Tips & Trik

Katanya Milenial itu Boros Banget, Benarkah?

30 January 2020

generasi milenial boros

Dilansir dari detik.finance.com, berita di banyak media secara santer menyoal betapa borosnya generasi milenial zaman ini. Padahal belum tentu semua milenial seperti itu. Akan tetapi banyak orang yang pada akhirnya penasaran sebenarnya ke mana sih para milenial itu membelanjakan uang mereka? Dalam beberapa artikel ke depan kita akan bahas apa saja yang menjadi sumber pengeluaran milenial setiap bulan dan tahunnya.

Shopping di mall

Banyak dari generasi milenial yang sangat rentan terhadap mal dan kata-kata diskon yang ada di mall. Hal tersebut dapat terlihat pada ramainya toko-toko di mal sepanjang akhir pekan. Kalau dahulu pola belanja di mal akhir pekan hanya ramai di minggu pertama setiap bulan, maka beberapa tahun terakhir untuk sebagian mall tidak demikian.
Kondisi mall tetap penuh meskipun tanggung bulan. Entah apa karena mereka berbelanja dengan membayar uang tunai, menggunakan utang atau menggunakan fasilitas “pay later” yang ditawarkan oleh dompet elektronik.
Yang pasti, toko-toko yang ada di mall sekarang juga getol memberikan diskon kepada pengunjung di luar jadwal diskon yang biasanya terjadi seperti hari libur nasional atau hari raya keagamaan. Jadi jangan kaget kalau nanti liat tanda diskon di toko-toko yang ada di mall.

Shopping online

Kalaupun generasi milenial dan generasi sebelumnya berusaha untuk berhemat dan menghindari mal agar tidak kalap belanja, tapi tetap saja godaan belanja tersebut kemudian masuk kedalam genggaman anda melalui handphone.
Shopping online meraja rela. Kemudian hal ini diperparah dengan adanya Harbolnas alias Hari belanja online nasional. Belum lagi tawaran diskon maupun paket menarik yang diselenggarakan dari market place mulai dari gratis ongkos kirim sampai cash back, membuat generasi milenial sangat rentan dan mudah tergoda untuk belanja secara online.

Nongkrong di Kafe

Tidak bisa dipungkiri, efek media sosial membuat generasi milenial mengalami tekanan untuk selalu terdepan (bacanya kekinian). Nah, salah satu yang bikin boros ini adalah dengan nongkrong di kafe yang sekarang banyak menjamur di mana-mana.

Tidak mau kalah, kafe-kafe tersebutpun juga memberikan tempat dan suasana agar bisa digunakan oleh generasi milenial ini untuk berfoto dan dimasukkan ke dalam media sosial mereka (hitung-hitung promosi gratis kan).

Dengan biaya sekali nongkrong bisa puluhan bahkan ratusan ribu, bila hal ini dilakukan beberapa kali per minggu maka niscaya gaji generasi milenial ini tidak bersisa di akhir bulan. Ditambah selalu ada saja kafe atau tempat baru yang layak untuk dikunjugi setiap bulannya, membuat generasi milenial ini semakin boros.
Lalu apa sih yang harus dilakukan? Kalau dulu saya selalu menganjurkan melakukan bujeting dengan menggunakan metode Manajemen By Amplop. Namun di zaman yang serba teknologi ini, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang banyak di handphonemu.

Lalu bagaimana denganmu, apakah sudah menyisihkan penghasilan yang kamu dapat untuk menabung? Ayo mulai lindungi diri dan asetmu dengan memiliki asuransi dari Simas Insurtech!

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Pemerintah Memberikan Stimulus, Gajian 6 Bulan ke Depan Full Tanpa Dipotong Pajak!

30 January 2020

Tips & Trik

Cicilan Rumah Syariah : Tak Ada Denda, Tak Ada Riba ataupun Sita

30 January 2020

Tips & Trik

Mau Dapat Gaji Dalam Yen? Jepang Lagi Cari Banyak tenaga Kerja Loh!

30 January 2020

Tips & Trik

TV Digital Akan Mendorong Industri Elektronika di Indonesia

30 January 2020

Tips & Trik

Antisipasi Virus Corona, Pemerintah Setop Impor Hewan Hidup Dari China

30 January 2020

Tips & Trik

Apa saja yang boleh dicicil dan yang harus segera dibayar lunas?

30 January 2020

Tips & Trik

cara mengelola cicilan yang aman dan sehat

30 January 2020

Tips & Trik

Tips Keuangan untuk Bertahan di Masa Pandemi Corona

30 January 2020

Tips & Trik

Bonus Tahunan Sebaiknya Digunakan untuk Investasi

30 January 2020

Tips & Trik

Hati – hati Terhadap Pinjol Abal – abal, Kenali Ciri – cirinya

30 January 2020

Tips & Trik

Bisa Kaya Dengan Berapapun Uang Yang Kamu Miliki

30 January 2020

Tips & Trik

Insomnia Karena Masalah Keuangan? Gak Lagi Deh

30 January 2020