Tips & Trik

Manfaat Luar Biasa Dari Kebiasaan Menjaga Kebersihan

17 February 2022

menjaga kebersihan diri banner

Pernahkah terpikir olehmu, mengapa kita perlu selalu menjaga kebersihan baik diri sendiri, maupun lingkungan tempat kita berada? Apa yang terjadi apabila kita tidak menjaga kebersihan dengan baik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah beberapa manfaat hidup sehat dari menjaga kebersihan.

1. Meminimalisir Kemungkinan Terjangkit Suatu Penyakit

Ini adalah point terpenting dari manfaat hidup bersih dan sehat. Karena hidup bersih itu berbanding lurus dengan kesehatan. Apabila kamu mampu menerapkan gaya hidup yang bersih, maka kamu juga akan memiliki tubuh yang sehat. Apabila tubuhmu sehat, maka kemungkinan kamu untuk terjangkit penyakit tertentu juga sangatlah kecil.
Baca juga : 9 Cara Menjaga Anjing Kesayangan Agar Tetap Bersih dan Harum.
Ingat bakteri-bakteri penyebab virus dan penyakit ganas dapat berkembang biak di lingkungan yang kotor dan tidak terawat. Sejak kecil, kita sudah diberi pengertian untuk selalu menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari penyakit. Lebih baik belajar untuk hidup bersih dan sehat daripada harus berobat ke rumah sakit yang memakan biaya.

2. Kebugaran Tubuh yang Akan Tetap Terjaga

Hidup bersih dan sehat akan berpengaruh ke dalam fungsi-fungsi tubuhmu. Apabila kamu mampu untuk hidup bersih dan sehat, maka fungsi-fungsi di dalam tubuhmu juga akan berada pada level yang optimal. Kebugaran tubuh juga akan mempengaruhi kinerja dalam akitivitas sehari-hari. Apabila kamu memiliki gaya hidup yang tidak bersih dan tidak sehat, maka dapat dipastikan hal tersebut akan berdampak pada cukup baiknya kebugaran tubuhmu.

3. Tampil Lebih Menarik

Ada seorang gelandangan dan seorang pengusaha. Gelandangan tersebut menggunakan baju yang compang camping, Sedangkan si pengusaha mengenakan setelan kemeja berdasi. Siapa yang akan kau ajak mengobrol? Kebanyakan orang pasti akan lebih tertarik untuk menghampiri si pengusaha daripada gelandangan tersebut. Inilah yang dikenal dengan istilah first impression, atau pandangan pertama. Individu cenderung menilai seseorang dari first impression. First iimpression ini dapat dilihat dari penampilan seseorang.
Baca juga : 10 Penyakit yang Sering Muncul Saat Musim Hujan Tiba.
Individu dengan gaya hidup yang bersih dan sehat, akan terlihat lebih menarik, dan mengundang first impression yang baik pula. Begitupun sebaliknya. Nah, apabila kamu bisa hidup bersih dan sehat, maka first impression orang lain terhadapmu akan sangat baik. Kamu akan terlihat sebagai orang yang menarik, rapih, dan bersih. Berbeda bila kamu memiliki gaya hidup yang kotor dan tidak sehat. Selain itu, gaya hidup sehat juga membuat tubuh jadi terlihat lebih bugar dan segar, yang nantinya juga dapat mempengaruhi first impression orang lain terhadap dirimu.

4. Selalu Semangat dan Optimis dalam Menjalani Hidup

Kita haruslah memiliki aura positif dalam menghadapi berbagai persoalan dalam hidup. Semangat dan optimism merupakan contoh sederhana dari aura dan emosi positif yang bisa dimiliki oleh siapa saja. Namun, dengan kondisi gaya hidup yang cukup baik dan tidak sehat, agaknya emosi positif ini sulit untuk dikembangkan. Untuk kebersihan dan kesehatan dirinya sendiri saja tidak diperhatikan, bagaimana bisa mengembangkan emosi positif?
Maka dari itu, salah satu manfaat dari hidup bersih dan sehat adalah mampu untuk mengembangkan emosi positif yang dimiliki. Karena apabila kondisi fisik sudah baik, sehat, dan bersih, hal itu akan mempengaruhi pola pikir yang dimiliki. Apabila kamu memiliki pola pikir yang baik, maka emosi positif pun akan semakin berkembang, sehingga kamu akan memapu mengatur emosi positif tersebut dan menerapkannya dalam menghadapi permasalahan hidup.

