Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri dan Tips Memilihnya

27 June 2022

manfaat asuransi kecelakaan diri dan cara memilihnya

Bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas baik di dalam maupun luar kota, asuransi kecelakaan diri menjadi produk penting untuk kamu pertimbangkan. Pasalnya, risiko kecelakaan bisa jadi ancaman dan dapat menimbulkan banyak kerugian finansial. Selain biaya rumah sakit yang semakin tinggi, keuangan keluarga juga akan terdampak jika kamu adalah tulang punggungnya.

Lantas, apa saja sih manfaat asuransi kecelakaan diri? Mari simak di dalam ulasan artikel berikut ini.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri

Umumnya, manfaat asuransi kecelakaan diri terdiri dari tiga, yaitu santunan meninggal dunia, cacat tetap, dan pertanggungan biaya rumah sakit. Berikut adalah penjelasannya.
Baca juga : Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!.

1. Santunan meninggal dunia

Manfaat asuransi kecelakaan diri yang pertama adalah santunan untuk keluarga apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakan diri. Untuk mendapatkan manfaat ini, ahli waris harus segera mengabari pihak asuransi serta mengurus dokumen klaim yang dibutuhkan begitu kecelakaan terjadi.

2. Santunan cacat tetap

Saat terjadi kecelakaan diri, ada risiko penumpang mengalami cacat tetap. Kondisi tersebut membuat penumpang tersebut berpotensi kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Selain itu, biaya terapi yang dibutuhkan tentu tak sedikit. Oleh sebab itu, santunan cacat tetap jadi salah satu manfaat asuransi kecelakaan diri. Tujuannya adalah untuk meringankan beban keuangan keluarga dalam menghadapi musibah tersebut.

3. Pertanggungan biaya rumah sakit

Kecelakaan diri juga dapat menyebabkan luka fisik yang perlu pengobatan khusus di rumah sakit. Berhubung biaya rumah sakit semakin mahal, kamu perlu mengantisipasi pengeluaran tak terduga ini dengan memiliki asuransi kecelakaan diri.

Pentingnya Asuransi Kecelakaan Diri

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya asuransi kecelakaan diri yang perlu kamu tahu.

Baca juga : Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya.

1. Mengamankan keuangan keluarga

Risiko kecelakaan diri bisa menyebabkan keluarga tertanggung kehilangan pencari nafkah, khususnya jika musibah tersebut mengakibatkan tertanggung meninggal dunia tau mengalami cacat tetap. Uang santunan yang diberikan asuransi harapannya dapat menjadi sumber penghasilan keluarga untuk sementara waktu.

2. Mengantisipasi pengeluaran mendadak

Kecelakaan diri menimbulkan pengeluaran mendadak yang besar, seperti biaya rumah sakit untuk mengobati cedera fisik. Dengan memiliki asuransi kecelakaan, kamu otomatis mengantisipasi risiko pengeluaran mendadak yang besar dengan cara menyisihkan sedikit saja budget untuk membayar premi.

3. Membuat hati tenang saat di perjalanan

Setelah memahami manfaat asuransi kecelakaan diri, kamu jadi bisa lebih tenang selama beraktivitas atau saat berada di perjalanan. Pasalnya, kamu tahu bahwa keuangan keluarga kamu terproteksi jika terjadi musibah selama di perjalanan.

Jenis-jenis Asuransi Kecelakaan

manfaat asuransi kecelakaan diri dan tips memilhnya

Selain asuransi kecelakaan diri, terdapat berbagai variasi asuransi kecelakaan lain, seperti:
Baca juga : Asuransi Kecelakaan Diri Si Murah Yang Sering Terlupakan.

1. Asuransi kecelakaan pesawat

Asuransi kecelakaan pesawat dapat menanggung kecelakaan diri selama tertanggung berada di dalam perjalanan udara. Biasanya, asuransi jenis ini juga memberikan pertanggungan lain seperti keterlambatan pesawat. Salah satu asuransi yang memiliki jaminan kecelakaan saat penerbangan terbaik yang bisa kamu dapatkan adalah Fly Insurtech dari Simas Insurtech.

2. Asuransi kecelakaan lalu lintas

Asuransi kecelakaan lalu lintas sebenarnya sudah disediakan oleh PT Asuransi Jasa Raharja. Produk ini menanggung risiko kecelakaan seluruh pengguna jalan, dengan santunan meninggal dunia maksimal Rp50.000.00. Lantas, siapa yang membayar preminya? Sebagai asuransi sosial, produk ini dibayar oleh pemilik kendaran sekaligus saat membayar pajak ke negara.

3. Asuransi kecelakaan kerja

Asuransi kecelakaan kerja biasanya berhubungan dengan profesi yang kamu geluti. Contoh dari produk ini adalah Jaminan Kecelakaan Kerja dari BPJS Ketenagakerjaan yang sudah otomatis kamu dapatkan jika bekerja sebagai karyawan tetap di perusahaan.
Baca juga : Kecelakaan Diri Yang “Menghantui”.

