Seputar Asuransi

Cara Mencari Kucing Hilang dengan Cepat dan Aman

07 September 2022

cara mencari kucing hilang

Sebagian pemilik kucing seringkali membiarkan hewan peliharaan tercinta untuk tinggal di dalam rumah. Ada juga yang membiarkan mereka untuk berkeliaran di sekitar rumah. Namun, terlepas dari di mana kita memelihara hewan, selalu ada risiko kucing hilang. Entah kabur, tersesat, atau bahkan dicuri pihak lain.


Wajar saja, banyak yang mencari tahu cara mencari kucing hilang dengan cepat. Memang, saat kucing kesayangan kita hilang, pemilik harus sigap melakukan pencarian agar kucing tidak pergi terlalu jauh. Oleh sebab itu, mari simak penjelasan tentang penyebab dan cara mencari kucing hilang yang perlu dipahami setiap pemilik kucing.

Penyebab Kucing Hilang

Sebelum mencari tahu cara mencari kucing hilang, kita perlu memahami dulu beberapa alasannya. Berikut adalah beberapa penyebab kucing hilang.

1. Stres

Ketahuilah bahwa stress pada kucing bisa membuatnya ingin kabur dari rumah. Bisa jadi, ia kalah dalam pertengkaran dengan kucing sekitar rumah hingga membuatnya ingin meninggalkan wilayah. Atau mungkin ada perubahan di lingkungan rumah, misalnya renovasi atau kehadiran binatang peliharaan baru.

2. Kurang dirawat dengan baik

Sama seperti hewan lain, kucing yang kurang dirawat dengan baik, misalnya kurang diberi makan atau minuman, bisa membuatnya tidak nyaman di rumah. Pada akhirnya, ia pergi dari rumah dan mencari makanan di luar.

3. Insting berburu

Sebagai hewan predator, kucing memiliki insting untuk berburu. Ia bisa melakukannya lebih leluasa di luar rumah untuk mencari mangsa hingga berhari-hari.

4. Ingin mencari pasangan

Kucing yang mencapai usia dewasa yang belum disteril akan memiliki dorongan untuk kawin. Untuk mencari betina atau jantan, ia akan pergi ke luar dari rumah.

5. Sakit keras

Kucing yang sakit keras biasanya cenderung ingin bersembunyi serta menghindari keramaian demi menyembuhkan diri. Bisa jadi, kucing yang pergi dan tidak kembali lagi sedang sakit keras hingga mati.

6. Mengalami cedera

Saat bermain di luar rumah, kucing bisa jadi mengalami cedera, misalnya akibat bertengkar atau tertabrak mobil. Hal ini bisa menyebabkan kucing tidak sanggup untuk pulang ke rumah.

Baca juga : Trauma Dapat Menjadi Penyebab Kucing Galak

Cara Mencari Kucing Hilang

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencari kucing hilang.

1. Cari di dalam rumah

Saat kamu tidak menemukan kucing di tempat biasa, coba dulu cari di tempat-tempat tersembunyi di dalam rumah, misalnya di loteng, basement, atau di balik lemari atau kursi. Bisa jadi, kucing kamu sedang iseng bermain di pojokan rumah untuk berburu tikus.

2. Cari di sekitar rumah

Jika kamu tidak menemukan kucing di dalam rumah, cobalah cari di lingkungan sekitar rumah. Biasanya, kucing tidak akan berjalan terlalu jauh jika waktu hilangnya belum terlalu lama. Kamu bisa mencarinya di jalanan depan rumah atau meminta izin untuk mengecek teras rumah tetangga.

3. Bawa makanan kesukaannya

Cara mencari kucing hilang yang ketiga adalah membawa makanan atau mainan kesukaan kucing kamu untuk memancingnya keluar dan menghampiri. Kamu juga bisa membawa senter untuk melihat pantulan matanya di malam hari.

4. Panggil dengan suara lembut

Umumnya, kucing yang tidak pulang ke rumah sedang dalam keadaan ketakutan. Kamu bisa memanggilnya dengan suara lembut agar ia tidak makin ketakutan.

5. Cari di malam hari

Kucing adalah hewan nokturnal, yang banyak beraktivitas di malam hari. Oleh sebab itu, cara mencari kucing hilang yang tepat adalah di malam hari. Pasalnya, jika mencari kucing di siang hari, kemungkinan ia sedang tidur dan lebih sulit ditemukan.

6. Minta bantuan orang lain untuk ikut mencari

Kamu juga bisa meminta bantuan orang sekitar, misalnya tetangga atau keluarga untuk mencari kucingmu. Semakin banyak yang mencari, semakin luas juga jangkauan tempat pencarian yang dilihat.

7. Buat pamflet kucing hilang

Cara mencari kucing hilang yang terakhir adalah mencetak dan menyebarkan pamflet kucing hilang, yang berisikan foto terakhir kucing, ciri-cirinya, serta nomor kontak yang bisa dihubungi jika ada yang menemukannya. Sebarkan pamflet ini secara online agar lebih banyak yang bisa melihatnya.

