Tips & Trik

Bonus Tahunan Sebaiknya Digunakan untuk Investasi

31 January 2020

bonus untuk investasi

Dilansir dari detik.finance.com. Berikut beberapa hal yang bisa digunakan seputar memanfaatkan bonus tahunan.

Menyenangkan Diri Pakai Bonus

Bonus itu ibarat doping, pemacu semangat agar kinerja dapat lebih produktif lagi kedepannya. Tidak ada salahnya menggunakan bonus untuk menyenangkan diri, seperti belanja, atau berlibur bersama keluarga.
Lalu, bagaimana jika kita punya utang? Bonus pun dapat kita manfaatkan untuk melunasi sebagian kewajiban utang. Sehingga akan menyehatkan kondisi keuangan kita. Namun jangan lupa untuk tetap mengalokasikan sebagian porsi bonus untuk menyenangkan diri.

Perencanaan Keuangan dari Gaji Bukan Bonus

Penting untuk merencanakan penggunaan bonus. Namun harus diingat, jangan mengandalkan bonus ke dalam perencanaan keuangan yang sudah kita tetapkan sebelumnya. Berbeda dengan gaji ataupun THR yang sudah dapat kita prediksi dan pastikan jumlahnya, tidak demikian dengan bonus.
Untuk memenuhi tujuan keuangan seperti persiapan pendidikan anak, liburan, atau persiapan pensiun lakukan perencanaan keuangan secara matang dari penghasilan tetap yang lebih terprediksi. Setidaknya 20% dari penghasilan setiap bulan kita sisihkan untuk masa depan.

Bonus untuk Investasi, Kenapa Nggak?

Berapapun jumlah bonus yang diterima, wajib kita syukuri. Jika jumlahnya tidak sesuai harapan, karena tidak masuk ke dalam perencanaan keuangan bulanan, maka tujuan keuangan yang sudah ditentukan sebelumnya tidak akan terganggu.
Namun jika bonus yang diterima melebihi ekspektasi, sisihkan sebagian untuk menambah porsi investasi kita. Silahkan ditentukan secara bijak penggunaan bonus. Ingat rumus penghasilan dikurangi gaya hidup sama dengan masa depan.
Artinya semakin banyak bonus yang kita belanjakan untuk masa kini, semakin sedikit yang bisa dimanfaatkan untuk masa depan. Bonus adalah tepat untuk dibelanjakan bila perencanaan keuangan untuk masa depan telah dipersiapkan dengan baik.
Ayo atur keuanganmu dan hadapi risiko finansial dengan membeli asuransi dari Simas Insurtech!

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Hati – hati Terhadap Pinjol Abal – abal, Kenali Ciri – cirinya

31 January 2020

Tips & Trik

Tips Keuangan untuk Bertahan di Masa Pandemi Corona

31 January 2020

Tips & Trik

Katanya Milenial itu Boros Banget, Benarkah?

31 January 2020

Tips & Trik

Hati – hati Terhadap Pinjol Abal – abal, Kenali Ciri – cirinya

31 January 2020

Tips & Trik

Bisa Kaya Dengan Berapapun Uang Yang Kamu Miliki

31 January 2020

Tips & Trik

Insomnia Karena Masalah Keuangan? Gak Lagi Deh

31 January 2020