Tips & Trik

Mengetahui manfaat sauna untuk kesehatan

16 August 2019

Mengetahui manfaat sauna untuk kesehatan - Simas Insurtech

Jika kamu ingin mengeluarkan keringat dan membakar kalori tubuhmu, sauna adalah salah satu pilihan yang biasanya diambil. Secara umum terdapat dua jenis sauna, yaitu sauna konvensional dan sauna yang menggunakan infra merah.

Meski sauna menjadi semacam rutinitas bagi sebagian orang, sebenarnya masih belum jelas apa manfaat dan efek samping dari praktik ini. Tetap saja sauna itu populer hingga hari ini. Selain membuat berkeringat, berbagai penelitian ternyata menemukan bahwa sauna alias mandi uap menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu.

1. Menurunkan tekanan darah

Dengan mandi uap selama 30 menit, tekanan darahmu dapat menurun. Ini cocok untuk kamu yang mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena suhu panas yang dihasilkan ketika mandi uap dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga memperlancar sirkulasi darah. Berarti jika tubuhmu dalam kondisi sehat, melakukan sauna dapat membuat tubuhmu menjadi lebih kuat.

2. Meredakan nyeri

Sauna dapat membantu meredakan nyeri radang sendi karena meningkatnya sirkulasi darah. Sakit kepala tegang juga dapat disembuhkan dengan sauna. Saat kamu merasa pegal-pegal setelah berolahraga, kamu juga dapat bersauna untuk mengurangi serangan nyeri otot sekaligus memulihkan tubuhmu. Meski begitu, jangan sauna pas kamu lagi flu berat, ya. Sebab sauna dapat membuat tubuh berkeringat. Lakukanlah hanya saat kamu mengalami pilek ringan.

3. Menyehatkan kulit

Dengan berkeringat, kamu dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh kamu. Ini termasuk saat kamu sedang sauna. Sauna juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita. Dengan membuka pori-pori saat berkeringat, kamu dapat mengatasi jerawat serta mengeluarkan kotoran sehingga dapat menghindari infeksi dari kotoran.

4. Menurunkan kolestrol

Bila kamu mendapati bahwa kolestrol kamu tinggi, pertimbangkanlah sauna untuk menurunkan kolestrolmu. Manfaatnya setara dengan saat kamu melakukan aktivitas fisik intensitas sedang. Meski begitu, kamu harus tetap bergerak aktif untuk membakar lemak jahat yang berada di tubuhmu.

5. Meningkatkan daya ingat

Selain dapat memperlancar sirkulasi darah pada tubuh, sauna juga dapat membantu meningkatkan daya ingat. Itu terjadi karena adanya peningkatan aliran darah ke otak. Meski begitu, penelitian ini masih membutuhkan riset lebih lanjut.

Selalu ingat jika kamu akan bersauna, jangan berada disana terlalu lama. Karena jika terlalu lama malah akan memberikan efek negatif pada tubuhmu.

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Mengenal berbagai macam kari di Asia

12 November 2019

Tips & Trik

Mengetahui waktu yang tepat untuk minum air putih

10 November 2019

Tips & Trik

Pemilihan makanan yang tepat untuk kucing kamu

08 November 2019

Tips & Trik

Tips aman berkendara saat hujan

07 November 2019

Tips & Trik

Memastikan telinga kucing selalu bersih

11 October 2019

Live Chat
)
    is typing...

    Isi Form diatas untuk mengirimkan pesan pada kami.

    Kirim Pesan Cancel