Tips & Trik

Canggihnya Kamera Tilang Elektronik di Jakarta

12 February 2020

canggihnya kamera tilang elektronik dijakarta

Mulai Februari 2020 Jakarta telah mulai memberlakukan tilang elektronik dibeberapa titik lampu merah. Tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE) juga sudah dikembangkan untuk menangkap pelanggaran yang dilakukan sepeda motor.

“Kamera yang terpasang akan dipantau oleh petugas TMC Polda Metro Jaya di ruang terpisah. Kamera tersebut mampu menangkap gambar lalu akan dikaji oleh petugas mengenai jenis pelanggarannya, nomor polisi kendaraan akan terekam dan disesuaikan dulu dengan databese yang sudah ada,” ujar Fahri (Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP) beberapa waktu lalu.
Setelah dikonfirmasi jenis pelanggaran yang dilakukan, petugas akan meng-capture gambar pelanggaran untuk selanjutnya dijadikan bukti otentik. Petugas akan mengirimkan data pelanggaran bersama biaya denda pelanggaran langsung ke alamat pelanggar. Untuk jenis kamera yang terpasang atau yang dimiliki oleh Ditlantas Polda Metro Jaya, memiliki spesifikasi berbeda-beda. Pertama dilengkappi dengan fitur Automatic Number Plat Recognition (ANPR) yang mampu mendeteksi jenis pelanggaran marka dan lampu lalu lintas.

Kedua, kamera check point yang dapat mendeteksi jenis pelanggaran ganjil genap, tidak menggunakan sabuk keselamatan, dan penggunaan ponsel oleh pengendara mobil. Dan yang ketiga adalah kamera speed radar. Kamera ini dikoneksikan dengan kamera check point untuk mendeteksi kecepatan kendaraan yang melintas. Kamera tilang ETLE mampu menjangkau semua kendaran yang berada dalam radius 20-30 meter dari titip penempatan kamera. Pemindaian pengendara yang melanggar juga dapat dilakukan dengan cepat dalam hitungan detik.

Pada waktu tertentu seperti malam hari, kamera akan mengeluarkan sekelebat cahaya secara cepat. Hal itu menandakan bahwa kamera sedang berkerja. Saat data kendaraan sesuai dengan data seperti jenis kendaraannya, warna kendaraannya, serta nomor polisinya, maka bisa dipastikan data tersebut valid dan diterbitkannya surat konfirmasi kepada pelanggar.

Sumber: kompas.com dengan judul “Intip Kecanggihan Kamera Tilang Elektronik di Jakarta”

Artikel Lainnya

Tips & Trik

4 Hal Penting Saat Mencari Asuransi Kendaraan

12 February 2020

Tips & Trik

Berbeda Dengan Negara Lain Indonesia Menggunakan Setir kanan, Kenapa?

12 February 2020

Tips & Trik

Gak Cuma Tes Mengemudi, Sekarang Buat SIM Juga Ada Tes Psikologi

12 February 2020

Tips & Trik

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Ingat Pentingnya Berkendara Aman Saat Gunung Meletus

12 February 2020

Tips & Trik

Mobil Listrik Tidak Boleh Sampai Terkena Banjir, Apa Bisa Dipakai di Jakarta?

12 February 2020