Travel

Memilih tenda sesuai dengan kebutuhan

30 July 2019

Memilih tenda sesuai dengan kebutuhan - Simas Insurtech

Ketika kamu berada di alam bebas dan berencana untuk berkemah, tentunya tenda merupakan barang yang harus kamu bawa. Tenda akan melindungimu dari terik matahari maupun hujan. Tapi, tenda yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat kamu ingin membeli tenda. Ini beberapa tips memilih tenda.

1. Ukuran

Sesuaikan ukuran tendamu dengan jumlah barang yang dibawa dan gerakan kamu. Bagi sebagian orang tenda rendah membuat ketidaknyamanan ketika duduk, namun tenda rendah akan lebih aman dari terpaan angin. Sesuaikanlah kapasitas tenda dengan penghuni di dalam tenda tersebut untuk menjaga suhu udara yang ada di dalam tenda. Jika kamu pergi berdua, gunakanlah tenda yang berkapasitas 2 hingga 4 orang, hal ini bertujuan untuk membuat suhu di dalam tenda mudah terpengaruh dengan suhu tubuh kita. Tenda jangan terlalu diiisi terlalu longgar dan jangan terlalu penuh, untuk menjaga suhu di dalam tenda agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

2. Berat

Saat ini sudah banyak tenda yang menggunakan frame dan pasak berbahan aluminium sehingga lebih kuat dan ringan. Bahan yang kamu gunakan saat membuat tenda serta lapisannya juga dapat mempengaruhi berat tenda. Tentunya single layer lebih ringan dari tenda double layer, tapi kemampuan terhadap cuaca akan menjadi terbatas.

3. Lapisan tenda

Lapisan tenda terdiri dari single layer dan double layer. Single layer cocok dipakai pada suhu panas atau tidak terlalu dingin. Bahkan ringan dan mudah dirakit. Tapi bahan ini tidak direkomendasikan saat musim hujan karena bisa mengakibatkan pengembunan. Sedangkan double layer dapat menghadapi hujan dan cuaca buruk meskipun lebih berat. Perakitannya pun sedikit lebih lama dari single layer.

4. Frame dan pasak

Bahan frame yang sering kamu temui saat membeli tenda adalah bahan fiber hitam dengan berbagai macam berat. Ada juga bahan aluminium yang lebih ringan dan kuat. Untuk pasaknya kamu bisa mencari bahan aluminium yang memiliki bentuk yang mudah untuk diikatkan pada tali pancang kamu. Carilah frame yang kuat dan berbobot ringan. Tentunya jangan sampai terlalu murah namun tetap sesuai dengan dompet kamu.

5. Bentuk

Bentuk tenda yang dipilih sebaiknya yang dapat menahan angin. Tenda dengan bentuk yang aerodinamis akan mengalirkan air agar melewati tenda. Kemudian kamu juga tidak perlu khawatir jika tendamu bergoyang atau ada bagian yang rusak karena salah memilih tenda.

6. Warna

Pilihlah warna tendamu bukan hanya karena itu merupakan warna favorit kamu. Untuk memperhatik nafaktor keselamatan, baiknya kamu memilih tenda dengan warna cerah yang tidak selaras dengan alam. Warna yang dipilih juga harus mudah kamu kenali dari kejauhan.

7. Tali pancang

Untuk menjaga kestabilan tenda saat angin kencang, maka kamu perlu dudukan tali pancang. Biasanya tenda memiliki 4 dudukan tali pancang atau satu dudukan di setiap sisinya untuk kemudian diikatkan pada pasak atau benda kuat lainnya. Selain memilih tali yang kuat, pilihlah tali pancang yang dapat memantulkan cahaya, sehingga akan lebih terlihat saat malam hari. Jadi saat kamu tidak akan tersandung tali tenda tanpa sengaja.

Artikel Lainnya

Travel

Tips Agar Tetap Aman Naik Pesawat di Tengah Heboh Corona

30 July 2019

Travel

Travel Murah Ke Pulau Merah di Banyuwangi

30 July 2019

Travel

Ponta, Kedai Ramen Enak Kyoto yang Menggunakan Mobil Van

30 July 2019

Travel

Tips Berburu Aurora Ala Backpacker

30 July 2019

Travel

Jadi Terasa Dekat, ke Semarang Naik Kereta Cuma 3,5 Jam dari Jakarta

30 July 2019

Travel

Udah Tau Belum Ada Cafe Ala Puncak di Jakarta

30 July 2019

Travel

Tips Agar Tetap Aman Naik Pesawat di Tengah Heboh Corona

30 July 2019

Travel

Travel Murah Ke Pulau Merah di Banyuwangi

30 July 2019

Travel

Tips Backpacker Anti Ribet Ke Luar Negeri

30 July 2019

Travel

Mau Liburan Gratis?! Kamu Bisa Mengunjungi Pulau Ini

30 July 2019

Travel

Tips Traveling Kakek Nenek Bareng Cucu

30 July 2019

Travel

Pesona Bali Berhasil Memikat Turis Australia

30 July 2019