Baca juga : Cek Perilaku Kucing Peliharaanmu dan Jangan Sampai Diabaikan, Bisa Bahaya!

Tips Lokasi untuk Mencari Kucing

tips lokasi untuk mencari kucing

Cara mencari kucing hilang yang akurat adalah dengan mencari di lokasi-lokasi yang tepat. Berikut adalah beberapa lokasi yang bisa kamu coba:

  • Sudut tersembunyi di dalam rumah
  • Lingkungan rumah, kurang lebih berjarak 5 rumah dari rumah kamu.
  • Area yang tinggi, misalnya atap atau lantai 2.
  • Tempat yang hangat seperti di bawah mobil.

Pentingnya Asuransi Hewan Peliharaan untuk Kucing

Setelah mengetahui cara mencari kucing hilang, pemilik hewan peliharaan juga perlu memahami bahwa ada beberapa risiko dalam memelihara hewan, misalnya kematian kucing atau kucing menyerang pihak ketiga sehingga menimbulkan tuntutan hukum. Oleh sebab itu, penting memiliki produk asuransi hewan peliharaan untuk mengelola keuangan kamu. Apa saja manfaat memiliki produk ini?

1. Mendapatkan kompensasi jika kucing hilang

Apabila kucing kamu hilang, maka pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan sebagai kompensasi atas musibah tersebut. Biasanya, nominal uang yang diberikan setara dengan harga beli kucing kamu yang hilang.

2. Mendapatkan kompensasi untuk imbalan penemuan kucing

Beberapa produk asuransi hewan juga menawarkan pemberian bantuan kepada pemilik kucing, untuk diberikan sebagai imbalan kepada siapa saja yang menemukan kucing tersebut.

3. Mendapatkan kompensasi tanggung jawab hukum pihak ketiga

Selain hilang, ada risiko kucing menyerang pihak ketiga dan menyebabkan cedera. Saat hal ini terjadi, pihak ketiga tersebut bisa menuntut sang pemilik. Nah, asuransi akan memberikan kompensasi atas risiko ini.

Baca juga : Asuransi Hewan: Pengertian, Manfaat, Biaya, Syarat dan Cara Klaim

Pet Insurtech dari Simas Insurtech

Salah satu asuransi hewan terbaik yang bisa kamu dapatkan di Indonesia adalah Pet Insurtech dari Simas Insutech. Selain memberikan proteksi yang menarik, asuransi ini juga menawarkan layanan klaim secara online. Jadi, kamu tak perlu repot datang ke kantor asuransi untuk mencairkan klaim. Kamu tinggal menghubungi customer service melalui Whatsapp atau email.

Selain asuransi hewan, kamu juga bisa mendapatkan produk asuransi lain dari asuransi Simas Insurtech, yaitu asuransi mobil, asuransi perjalanan, asuransi pesawat, asuransi kecelakaan, dan asuransi rumah.

Demikian penjelasan tentang cara mencari kucing hilang.Semoga penjelasan tersebut bermanfaat!

Artikel Lainnya

Seputar Asuransi

Cara Mengetahui Umur Kucing dan Bedanya dengan Umur Manusia

07 September 2022

Seputar Asuransi

Memahami Cara Kucing Berkomunikasi Dengan Gerakan Ekornya

07 September 2022

Seputar Asuransi

Memastikan telinga kucing selalu bersih

07 September 2022

Seputar Asuransi

Permainan sederhana untuk kucing kesayanganmu

07 September 2022

Seputar Asuransi

Kota Ramah Kucing Mencari Penjaga Kucing Liar

07 September 2022

Seputar Asuransi

Cara Mengetahui Umur Kucing dan Bedanya dengan Umur Manusia

07 September 2022

Seputar Asuransi

Mengetahui seputar pintu peliharaan

07 September 2022

Seputar Asuransi

Permainan sederhana untuk kucing kesayanganmu

07 September 2022

Seputar Asuransi

Pecinta Kucing? 10 Fakta Tentang Si Pus yang Belum Kamu Tahu

07 September 2022

Seputar Asuransi

Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

07 September 2022

Seputar Asuransi

Ciri Produk Asuransi Hewan Terbaik dan Tips Membelinya

07 September 2022

Seputar Asuransi

Asuransi Hewan: Pengertian, Manfaat, Biaya, Syarat dan Cara Klaim

07 September 2022

Seputar Asuransi

Tips Menghemat Biaya Perawatan Hewan Peliharaan

07 September 2022

Seputar Asuransi

Anak Autisme Disarankan untuk Memelihara Kucing

07 September 2022

Seputar Asuransi

Kota Ramah Kucing Mencari Penjaga Kucing Liar

07 September 2022

Seputar Asuransi

Pentingnya Mengetahui Gejala Penyakit Distamper yang Mematikan pada Anjing

07 September 2022

Seputar Asuransi

6 Kegiatan yang Bisa Memperkuat Hubunganmu dengan Hewanmu

07 September 2022