Tips & Trik

Mengenal berbagai macam kari di Asia

12 November 2019

kari asia

Tentunya kalian tahu bahwa kari adalah makanan berkuah dengan berbagai jenis rempah-rempah sehingga dapat menciptakan citarasa yang tajam dan pedas.

Kari berasal dari India, yang kemudian meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa. Tapi apa kamu sudah tahu kari yang paling dikenal di Asia?

1. Kari India

Kari India memiliki rasa bumbu yang lebih kuat dan tajam. Kari India dibuat dari daging ayam atau kambing yang dibumbui dengan 25 macam rempah-rempah. Seperti kunyit, cabe, jahe, ketumbar, cengkeh, kayu manis, lada, kapulaga, jinten, bawang putih, daun salam, dan masih banyak lagi. Awalnya makanan ini hanyalah sup yang berisi daging ayam atau kelinci. Namun setelah cabe menyebar ke Asia, India mulai terkenal karenarasa pedasnya. Beberapa diantara hidangan kari yang populer di India adalah masala, vindaloo, tandoori, dan madras.

2. Kari Thailand

Kari Thailand punya karakteristik yang lebih lembut dengan kuahnya yang cair. Bahkan kari di sini memiliki beraneka ragam warna dan rasa tergantung dari rempah utama yang dipakai. Yang paling terkenal adalah green curry, red curry dan yellow curry. Berurutan dari ketiga menu tersebut tentunya dari yang paling pedas sampai yang tidak terlalu pedas jika kamu ingin mencobanya. Bumbunya sendiri tidak jauh berbeda dengan bumbu kari kebanyakan, tapi ditambahkan saus ikan dan kayu manis sehingga rasanya agak berbeda.

3. Kari Jepang

Di Jepang, mereka menyebut kari dengan kare. Berbeda dengan kari India dan kari Thailand, kari Jepang memiliki kuah lebih kental karena menggunakan tepung terigu. Makanan yang terkenal di semua kalangan umur ini bahkan menjadi salah satu masakan nasional. Ciri khasnya adalah sajiannya disajikan di atas nasi putih. Tapi saat ini kari juga dapat disantap bersama ramen atau udon seiring perkembangan inovasi kuliner.

4. Kari Indonesia

Kalau kari di Indonesia, tentunya ada rendang dan gulai yang dibuat dengan sedikit rempah-rempah.  Jika kari memiliki bumbu kuah yang terbilang lebih kompleks, gulai berfokus pada rempahan kunyit. Kuahnya memiliki warna cerah karena menggunakan cabe asli, serta lebih encer. Alasan gulai lebih populer di Indonesia karena dahulu sulit mencari daun kari. Akhirnya dibuatlah versinya sendiri oleh penduduk Melayu.

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Menikmati Wisata Lengkap di Kota Toronto

09 December 2019

Tips & Trik

Merencanakan liburan akhir tahun yang nyaman

04 December 2019

Tips & Trik

Menikmati wisata goa yang menakjubkan

27 November 2019

Tips & Trik

Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Aceh

25 November 2019

Tips & Trik

Tempat Wisata yang bisa kamu kunjungi di Dubai

22 November 2019

Live Chat
)
    is typing...

    Isi Form diatas untuk mengirimkan pesan pada kami.

    Kirim Pesan Cancel