Tips & Trik

Batik Sudah Menjadi Identitas Kebanggaan Bangsa Indonesia

02 October 2018

hari batik nasional kebudayaan bangsa indonesia

Rasanya tidak ada satupun warga negara Indonesia yang tidak mengenal batik. Batik telah menjadi salah satu identitas bangsa. Batik merupakan kerajinan kain yang digambar dengan motif-motif khusus yang indah, unik dan khas dan sangat diminati sejak jaman dahulu kala hingga saat ini.

Sejarah Batik

Sejarah batik di Indonesia sangat berkaitan dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa bertahun-tahun silam. Seni membatik telah banyak dilakukan sejak zaman Kesultanan Mataram dan terus berlanjut dan menyebar hingga hampir keseluruh wilayah Nusantara.

Teknik batik sendiri sebenarnya tidak berasal dari Indonesia, teknik ini telah diketahui lebih dari 1.000 tahun lalu. Taknik membatik dipercai pertama kali dikenal di bangsa Mesir kuno atau Sumeria. Namun ketika teknik ini masuk kewilayah Indonesia, masyarakat Indonesia kuno mulai membuat pola-pola khas yang mencerminkan khas dari wilayah kerajaan yang mereka tempati.

Awalnya sejarah batik hanya menjadi budaya bagi keluarga kerajaan di Indonesia. Pakaian yang menggunakan motif-motif batik terbatas hanya dapat digunakan dalam keraton saja dan batik dihasilkan hanya untuk pakaian raja dan keluarga kerajaan dan serta para pembesar yang terhormat. Namun karena banyak pembesar tinggal di luar wilayah keraton, sehingga akhirnya kesenian batik ini pun mulai diikuti oleh masyarakat biasa dan dihasilkan secara lokal di tempatnya masing-masing dengan corak khas masing-masing dari setiap wilayah nusantara.

Batik di Indonesia

Hingga saat ini setidaknya ada 50 motif batik asli Indonesia yang menjadi terkenal hingga kemancanegara. Sebut saja batik pekalongan, batik bali, batik papua, batik banten, batik solo, batik jogja, batik balik papan, batik maluku dan masih banyak lagi.

Bahkan saat ini baik disekolah ataupun kantor-kantor yang ada, biasanya akan mengkhususkan satu hari dalam seminggu untuk menggunakan batik sebagai wujud kebanggaan terhadap kebudayaan bangsa Indonesia. Selain itu Indonesia juga menetapkan tanggal 2 Oktober untuk menjadi Hari Batik Nasional yang dirayakan setiap tahun.

Batik Saat Ini

Saat ini batik sendiri telah menjadi pakaian resmi dan pakaian sehari-hari yang dikenakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Batik biasa dikenakan saat acara kebangsaan spserti saat pemilihan pemimpin, pelantikan pejabat, perayaan kemerdekaan Indonesia dan masih banyak lagi. Dimasyarakat sendiri batik juga biasa dikenakan untuk acara-acara resmi kantor ataupun pesta pernikahan.

Kain batik telah menjelma menjadi banyak model pakaian yang indah, mulai dari kemeja, blose, dress hingga gaun malah yang anggun dan megah. Banyak designer-designer terkenal yang jatuh cinta kepada kain batik karena keunikan motif yang hanya terdapat di kain batik.

Batik saat ini juga tidak hanya dipakai dalam pakaian saja, ada banyak sekali motif batik yang dijadikan keseninan dalam bentuk yang semakin berkembang. Seperti pada lukisan, accesoris wanita, sepatu, dompet, dan masih banyak lagi. Selain itu batik sendiri juga banyak digunakan untuk pakaian sehari-hari yang santai karena jenis kainnya yang nyaman. Seperti dijadikan piyama atau daster-daster yang cantik dan nyaman.

Batik wujud kebanggan bangsa

Memang tidak bisa diingkari lagi bahwa seluruh warga Indonesia mencintai batik dan bangga atas kebudayaan yang dimiliki Indonesia ini. Dengan terus melestarikan batik, rakyat Indonesia telah bersatu hati untuk menjadikan batik sebagai salah satu kebanggan bangsa yang harus dipertahankan.

Bukan hanya batik, Indonesia masih memiliki kebudayaan-kebudayaan lain yang wajib untuk dilestarikan seluruh rakyat Indonesia. Seperti bahasa-bahasa daerah, baju daerah, tarian-tarian daerah dan masih banyak lagi. Seiring perkembangannya anak-anak bangsa juga menciptakan produk-produk lain yang juga dapat bersaing dengan produk-produk yang berasal dari luar negeri. Dan sebagai warga negara yang cinta akan bangsa sudah seharusnya menjadikan produk-produk dalam negeri menjadi pilihan yang utama.

Seperti Sinarmas yang telah selama delapan dekade / 80 tahun telah #TumbuhBersama bangsa Indonesia. Untuk menghadirkan produk-produk ciptaan anak bangsa yang memiliki kualitas sama atau bahkan lebih baik dibandingkan produk-produk barang dan jasa yang berasal dari luar negeri. Salah satunya adalah Asuransi Simas Insurtech yang memberikan perlindungan bagi kebutuhan rakyat Indonesia dengan cara yang lebih simple dan modern.

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Terus Berkembang di Tengah Pandemi, Premi Simas Insurtech Tumbuh 158% Hingga Mei 2020

02 October 2018

Tips & Trik

Rawat Emblem Mobilmu Agar Tetap Kinclong

02 October 2018

Tips & Trik

Hati-Hati Setir Mobil Bisa Lebih Kotor Dibanding Toilet

02 October 2018

Tips & Trik

Simas Insurtech Capai Target Premi 100M, Kini Sudah Capai 150M!

02 October 2018

Tips & Trik

Mengapa Memiliki Mobil Di Indonesia Dianggap Penting

02 October 2018

Tips & Trik

Membeli Apartemen Jadi Trend di Kalangan Millenial

02 October 2018

Tips & Trik

Pesona Bali Berhasil Memikat Turis Australia

02 October 2018

Tips & Trik

Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Aceh

02 October 2018

Tips & Trik

Mengenal berbagai macam kari di Asia

02 October 2018

Tips & Trik

Daftar Merek Amerika yang pernah mengaspal di Indonesia

02 October 2018

Tips & Trik

Gunung Anak Krakatau masih berstatus waspada

02 October 2018

Tips & Trik

Makanan Ringan Populer Dari Berbagai Negara

02 October 2018

Tips & Trik

Asuransi Sinar Mas dan Simas Net Mulai Bayar Klaim Gempa Palu

02 October 2018

Tips & Trik

Asuransi Simasnet Lahir Untuk Masyarakat Indonesia yang lebih maju

02 October 2018

Tips & Trik

80 Tahun Perjalanan Sinarmas #TumbuhBersama Indonesia

02 October 2018

Tips & Trik

Hanya 1 dari 10 Orang Indonesia yang Sadar Punya Tekanan Darah Tinggi

02 October 2018