Travel

Menikmati wisata goa yang menakjubkan

27 November 2019

wisata goa

Alam Indonesia banyak sekali menawarkan banyak keindahan yang mempesona. Apalagi buat kamu yang suka melakukan wisata alam, tentu tidak cukup hanya main ke pantai dan gunung saja.

Kalau sudah begitu, mendatangi goa dapat menjadi salah satu pilihan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Goa Jatijajar

Goa yang terbentuk dari batuan kapur ini terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Goa yang terbentuk dari batu kapur ini memiliki banyak ornamen stalaktit, stalagmit dan tiang-tiang kapur. Berbeda dengan lainnya yang masih alami, Goa Jatijajar telah direnovasi beberapa kali. Bahkan ada 32 patung yang dipasang untuk menceritakan kisah tentang Raden Kamandaka atau lebih dikenal sebagai Lutung Kasarung. Ada juga patung raksasa dinosaurus yang mengeluarkan air menjelang sampai mulut goa. Sendang Kantil dan Sendang Mawar, yang airnya tidak pernah kering sepanjang tahun.

2. Goa Jomblang

Berada di area Gunungkidul, goa yang satu ini terbentuk secara alami karena proses geologi sejak ratusan tahun lalu. Sehingga ada lubang di bagian atas goa yang membentuk sinkhole. Tentunya kamu akan merasa seperti di bawah sinar surga saat berada di dalamnya. Untuk bisa masuk ke dalam medan ekstrim seperti Goa Jomblang, kamu harus bisa bermain dengan tali. Jika kamu baru pertama kali mengunjunginya, kamu akan diberi pelatihan singkat dan ditemani oleh pemandu. Saat kamu akan berjalan memasuki goa, kamu juga harus mempersiapkan helm atau peranti lainnya. Kalau tidak, kamu harus menyewa sedikit mahal untuk melihat cahaya surga.

3. Goa Gong

Berada di Pacitan, Jawa Timur, goa ini disebut-sebut sebagai goa terindah di Asia Tenggara. Ketika kamu memasuki goa ini, kamu akan menemukan beberapa ruangan yang diberi nama di masing-masing area. Ruang-ruang tersebut yaitu Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer, Ruang Pertapaan dan Ruang Batu Gong. Stalaktit dan stalakmit dengan aneka bentuk dan ukuran tentu menghiasi seluruh penjuru ruangan. Beberapa diantaranya bahkan diberi nama karena seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin dan masih banyak lagi. Dijamin kalau kamu akan berdecak kagum ketika berada disana.

4. Goa Maharani

Masih di Jawa Timur, ada juga Goa Maharani yang cukup populer. Stalaktit dan stalagmit yang dimiliki Goa Maharani memang cukup cantik dengan berbagai warna saat terkena cahaya. Stalaktit dan stalagmit ini bahkan masih tumbuh sevara alami dengan pertumbuhan 1 centimeter per 10 tahunnya. Di sekitar daerah Gua Maharani, terdapat pula kebun binatang dengan nama yang sama, serta Wisata Bahari Lamongan. Tidak sedikit para wisatawan dari luar negeri yang mensejajarkan Gua Maharani dengan kebanyakan gua yang juga memiliki pemandangan cahaya warna-warni. Seperti Gua Altamira di Spanyol, Gua Mamonth di Amerika Serikat atau juga Gua Carlsbad di Perancis.

Artikel Lainnya

Travel

Tips Agar Tetap Aman Naik Pesawat di Tengah Heboh Corona

27 November 2019

Travel

Travel Murah Ke Pulau Merah di Banyuwangi

27 November 2019

Travel

Ponta, Kedai Ramen Enak Kyoto yang Menggunakan Mobil Van

27 November 2019

Travel

Tips Berburu Aurora Ala Backpacker

27 November 2019

Travel

Jadi Terasa Dekat, ke Semarang Naik Kereta Cuma 3,5 Jam dari Jakarta

27 November 2019

Travel

Udah Tau Belum Ada Cafe Ala Puncak di Jakarta

27 November 2019

Travel

Menikmati Wisata Lengkap di Kota Toronto

27 November 2019

Travel

Benda Kecil Yang Berguna Saat Traveling

27 November 2019

Travel

Destinasi Prioritas Di Indonesia Siap Berlaga di Tahun 2020

27 November 2019

Travel

Tips Liburan di Negara Orang Lain Supaya Engga Kena Masalah

27 November 2019

Travel

Siap Traveling Karena Tiket Pesawat Sudah Murah

27 November 2019

Travel

Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Aceh

27 November 2019

Travel

7 Tempat Wisata Alam Terindah di Indonesia

27 November 2019