Travel

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis-jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui

01 August 2022

“manfaat

Asuransi adalah produk keuangan yang berfungsi untuk mengambil alih risiko keuangan yang kamu miliki. Sederhananya, produk ini akan memberikan ganti rugi jika kamu mengalami musibah.

Manfaat asuransi sangat banyak, bergantung pada jenis asuransi yang kamu pilih. Contohnya, manfaat asuransi mobil adalah untuk mengantisipasi risiko pengeluaran akibat mobil yang rusak. Untuk memahami bahasan ini lebih lanjut, mari simak artikel berikut ini.

Manfaat Asuransi secara Umum

Secara umum, asuransi berfungsi sebagai pengelolaan risiko dalam rencana keuangan kamu. Berikut adalah penjelasannya.

1. Menjadi bagian dari perencanaan keuangan

Berdasarkan saran perencana keuangan, kamu perlu mengalokasikan sebagian dari penghasilan untuk membeli asuransi. Alokasi ini masuk ke dalam anggaran pengeluaran yang memang perlu dikeluarkan setiap bulan atau tahun.
Pasalnya, terdapat risiko keuangan yang bisa menyebabkan pengeluaran yang sangat besar, seperti kehilangan harta benda, kecelakaan, atau kebakaran rumah. Musibah-musibah tersebut menimbulkan kerugian yang tidak sedikit dan berpotensi mengacaukan perencanaan keuangan kamu jika tidak diantisipasi dengan produk asuransi.

2. Mengantisipasi risiko mendadak

Musibah bisa datang kapan saja di saat yang tidak terduga, misalnya kecelakaan atau bencana alam. Memang tak ada yang bisa meramal masa depan, tetapi semua orang bisa mengantisipasi musibah tersebut, yaitu dengan memiliki produk asuransi. Sehingga, apabila musibah tersebut menimbulkan kerugian finansial, kamu akan mendapatkan sejumlah uang ganti rugi.

3. Menjaga keamanan keuangan di masa depan

Musibah kecelakaan bisa menyebabkan risiko meninggal dunia. Jika risiko tersebut terjadi pada tulang punggung, keuangan keluarga bisa terancam. Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki tanggungan seperti anak, istri, atau orangtua sangat disarankan untuk memiliki asuransi kecelakaan atau asuransi jiwa.
 
Baca juga : Kapan Waktu Terbaik Membeli Produk Asuransi? Cek di Sini!

Manfaat Asuransi berdasarkan Jenisnya

manfaat asuransi berdasarkan jenisnya

Berikut adalah penjelasan tentang manfaat asuransi berdasarkan jenis-jenisnya.

1. Manfaat Asuransi Mobil

Manfaat asuransi mobil adalah untuk memproteksi keuangan kamu dari pengeluaran apabila mobil kamu rusak atau hilang. Jika mobil rusak, maka asuransi menanggung biaya perbaikannya. Jika mobil hilang, asuransi memberikan sejumlah uang tunai yang sesuai dengan nilai kerugian. Produk ini sangat penting bagi setiap pemilik mobil, baik mobil baru maupun mobil bekas.
Umumnya, mobil kamu otomatis mendapatkan asuransi mobil saat mengajukan kredit. Sementara itu, kalau membeli secara tunai atau membeli mobil bekas, kamu harus mencari asuransi mobil sendiri.

2. Manfaat Asuransi Rumah

Seperti yang kita tahu, rumah adalah aset bernilai tinggi. Pemilik rumah berpotensi mendapatkan kerugian yang besar hingga puluhan sampai ratusan juta apabila aset rumahnya rusak dan harus direnovasi.
Manfaat asuransi rumah adalah untuk melindungi nilai aset rumah kamu dari berbagai risiko, seperti kebakaran, kemalingan, dan bencana alam lainnya. Tak hanya memberikan uang untuk renovasi, beberapa produk asuransi rumah menawarkan keuntungan lain seperti ongkos tempat tinggal sementara selama rumah direnovasi.
Produk ini wajib berada di dalam rencana keuangan kamu jika sudah atau masih berencana memiliki rumah. Hanya dengan menyisihkan sedikit biaya untuk premi per tahun, kamu bisa mendapatkan ganti rugi hingga ratusan juta rupiah.

