Travel

Daftar 11 Olahraga yang Tidak Ditanggung Asuransi Kecelakaan Diri

07 September 2022

olahraga yang tidak ditanggung asuransi kecelakaan diri

Asuransi kecelakaan diri adalah asuransi yang bakal memberikan ganti rugi apabila tertanggung cedera atau meninggal dunia akibat kecelakaan. Namun, kriteria kecelakaan yang ditanggung asuransi tidak sembarangan. Ada beberapa ketentuan yang menjadi pengecualian klaim asuransi kecelakaan. Salah satunya adalah risiko kecelakaan akibat olahraga ekstrem.


Olahraga yang tidak ditanggung asuransi kecelakaan diri itu apa saja sih? Untuk mengetahui jawaban dan penjelasannya, simak ulasannya di dalam artikel berikut!

11 Olahraga yang Tidak Ditanggung Asuransi Kecelakaan Diri

Olahraga ekstrem adalah bentuk aktivitas fisik yang memicu adrenalin dan berisiko tinggi, merupakan jenis olahraga yang tidak ditanggung asuransi kecelakaan diri. Beberapa contohnya adalah hiking, skateboard, parkour, beladiri, bungee jumping, hingga olahraga air. Berikut adalah penjelasannya.

1. Hiking

Hiking atau memanjat gunung adalah olahraga yang banyak digandrungi oleh para pecinta alam. Pasalnya, olahraga ini dinilai menyenangkan karena kita bisa menghirup udara segar di alam, belum lagi pemandangan indah yang bisa kita tangkap dari puncak gunung. Namun, perlu kamu ketahui bahwa hiking adalah salah satu olahraga yang tidak ditanggung asuransi kecelakaan diri, lho! Khususnya jika kamu mendaki hingga berada di atas 2,500 meter.

2. Skateboard

Skateboard atau papan seluncur merupakan olahraga menggunakan papan empat roda yang digunakan untuk berseluncur. Meskipun umumnya skateboard tidak dilakukan di tempat tinggi, olahraga ini memiliki risiko cedera yang tinggi karena melibatkan banyak gerakan di udara.

3. Parkur

Parkur adalah aktivitas fisik yang bertujuan untuk melewati rintangan dengan kemampuan fisik. Seringkali kita mengenal parkur adalah olahraga melompat antar gedung tinggi tanpa pengaman. Aktivitas semacam itu jelas sangat berbahaya, dan meskipun dilakukan oleh profesional, tetap tidak akan ditanggung asuransi karena risiko yang tinggi.

4. Beladiri

Beladiri menjadi salah satu olahraga yang tidak ditanggung asuransi kecelakaan diri. Pasalnya, kegiatan ini melibatkan pertarungan yang bisa menimbulkan cedera serius. Beberapa contoh jenis olahraga beladiri adalah taekwondo, karate, capoeira, judo, tinju, pencak silat, hingga muay thai.

Baca juga : Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

5. Bungee jumping

Bungee jumping atau terjun lenting adalah kegiatan terjun dari tempat yang tinggi menggunakan tali elastis yang mengikat pergelangan kaki. Meskipun berbahaya, banyak orang yang menyukai olahraga ini. Namun, tentu saja bungee jumping tergolong ke dalam olahraga yang tidak ditanggung asuransi kecelakaan diri.

6. Arung jeram

Arung jeram adalah olahraga menaiki perahu sambil mengarungi sungai dengan arus yang cukup deras. Perlu dipahami bahwa olahraga ini termasuk berbahaya, karena jika kapal terbalik, ada risiko tenggelam atau menabrak bebatuan sungai.

7. Berselancar

Berselancar merupakan olahraga di pesisir pantai yaitu dengan memanfaatkan ombak di lautan. Ada risiko peselancar diterjang ombak dan tenggelam, bahkan hanyut. Hal ini membuat berselancar menjadi salah satu olahraga yang tidak ditanggung asuransi kecelakaan diri.

8. Panjat tebing

Panjat tebing mengharuskan kita untuk mendaki hingga ketinggian tertentu. Ada banyak rintangan dalam olahraga ini, yaitu stamina, daya tahan untuk menopang tubuh, hingga bebatuan yang terjatuh di sekitar.

9. Paragliding

Paragliding adalah olahraga yang menggunakan parasut untuk terjun dari ketinggian. Orang yang melakukan paragliding hanya membawa parasut cadangan, harness, dan helm. Karena melibatkan ketinggian, paragliding termasuk olahraga yang tidak ditanggung asuransi kecelakaan diri.

