Tips & Trik

Apa Itu Premi Asuransi serta Jenis-jenis dan Tujuannya

16 August 2022

premi asuransi

Premi asuransi adalah istilah dalam asuransi yang sangat penting untuk dipahami setiap calon nasabah. Pasalnya, istilah ini sering muncul di dalam dokumen polis.

Sayangnya, masih banyak yang asing dengan istilah premi. Bahasan seputar premi, mulai dari pengertian, jenis-jenis, tujuan, hingga cara menghitungnya akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Premi Asuransi?

Berdasarkan UU No. 40 Tahun 2014, premi adalah sejumlah uang yang ditentukan oleh perusahaan asuransi dan disetujui oleh pemegang polis agar bisa dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi untuk mendapatkan manfaat.
Sederhananya, pengertian premi asuransi adalah uang yang dibayarkan oleh nasabah kepada pihak asuransi dengan imbalan berupa proteksi keuangan dari asuransi. Jadi, nasabah memberikan sejumlah iuran premi kepada premi untuk “membeli” jaminan atas risiko tertentu. Ketika risiko tersebut terjadi, asuransi akan memberikan uang pertanggungan yang jumlahnya berkali-lipat dari besaran premi tersebut.
Oleh sebab itu, bisa dibilang mekanisme perjanjian asuransi ini menguntungkan dua belah pihak. Nasabah asuransi bisa mendapatkan ganti rugi jika mengalami risiko, sementara perusahaan asuransi mendapatkan keuntungan dari premi yang dibayarkan nasabahnya.

Jenis-jenis Premi Asuransi Umum

Terdapat beberapa jenis premi dalam asuransi umum, yaitu:

1. Premi asuransi kendaraan

Premi asuransi kendaraan adalah premi yang dibayarkan dengan tujuan untuk mendapat penggantian atas perbaikan kendaraan jika rusak atau hilang. Kamu bisa mendapatkan pertanggungan kerugian atas kerusakan sebagian atau kerusakan mobil, tergantung jenis asuransi kendaraan yang kamu pilih.

2. Premi asuransi kecelakaan

Premi asuransi kecelakaan adalah iuran yang dibayarkan untuk mendapatkan uang pertanggungan jika tertanggung asuransi kecelakaan meninggal dunia. Umumnya, premi asuransi kecelakaan tidak begitu mahal, hanya berkisar di ratusan ribu saja per tahun.
 
Baca juga : Kenali Makna Istilah Tertanggung dalam Asuransi di Sini!

3. Premi asuransi perjalanan

Premi asuransi perjalanan adalah premi yang berfungsi untuk mendapatkan proteksi terhadap risiko kerugian selama perjalanan. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah kompensasi keterlambatan pesawat, pertanggungan risiko kecelakaan, kompensasi kerusakan bagasi, hingga kompensasi kehilangan dokumen penting. Kamu juga akan mendapatkan pertanggungan biaya evakuasi darurat jika di wilayah tujuan terjadi kerusuhan.

4. Premi asuransi rumah

Premi asuransi rumah adalah premi yang dibayarkan untuk mendapatkan proteksi atas risiko kerusakan rumah. Jadi, apabila rumah kamu mengalami kerusakan akibat kebakaran, kamu akan mendapatkan sejumlah uang untuk renovasi rumah tersebut.

5. Premi asuransi hewan

Premi asuransi hewan adalah premi yang dibayarkan untuk memproteksi risiko terhadap hewan peliharaan. Risiko yang ditanggung umumnya adalah kematian hewan akibat kecelakaan hingga tanggung jawab pihak ketiga jika hewan peliharaan menyerang orang lain dan menimbulkan cedera.

Tujuan Premi Asuransi

tujuan premi asuransi

Membayar premi tentu ada tujuannya. Apa saja? Berikut adalah penjelasannya.

1. Mengelola risiko keuangan

Dalam perencanaan keuangan, kita wajib mengantisipasi risiko pengeluaran yang besar, misalnya mobil rusak atau rumah kebakaran. Jika musibah tersebut terjadi, maka uang tabungan kita akan terkuras habis.
Oleh sebab itu, membayar premi asuransi bisa menjadi solusi. Kamu bisa mengukur pengeluaran kamu, misalnya kamu hanya perlu membayar Rp1 juta setiap tahunnya, tapi bisa terbebas dari risiko kerugian puluhan hingga ratusan juta.

2. Mendapatkan jaminan proteksi

Dengan membayar premi, kamu juga akan mendapatkan jaminan proteksi keuangan. Kamu bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dan terukur.
 
Baca juga : Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

Cara Menghitung Premi

Menghitung biaya premi asuransi umum secara umum tidak rumit. Kamu hanya perlu mengalikan rate premi dengan uang pertanggungan atau harga pertanggungan. Berikut adalah rumusnya:
 

Total Premi = Rate Premi x Uang Pertanggungan

 
Rate premi biasanya ditentukan oleh perusahaan asuransi masing-masing. Sementara itu, uang pertanggungan atau harga pertanggungan ditentukan berdasarkan nilai aset yang diasuransikan.
Contohnya, uang pertanggungan asuransi rumah berarti setara dengan nilai harga rumah. Sementara itu, uang pertanggungan asuransi kendaraan artinya setara dengan nilai harga mobil. Jadi, semakin besar uang pertanggungan, otomatis premi yang harus dibayar juga semakin besar.