3. Manfaat Asuransi Perjalanan

Ada banyak risiko yang bisa terjadi pada pelancong saat melakukan perjalanan, mulai dari perubahan jadwal penerbangan, masalah bagasi, kehilangan harta benda dan dokumen penting, hingga kecelakaan. Mengalami musibah tersebut di luar wilayah tempat tinggal kita tentu bisa sangat memusingkan. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan asuransi perjalanan sebelum berangkat.
Manfaat asuransi perjalanan sangat banyak, mulai dari memberikan kompensasi saat ada ketidaknyamanan perjalanan hingga memberikan uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia. Selain membuat tenang, asuransi ini juga bisa membuat perencanaan anggaran bepergian kita lebih aman dari pengeluaran mendadak tersebut.
 
Baca juga : Ciri Produk Asuransi Hewan Terbaik dan Tips Membelinya

4. Manfaat Asuransi Hewan

Bagi pemilik binatang peliharaan, asuransi hewan adalah produk yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, muncul beberapa risiko saat kamu memilih untuk mengadopsi hewan, seperti risiko hewan hilang atau menyerang orang lain dan menimbulkan tuntutan hukum.
Manfaat asuransi hewan adalah memberikan uang kompensasi jika risiko tersebut muncul. Saat pihak ketiga mengalami cedera karena serangan hewan peliharaan kita, asuransi akan membantu membiayai pengobatannya. Apabila hewan hilang, asuransi akan memberikan uang pertanggungan senilai hewan tersebut.

5. Manfaat Asuransi Penerbangan

Keterlambatan pesawat bisa jadi risiko yang tidak mengenakkan bagi pelancong. Selain membuang waktu kamu di bandara, seringkali keterlambatan ini membuat kamu harus mengeluarkan dana tambahan untuk makan atau menginap. Jika kamu sedang dalam perjalanan dinas, keterlambatan ini bisa membuat pekerjaan kamu terhambat.
Untuk mengelola risiko tersebut, asuransi penerbangan bisa jadi solusi. Produk ini memberikan uang kompensasi apabila kamu mengalami flight delay. Selain itu, produk asuransi penerbangan juga menawarkan proteksi terhadap risiko kecelakaan selama penerbangan.

Macam-macam Asuransi Online dari Simas Insurtech

Setelah memahami beberapa manfaat asuransi, mungkin kamu tertarik untuk membelinya. Berikut adalah beberapa jenis asuransi online yang ditawarkan oleh Simas Insurtech.

1. Mobil Insurtech

Mobil Insurtech adalah asuransi mobil yang menawarkan pertanggungan all risk dan TLO. Apa bedanya? Asuransi all risk adalah produk yang menanggung segala risiko kerusakan pada mobil, mulai dari kerusakan kecil hingga besar. Sementara itu, asuransi TLO hanya akan menanggung risiko kerusakan total (di atas 75 persen dari nilai mobil).
Jika kamu membeli mobil baru, sebaiknya memilih asuransi all risk. Sementara itu, asuransi TLO lebih cocok untuk memproteksi mobil bekas. Namun, jika kamu bingung memilih keduanya, ada yang disebut dengan asuransi kombinasi.

2. Travi Insurtech

Travi Insurtech adalah produk asuransi perjalanan yang menawarkan manfaat luas, yaitu:

  • risiko meninggal dunia atau cacat tetap karena kecelakaan
  • kehilangan bagasi dan harta benda
  • Keterlambatan bagasi
  • Keterlambatan penerbangan
  • Pembatalan penerbangan
  • Pembajakan pesawat
  • Pengurangan waktu perjalanan
  • Kehilangan paspor
  • Biaya perawatan medis karena kecelakaan
  • Evakuasi medis darurat
  • Biaya pemulangan anak darurat
  • Santunan tunai harian dalam kejadian darurat
  • Biaya pemakaman

Selain manfaat utama di atas, kamu juga bisa menambahkan perluasan manfaat berupa tanggung jawab hukum pihak ketiga, biaya telepon darurat, proteksi rumah, dan biaya risiko kerusakan kendaraan sewaan.
 