10. Motocross

Motocross adalah olahraga balapan menggunakan motor khusus yang didesain untuk digunakan di luar jalanan (off road). Umumnya, mesin motorcross memiliki spek 125-450 cc. Karena melibatkan balapan dan rentan kecelakaan, olahraga ini tergolong olahraga ekstrem

11. Free Climbing

Free climbing adalah versi panjat tebing yang lebih ekstrem. Pasalnya, olahraga ini tidak menggunakan pengaman apapun dalam memanjat. Kendati begitu, banyak orang yang menggemari olahraga ini.

Baca juga : Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

Pengecualian Klaim Asuransi Kecelakaan Lainnya

pengecualian klaim asuransi kecelakaan
Selain olahraga ekstrem, ada beberapa pengecualian klaim lain dalam peraturan asuransi kecelakaan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Risiko terjadi atas kesengajaan

Setiap kejadian kecelakaan yang terjadi atas kesengajaan tertanggung, atau pihak-pihak yang berkepentingan mendapatkan uang pertanggungan, akan membatalkan klaim. Pasal ini ditentukan untuk menghindari kecurangan yang bisa dilakukan nasabah asuransi.

2. Percobaan bunuh diri

Setiap usaha percobaan bunuh diri atau usaha melukai diri sendiri akan membatalkan klaim asuransi kecelakaan. Jika tertanggung cedera, asuransi tidak akan menanggung biaya perawatan di rumah sakit.

3. Masa berlaku asuransi telah habis

Saat akan mengajukan klaim, pastikan masa asuransi yang kamu miliki belum habis. Umumnya, asuransi kecelakaan berlaku selama satu tahun dan harus diperbarui kembali.

4. Klaim terlambat diajukan

Perusahaan asuransi biasanya menentukan batas waktu maksimal pelaporan klaim, misalnya 3 x 24 jam. Apabila kamu mengajukan klaim melewati batas waktu tersebut, maka klaim yang kamu ajukan akan ditolak.

5. Syarat dokumen tidak lengkap

Setelah kamu melapor klaim, asuransi akan meminta kelengkapan dokumen pendukung, yang berisi identitas diri, bukti kepemilikan polis asuransi, dokumentasi, hingga kronologi kejadian. Pastikan dokumen yang diminta lengkap karena jika tidak, klaim kamu akan ditolak.

Baca juga : Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

Apakah Penting Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri?

Asuransi kecelakaan diri menjadi penting apabila kamu adalah seseorang di usia produktif dan memiliki tanggungan, baik pasangan, anak, atau orangtua. Definisi tanggungan adalah pihak-pihak yang menggantungkan hidupnya pada penghasilan kamu.

Jadi, fungsi memiliki asuransi kecelakaan diri adalah untuk menjaga keuangan keluarga. Apabila pencari nafkah dalam keluarga tak lagi bisa mendapatkan penghasilan, keluarga bisa memanfaatkan uang pertanggungan yang diberikan asuransi untuk melanjutkan hidup sementara waktu.

Asuransi Kecelakaan Persona Insurtech dari Simas Insurtech

Bagi kamu yang sedang mencari asuransi kecelakaan diri, asuransi Persona Insurtech dari Simas Insurtech bisa jadi pertimbangan kamu. Selain menawarkan proteksi diri yang luas, asuransi ini juga menawarkan kemudahan bagi pelanggannya.

Salah satu layanan unggulan produk ini adalah jasa klaim online melalui Whatsapp dan email. Jadi, kamu tak perlu datang ke kantor cabang asuransi untuk mengurus dan mengajukan klaim. Praktis, bukan?

Itulah beberapa penjelasan seputar olahraga yang tidak ditanggung asuransi kecelakaan diri beserta pengecualian lain dalam pengajuan klaim asuransi kecelakaan. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Artikel Lainnya

Travel

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri dan Tips Memilihnya

07 September 2022

Travel

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

07 September 2022

Travel

Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

07 September 2022

Travel

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

07 September 2022

Travel

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

07 September 2022

Travel

Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

07 September 2022

Travel

Asuransi Kecelakaan Diri Si Murah Yang Sering Terlupakan

07 September 2022

Travel

Pria harus bisa jaga diri

07 September 2022

Travel

keteledoran pejalan kaki yang sering menimbulkan kecelakaan

07 September 2022

Travel

Kecelakaan Diri Yang “Menghantui”

07 September 2022

Travel

Manfaat Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

07 September 2022

Travel

Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri dan Tips Memilihnya

07 September 2022

Travel

Cara Memilih Asuransi Kecelakaan Terbaik dan Manfaat yang Ditawarkan

07 September 2022

Travel

Begini Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri, Sangat Mudah!

07 September 2022

Travel

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri serta Manfaat dan Cara Klaimnya

07 September 2022

Travel

Titik Terang Viralnya Rombongan Pesepatu Roda Beraksi di Jalan Raya

07 September 2022