Faktor yang Menentukan Besaran Premi

Dalam menentukan biaya premi, ada beberapa faktor yang penting diketahui. Beberapa di antaranya adalah:

1. Profesi tertanggung

Besaran premi, khususnya asuransi kecelakaan sangat ditentukan oleh profesi tertanggung. Pasalnya, setiap profesi memiliki tingkatkan risikonya masing-masing. Misalnya, risiko pekerja kantoran tentu lebih rendah daripada risiko pekerja lapangan yang bekerja di lapangan. Berikut adalah level tingkatan profesi:

  • Kelas I: profesi yang banyak berada di kantor atau dalam ruangan, seperti akuntan, pengacara, bankir.
  • Kelas II: profesi yang banyak berada di dalam ruangan tapi sering juga bepergian sehingga punya risiko kecelakaan yang lebih besar, misalnya sales dan aktris.
  • Kelas III: profesi yang bekerja di lapangan, misalnya arsitek, sipil, supir pribadi, hingga ahli bedah.
  • Kelas IV: profesi yang punya pekerjaan kasar dan berisiko tinggi, misalnya montir, supir angkutan, hingga buruh pabrik.

Baca juga : Own Risk atau Biaya Klaim Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu!

2. Kebiasaan hidup tertanggung

Kebiasaan hidup tertanggung juga menjadi faktor penentu biaya asuransi kecelakaan. Semakin tinggi risiko hidup tertanggung, maka semakin besar juga premi yang harus dibayarkan.

3. Wilayah domisili tertanggung

Wilayah domisili tertanggung akan menentukan rate asuransi kecelakaan. Semakin tinggi tingkat kecelakaan di wilayah domisili tertanggung, maka risikonya juga semakin tinggi. Oleh sebab itu, rate premi di wilayah padat penduduk seperti Jakarta dan Jawa Barat lebih tinggi daripada di daerah lainnya.

4. Nilai aset yang diasuransikan

Nilai aset yang diasuransikan sangat mempengaruhi nilai premi. Semakin besar nilai aset, maka semakin besar juga nominal ganti rugi yang harus dibayar asuransi. Sehingga, perhitungan preminya juga semakin besar.

5. Rate premi

Rate premi biasanya ditentukan oleh setiap perusahaan asuransi. Beberapa produk seperti asuransi kendaraan memiliki ketentuan rate premi standar dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu berdasarkan wilayah domisili, tipe kendaraan, dan harga kendaraan yang diasuransikan.

6. Peluang terjadinya risiko

Intinya, peluang terjadinya risiko akan mempengaruhi perhitungan premi. Semakin besar risiko yang bisa terjadi maka preminya juga akan semakin besar.
 
Baca juga : Cara Memilih Asuransi Online Terbaik yang Perlu Kamu Tahu

Produk Asuransi Online dari Simas Insurtech

Setelah memahami pengertian premi asuransi, mungkin kamu ingin mencari tahu lebih dalam seputar produk asuransi umum. Salah satu asuransi umum terbaik yang bisa kamu temukan di Indonesia adalah Simas Insurtech. Selain menawarkan jasa klaim online, perusahaan ini juga menerbitkan beberapa jenis produk asuransi, yaitu:

  • Asuransi mobil
  • Asuransi rumah
  • Asuransi perjalanan
  • Asuransi penerbangan
  • Asuransi hewan peliharaan
  • Asuransi kecelakaan

Setiap produk tersebut menawarkan manfaat yang luas. Tertarik untuk membeli?

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Pengertian Istilah Uang Pertanggungan dalam Asuransi Umum

16 August 2022

Tips & Trik

14 Pertanyaan tentang Asuransi Umum yang Perlu Kamu Ketahui

16 August 2022

Tips & Trik

Kenali Makna Istilah Tertanggung dalam Asuransi di Sini!

16 August 2022

Tips & Trik

7 Jalan yang TerPopuler di Dunia

16 August 2022

Tips & Trik

Kecelakaan Diri Yang “Menghantui”

16 August 2022

Tips & Trik

18 Istilah Asuransi yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Membeli

16 August 2022

Tips & Trik

Apa Yang Dimaksud Dengan Premi Asuransi

16 August 2022

Tips & Trik

Kupas Tuntas Tentang Premi Asuransi

16 August 2022

Tips & Trik

Bisakah Klaim Asuransi Mobil karena Kesalahan Sendiri?

16 August 2022

Tips & Trik

Pentingnya Asuransi Perjalanan ke Malaysia Sebelum Jalan-jalan

16 August 2022

Tips & Trik

Ini Pengertian Polis Asuransi beserta Fungsi dan Contohnya

16 August 2022

Tips & Trik

Kapan Waktu Terbaik Membeli Produk Asuransi? Cek di Sini!

16 August 2022

Tips & Trik

Rawat Jok Mobil mu Agar Tidak Jadi Kaku dan Retak

16 August 2022