Tips & Trik

Mobil Listrik Tidak Boleh Sampai Terkena Banjir, Apa Bisa Dipakai di Jakarta?

11 February 2020

mobil listrik tidak boleh sampai terendam banjir

Dalam 2 bulan pertama di tahun 2020, Ibu Kota Indonesia, Jakarta sudah beberapa kali terendam banjir di beberapa areanya. Saat banjir kendaraan memang sangat tidak disarankan untuk menerobos genangan air yang ada kaerna bisa merusak mesin dari kendaraan. Terutama bagi pemilik mobil listrik sangat harus berhati-hati, karena mobil listrik tidak boleh terendam banjir sama sekali.

Jika mobil sudah rusak akibat banjir, pasti akan membutuhkan biaya yang tidak murah untuk memperbaikinya. Terlebih lagi bila kerusakan tersebut dialami oleh kendaraan listrik, seperti hybrid, plug-in hybrid, atau murni mobil listrik.
Berdasarkan penjelasan dari Hendra Leksmono, Service Head Auto2000 Jayakarta, penanganan kendaraan hybrid yang terendam banjir memang sangat memerlukan perhatian khusus. Karena banyak komponen elektrik yang pastinya tertanam di mobil emisi rendah tersebut.
“Pertama, kita memang harus lepas terlebih dahulu kabel tegangan tingginya. Kemudian, seluruh aliran listrik kita matikan,” jelas Hendra saat ditemui di Auto2000 Glodok, Jakarta Pusat.
Setelah itu, bersihkan bagian elektrikannya dan periksa kembali jalur-jalur kabel. Kemudian, dites lagi menggunakan sistem komputerisasi bengkel, dan jika sudah diperiksa dengan baik baru dinyalakan mobilnya.

“Kita lihat juga baterainya, karena jika sudah terendam banjir pasti rusak. Kita lihat dulu level kerusakan dan tinggi banjirnya seberapa. Kalau air sudah rembes ke jok, sudah pasti terendam karena baterai itu posisinya di bawah bagasi,” tegasnya.

Baterei adalah komponen penting dalam kendaraan listrik

Untuk mobil listrik atau hybrid saat menerjang ataupun terendam banjir baik dalam keadaan mati apalagi hidup, baterai akan mengalami kerusakan. “Sebab, baterai itu kan selalu dalam kondisi mengalirkan arus listrik, meskipun mobil mati, baik untuk alarm mobil, dan sebagainya,” pungkasnya.

Sumber: detik.com dengan judul “Mobil Listrik Jangan Sampai Menerabas Atau Terendam Banjir, Baterai Bisa Rusak Parah”

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Apa saja sih yang di jamin dalam asuransi rumah?

11 February 2020

Tips & Trik

10 Inspirasi Desain Rumah yang Tahan Bencana Alam

11 February 2020

Tips & Trik

Pastikan Asuransi Rumah Anda Menjamin Resiko Banjir

11 February 2020

Tips & Trik

Tips Agar Klaim Kendaraan Karena Kebanjiran Diterima Asuransi

11 February 2020

Tips & Trik

4 Hal Penting Saat Mencari Asuransi Kendaraan

11 February 2020

Tips & Trik

Berbeda Dengan Negara Lain Indonesia Menggunakan Setir kanan, Kenapa?

11 February 2020

Tips & Trik

Gak Cuma Tes Mengemudi, Sekarang Buat SIM Juga Ada Tes Psikologi

11 February 2020

Tips & Trik

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Ingat Pentingnya Berkendara Aman Saat Gunung Meletus

11 February 2020

Tips & Trik

Canggihnya Kamera Tilang Elektronik di Jakarta

11 February 2020