihlah makanan yang tidak mengandung jagung, gandum, kedelai atau biji-bijian lainnya.

6. Hindari makanan dengan pengawet buatan

Banyak produk makanan kucing yang menggunakan zat aditif kimia seperti antioksidan dan pengawet buatan untuk mencegah jamur dan oksidasi. jadi, sangat dianjurkan sebisa mungkin untuk memilih makanan tanpa zat aditif, atau paling tidak, yang menggunakan zat aditif alami. Hindari yang mengandung BHT, BHA, ethoxyquin, pewarna makanan, propylene glycol, sodium nitrate, dan lainnya.

7. Pilih produk yang aman

Dalam pengetahuan tentang makanan hewan, pengawasan bahan makanan kucing masih kurang maju. Beberapa produk yang telah diperiksa secara menyeluruh tentu saja aman, tapi tanpa disadari masih ada beberapa produk yang berkualitas rendah. Jadi, pilihlah produk yang dijamin aman serta telah memenuhi standar dari BPOM untuk produk lokal. Juga dari AAFCO (Association of American Feed Control Officials) atau FDA (Food & Drug Administration) untuk produk impor.

8. Pilih makanan sesuai usia

Perbedaan makanan anak kucing dengan kucing dewasa adalah jumlah kalorinya. Anak kucing memerlukan lebih banyak protein dan kalori karena masih berkembang. Jika kucingmu sudah berusia 7 bulan sampai 6 tahun, kucingmu sudah dapat memakan makanan kucing dewasa. Untuk Kucing diatas 7 tahun dan kucing hamil juga berbeda.

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Tempat Wisata yang bisa kamu kunjungi di Dubai

22 November 2019

Tips & Trik

Mengenal berbagai macam kari di Asia

12 November 2019

Tips & Trik

Mengetahui waktu yang tepat untuk minum air putih

10 November 2019

Tips & Trik

Tips aman berkendara saat hujan

07 November 2019

Live Chat
)
    is typing...

    Isi Form diatas untuk mengirimkan pesan pada kami.

    Kirim Pesan Cancel