Tips Memilih Asuransi Kecelakaan Diri

Setelah memahami manfaat asuransi kecelakaan diri, waktunya kamu memilih produk asuransi kecelakaan diri terbaik. Tapi, bagaimana sih cara memilihnya? Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Cek rekam jejak perusahaan asuransinya

Salah satu cara menilai baiknya sebuah produk asuransi adalah dengan mengecek rekam jejak perusahaan asuransi yang menerbitkannya. Pasalnya, uang premi kamu akan dikelola oleh perusahaan tersebut, sehingga pastikan perusahaan yang kamu pilih kompeten di bidang ini.
Cara mengecek rekam jejak perusahaan adalah dengan melakukan riset melalui mesin mencari atau melihat laporan keuangan yang tersedia di situs masing-masing. Cari indikator rasio solvabilitas yang mengukur rasio aset terhadap utang perusahaan dan pastikan angkanya berada di atas 120 persen (sesuai aturan Otoritas Jasa Keuangan).

2. Pahami nilai manfaat yang ditawarkan

Setiap produk asuransi menawarkan nilai maksimal manfaat yang beragam. Oleh sebab itu, kamu bisa menyeleksi perusahaan asuransi berdasarkan kebutuhan proteksi kamu. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan penghasilan keluarga per bulan dengan masa waktu keluarga membutuhkan uang tersebut sepeninggal pencari nafkah, misalnya saja 5 tahun.

3. Pastikan memiliki layanan klaim online

Dulu, banyak orang yang malas membeli asuransi kecelakaan karena khawatir klaimnya ribet. Kamu harus mengurus dokumen bolak-balik ke kantor asuransi. Tentu hal tersebut melelahkan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memilih perusahaan asuransi yang menawarkan layanan daftar, tanya jawab, hingga klaim online. Salah satu perusahaan yang memiliki layanan ini adalah Simas Insurtech, di mana kamu bisa berkomunikasi dengan customer service melalui Whatsapp dan mengirimkan dokumen klaim hanya melalui email!
Baca juga : Asuransi Kecelakaan Diri, Menjadi Hal yang Darurat.

Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Semakin besar uang pertanggungan yang kamu pilih, maka premi asuransi akan semakin besar pula. Selain hal tersebut, sebenarnya ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi nilai premi yang harus kamu bayar, yaitu:

1. Usia

Usia mempengaruhi besaran premi asuransi yang harus kamu bayar. Semakin muda, maka semakin murah pula biaya premi yang dibebankan. Oleh sebab itu sebaiknya kamu sudah memiliki asuransi sejak usia dini.

2. Jenis pekerjaan

Setiap pekerjaan memiliki risiko yang bervariasi. Tentu risiko bekerja di kantoran berbeda dengan risiko jika kamu bekerja di proyek pembangunan atau pertambangan. Oleh sebab itu, asuransi kecelakaan diri umumnya menentukan premi berdasarkan pekerjaan tertanggung. Berikut adalah daftar tingkatan kelasnya:

  • Kelas I: profesi yang banyak berada di kantor atau dalam ruangan, misalnya pengacara, sekretaris, bankir, hingga akuntan.
  • Kelas II: profesi yang banyak berada di dalam ruangan tapi sering juga bepergian sehingga punya risiko kecelakaan yang lebih besar, misalnya dokter, sales, aktris, hingga ibu rumah tangga.
  • Kelas III: profesi yang bekerja di lapangan, misalnya arsitek, sipil, supir pribadi, hingga ahli bedah.
  • Kelas IV: profesi yang punya pekerjaan kasar dan berisiko tinggi, misalnya buruh pabrik, supir angkutan umum, hingga montir.

Baca juga : Mengapa Perlu Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri?.

3. Hobi ekstrem

Punya hobi ekstrem? Perusahaan asuransi kecelakaan akan menanyakan apakah tertanggung rutin melakukan kegiatan ekstrem seperti panjat tebing, bungee jumping, atau surfing. Jika kamu memiliki hobi ini, kamu bisa melakukan negosiasi dengan premi khusus kepada asuransi. Dengan catatan, kecelakaan yang disebabkan oleh kegiatan tersebut tidak bisa diklaim asuransi.

4. Pendapatan

Hampir mirip dengan asuransi jiwa, uang pertanggungan asuransi kecelakaan diri sebaiknya menjadi faktor yang perlu disesuaikan dengan penghasilan tertanggung. Jadi, apabila terjadi musibah, keluarga tertanggung bisa membiayai hidupnya untuk sementara waktu sesuai dengan penghasilan awal. Nah, semakin besar uang pertanggungan, maka akan semakin besar juga premi yang diberikan.

Asuransi Kecelakaan Diri Persona Insurtech dari Simas Insurtech

Setelah membaca manfaat asuransi kecelakaan diri, apakah kamu mulai tertarik membeli produk ini? Asuransi kecelakaan diri Persona Insurtech dari Simas Insurtech bisa jadi pilihan terbaik kamu karena menawarkan nilai pertanggungan maksimal yang tinggi dan memiliki layanan daftar dan klaim online untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi.
Itulah beberapa penjelasan seputar manfaat asuransi kecelakaan diri. Yuk, persiapkan anggaran kamu untuk kesejahteraan keluarga tercinta!

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat dan Persyaratannya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

27 June 2022

Seputar Asuransi

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Daftar 11 Olahraga yang Tidak Ditanggung Asuransi Kecelakaan Diri

27 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

27 June 2022

Seputar Asuransi

Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

27 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

27 June 2022

Seputar Asuransi

Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Daftar 11 Olahraga yang Tidak Ditanggung Asuransi Kecelakaan Diri

27 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

27 June 2022

Seputar Asuransi

Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

27 June 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

27 June 2022

Seputar Asuransi

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

27 June 2022

Seputar Asuransi

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

27 June 2022