5. Beban pikiran akan menjadi lebih ringan.

Pernahkah kamu terjangkit suatu penyakit, yang membuat tubuh jadi sangat tidak sehat? Bayangkan apa yang akan kamu pikirkan ketika sedang sakit. Beban pikiran tentu akan bertambah karena penyakit yang diderita. Hidup bersih dan sehat dapat membantu meringkankan beban pikiranmu, apabila kamu dapat hidup bersih dan sehat, kamu akan terhindar dari penyakit, dan secara tidak langsung, beban pikiran juga tidak akan bertambah.
Selain itu, hidup bersih dan sehat juga akan membuat kehidupan menjadi lebih teratur. Pola makan kamu akan teratur, begitu pula dengan dirimu sendiri. Keteraturan pola hidup inilah yang memberikan kontribusi besar dalam meringankan beban pikiran yang kamu miliki.
Baca juga : Gak Cuma Kamu yang Bisa Glow Up, Hewan Peliharaanmu Juga Bisa!.

6. Menghemat biaya obat-obatan

Apabila kamu bisa hidup bersih dan sehat, maka secara tidak langsung tubuh kamu akan merasa segar. Kebugaran tubuh yang baik ini akan membuat kamu tidak perlu sering-sering mengeluarkan biaya lebih untuk membeli obat-obatan. akan berbeda bila kamu hidup tidak sehat dan tidak bersih. Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menebus obat-obatan serta vitamin dan suplemen untuk menunjang kebugaran tubuhmu?
Dari segi biaya obat-obatan, jelas, seseorang yang hidup bersih dan sehat akan dapat menghemat pengeluaran mereka dalam membeli obat-obatan dan suplemen tambahan. Perlu kita ketahui manfaat hidup hemat sangat penting untuk masa depan kita.

7. Bisa menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan lebih baik

Ketika kamu jatuh sakit, maka tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab tidak akan selesai tepat waktuatau maksimal. Inilah mengapa kamu perlu hidup bersih dan sehat. Selain berhubungan dengan kebugaran tubuh dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan, kebersihan dalam melakukan tugas atau pekerjaan tersebut juga harus diperhatikan. Bayangkan apabila kamu harus bekerja di tempat yang berantakan dan kotor. Kamu tidak akan merasa nyaman dalam menyelesaikan tugas yang ada. Maka dari itu, usahakanlah memiliki gaya hidup bersih dan sehat, agar tugas dan pekerjaan yang harus kamu kerjakan dapat selesai tepat waktu.

8. Mudah Mendapatkan Pendamping Hidup

Banyak mengangap hal ini sepele, padahal tidak jarang seseorang akan memutuskan hubungan dengan pasangannya karena kebiasaan jorok yang dimiliki pasangannya. Setidaknya jika kamu bersih dan sehat maka masalah yang satu ini dapat kamu hindari.

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Barang-Barang Ini Wajib Ada di Mobil, Ayo Lengkapi Dari Sekarang!

17 February 2022

Tips & Trik

Dari Hewan Peliharaan Ini Kita Bisa Mengenali Karakter Seseorang

17 February 2022

Tips & Trik

5 Ide Interior Rumah yang Sesuai Kepribadian, Apa Rumahmu Sudah Sesuai Kepribadianmu?

17 February 2022

Tips & Trik

Ide Self Reward Terbaik Untuk Diri Sendiri

17 February 2022

Tips & Trik

Tips Penting Buat Kamu Yang Mau Coba Solo Traveling

17 February 2022

Tips & Trik

Tips Memilih Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia 2022

17 February 2022

Tips & Trik

Segitiga Bermuda yang Misterius Mulai Terpecahkan

17 February 2022

Tips & Trik

Biar Tidak Sedih Lihat Dompet Saat Berlibur, Coba Terapkan Trik Ini

17 February 2022

Tips & Trik

Ini Dia Cara Menabung yang Benar dan Efektif Biar Cepat Terkumpul

17 February 2022

Tips & Trik

Kebiasaan Dari Para Orang Kaya di Indonesia Sampai Dunia

17 February 2022

Tips & Trik

Istilah Baru Kekinian yang Sering Digunakan di Dunia Travel

17 February 2022

Tips & Trik

Tidak Enak Badan Usai Dapat Vaksin Covid-19, Konsumsi Makanan Ini Supaya Cepat Pulih

17 February 2022

Tips & Trik

Sudah divaksin, Apakah Sudah Bebas Bertemu Orang Lain?

17 February 2022

Tips & Trik

4 Penyakit Ini Sering Menyerang di Musim Hujan, Berhati-hatilah !

17 February 2022

Tips & Trik

Marak Sindrom Burnout, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

17 February 2022

Tips & Trik

Ahli Ungkap 2 Aktivitas yang Dapat Membuat Vaksin Covid-19 Jadi Lebih Efektif

17 February 2022