Seputar Asuransi

Hati-Hati, Ini Bahaya Kebiasaaan Menggigit Kuku

22 July 2019

mengigit kuku simas insurtech

Kebiasaan menggigit kuku atau onychophagia sering dilakukan oleh banyak orang tanpa disadari. Banyak hal yang memicu seseorang untuk memiliki kebiasaan menggigiti kuku ini, seperti sifat perfeksionisme, kondisi stres, kegelisahan, gangguan obsesif kompulsif ataupun rasa bosan.

Kebiasaan menggigit kuku

Kebiasaan sederhana ini mungkin sering di anggap sepeleh, namun ternyata dapat bisa menimbulkan efek jangka panjang. Menggigiti kuku bisa mengundang infeksi bakteri atau jamur untuk masuk ke dalam tubuh dan aliran darah. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan peluang seseorang untuk tertular penyakit seperti flu dan diare.

Menurut ahli kesehatan, ada banyak sekali kuman yang terdapat di bawah kuku Anda. Seperti bakteri Staphylococcus, Strep, dan Coryneform, yang sangat mungkin masuk ke dalam tubuh melalui luka di kulit kita.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sering menggigiti kuku memiliki bakteri E Coli didalam air liur mereka. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti masalah lambung, infeksi saluran kemih dan lainnya. E Coli ini jumlahnya tiga kali lipat dibandingkan orang yang tidak pernah menggigiti kuku,” kata dr Madan.

Jangan khawatir, kebiasaan ini bisa dihendtikan jika kamu mau melakukannya. Jauhkan tangan dari mulut, sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air, dan juga mengunyah permen karet untuk mengganti kebiasaan ini.