Baca juga : Tips Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik yang Perlu Kamu Tahu

3. Persona Insurtech

Persona Insurtech menawarkan proteksi terhadap risiko kecelakaan diri, yaitu meninggal dunia dan cacat tetap. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pertanggungan biaya perawatan medis di rumah sakit. Produk ini penting bagi kamu yang sedang berada di usia produktif dan memiliki banyak aktivitas.

4. Fly Insurtech

Fly Insurtech adalah asuransi penerbangan dari Simas Insurtech yang menawarkan pemberian kompensasi jika penerbangan pesawat terlambat. Selain itu, produk ini juga memberikan uang pertanggungan terhadap kecelakaan selama penerbangan.

5. Homi Insurtech

Homi Insurtech adalah produk asuransi rumah yang memberikan pertanggungan terhadap risiko rumah kebakaran, tersambar petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang. Kamu juga bisa memperluas proteksi untuk risiko gempa bumi.

6. Pet Insurtech

Pet Insurtech adalah asuransi hewan peliharaan yang akan memberikan:

  • Ganti rugi terhadap kematian hewan karena kecelakaan
  • Ganti rugi jika hewan peliharaan dicuri
  • Ganti rugi pihak ketiga dalam kasus hewan menyerang pihak lain dan menyebabkan cedera.

Itulah penjelasan mengenai manfaat asuransi secara umum dan berdasarkan jenisnya. Tertarik memproteksi keuangan kamu?

Artikel Lainnya

Travel

14 Pertanyaan tentang Asuransi Umum yang Perlu Kamu Ketahui

01 August 2022

Travel

Kenali Makna Istilah Tertanggung dalam Asuransi di Sini!

01 August 2022

Travel

18 Istilah Asuransi yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Membeli

01 August 2022

Travel

Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

01 August 2022

Travel

Kapan Waktu Terbaik Membeli Produk Asuransi? Cek di Sini!

01 August 2022

Travel

Bisakah Klaim Asuransi Mobil karena Kesalahan Sendiri?

01 August 2022

Travel

5 Tips Membeli Asuransi Mobil Bekas agar Tidak Salah Pilih

01 August 2022

Travel

Tips Klaim Asuransi Mobil agar Tidak Ditolak, Cek di Sini!

01 August 2022

Travel

Pahami Contoh Polis Asuransi Mobil Sebelum Membelinya!

01 August 2022

Travel

Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

01 August 2022

Travel

Berapa Premi Asuransi Rumah dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

01 August 2022

Travel

Tips Memilih Asuransi Kebakaran Rumah Terbaik dan Syarat Daftarnya

01 August 2022

Travel

Tips Memilih Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia 2022

01 August 2022

Travel

Cara Kerja Asuransi Rumah dan Cara Menghitung Premi yang Benar

01 August 2022

Travel

Pelajari Ini Dulu Sebelum Mengambil KPR Rumah

01 August 2022

Travel

Persiapkan Asuransi Perjalanan ke Singapura Sebelum Liburan!

01 August 2022

Travel

Cara Memilih Asuransi Perjalanan Internasional Terbaik

01 August 2022

Travel

Pengertian Asuransi Perjalanan Internasional dan Manfaatnya

01 August 2022

Travel

Tips Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik yang Perlu Kamu Tahu

01 August 2022

Travel

Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Visa Schengen Sebelum ke Eropa

01 August 2022

Travel

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Pesawat dan Persyaratannya

01 August 2022

Travel

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri dan Tips Memilihnya

01 August 2022

Travel

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

01 August 2022

Travel

Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

01 August 2022

Travel

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

01 August 2022

Travel

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

01 August 2022