Tips & Trik

8 Tips Bikin Nasi Goreng yang Enak dan Sedap

26 June 2020

tips memasak nasi goreng

Bagi sebagian orang, nasi goreng merupakan menu yang ideal untuk sarapan. Meski populer dan terlihat gampang membuatnya, nyatanya tak semua orang sukses bikin nasi goreng enak. Ada baiknya simak 8 tips bikin nasi goreng ini.

Konon nasi goreng pertama kali dibuat oleh orang China untuk memanfaatkan nasi sisa dan lauk-pauk dari makan malam. Paginya diolah menjadi nasi goreng, ditambah telur tentu saja rasanya enak, apalagi kalau masih hangat.
Seperti hidangan China, nasi goreng akhirnya dikenal di seluruh dunia sebagai makanan khas Asia, terutama negara dengan makanan pokok nasi. Indonesia juga dikenal dengan nasi gorengnya. Bahkan nasi goreng menjadi hidangan ikonik Indonesia.
Jenis atau ragam nasi goreng sangatlah banyak. Hampir tiap negara di Asia punya varian nasi goreng. Apalagi di Indonesia, tiap daerah punya racikan nasi goreng. Nasi goreng kampung, nasi goreng kunyit, nasi goreng rendang, nasi goreng ikan asin hingga nasi goreng babat.
Mungkin kamu pernah membuat nasi goreng sendiri tetapi hasilnya kurang memuaskan. Nasinya lembek, bumbunya kurang atau bahkan berminyak dan telurnya berbau amis. Bisa jadi kamu terlewat memperhatikan 8 tips ini.

1. Nasi yang pas matangnya

Nasi adalah kunci kelezatan nasi goreng. Banyak orang memakai nasi sisa semalam yang sudah disimpan dalam kulkas hingga agak keras. Tetapi jika nasi memang lembek meski disimpan dalam kulkas tentu teksturnya tetap lembek.
Sebenarnya tergantung selera. Tetapi nasi goreng yang enak adalah nasi yang bagian luarnya renyah tetapi bagian dalamnya pulen. Makanya abang penjual nasi goreng gerobakan memakai nasi yang sedikit pera. Jenis beras ramos cocok dibuat nasi goreng.
Jangan lupa setelah dikeluarkan dari kulkas, uraikan nasi yang menggumpal atau bertumpuk jadi satu hingga terurai. Ini memudahkan bumbu meresap saat nasi ini dimasak bersama bumbu dan bahan lainnya.

2. Wajan cekung

Bukan tak boleh memakai wajan datar untuk membuat nasi goreng, tetapi untuk hasil maksimal, gunakan wajan wok, wajan cekung dari besi atau aluminium atau bahan lainnya. Wajan cekung akan menyebarkan panas merata di sisi wajan sehingga bahan yang diaduk bisa matang bersamaan.
Karena itu penjaja nasi goreng atau koki di rumah makan dan restoran China selalu memakai wajan cekung untuk membuat nasi goreng. Mereka cukup menggoyangkan wajan ke arah depan untuk membalik nasi goreng.

3. Bumbu lengkap

Sebelum memulai membuat nasi goreng, racik dan siapkan semua bahan-bahan di dekat kamu memasak. Dengan demikian kamu tak perlu membuang waktu mencari-cari bumbu yang kelupaan. Hal ini bisa menghindarkan dari bumbu gosong karena terlalu lama dipanaskan di wajan tanpa diaduk.
Untuk bumbu nasi goreng dengan cabe, bisa dipakai bumbu nasi goreng kemasan yang siap pakai. Atau racik sendiri dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, terasi, cabe merah dan garam. Buat bumbu ini dalam jumlah banyak, tumis dengan minyak hingga matang dan simpan dalam botol bertutup sebagai stok.
Untuk nasi goreng putih atau nasi goreng China cukup memakai bawang putih yang dicincang. Bumbunya berupa kecap asin, saus tiram dan sedikit miyak wijen dan garam. Jang lupa siapkan juga bawang merah goreng sebagai bahan taburan nasi goreng yang sedap.

4. Jangan terlalu banyak isian

Kecuali akan membuat nasi goreng gila, jangan terobsesi menambahkan semua jenis bahan yang ada di kulkas untuk paduan nasi goreng. Pilih saja satu jenis, misalnya ikan asin atau teri, bakso, sosis atau daging asap. Ini untuk menjaga agar rasa nasi goreng tetap enak dan jelas.
Perlu diingat bahwa semua jenis daging olahan seperti bakso, sosis atau kornet sudah diberi garam. Makanya tambahkan garam di saat terakhir. Agar nasi goreng tak keasinan rasanya.

5. Gunakan bahan basah secukupnya

Ingat nasi goreng yang enak adalah yang garing dan nasinya pulen. Karena itu jangan terlalu banyak memakai bahan basah. Misalnya irisan ikan, daging ayam, udang dan sayuran. Jika bahan campuran segar dan basah ada baiknya tumis dahulu hingga kering baru tambahkan bahan lainnya.
Jika memakai ikan asin teri atau jambal roti, sebaiknya goreng dahulu hingga kering dan renyah. Masukkan ikan asin atau teri ini di tahap terakhir sehingga rasanya tetap renyah gurih di tiap suapan nasi goreng.

6. Memotong bahan sama besar

Nasi goreng bisa dipadukan dengan beberapa jenis bahan. Tetapi sebaiknya potonglah bahan-bahan tersebut sama besar ukuran. Agar saat diaduk dan dimasak semua bahan bisa matang bersamaan.
Jika memakai paduan sayuran seperti sawi, brokoli, kapri atau wortel, potong dengan ukuran sama. Untuk sawi potong batang sama besar, atau belah dua jika terlalu besar. Pastikan sayuran sudah tiris tak mengandung air saat dicampurkan dengan bahan lain agar nasi goreng tak jadi lembek atau becek.

7. Telur

Telur menjadi paduan wajib nasi goreng. Sebaiknya telur diaduk bersama nasi atau disajikan terpisah? Tergantung dengan selera. Jika akan dicampurkan bisa diaduk saat telur mentah, atau dibuat orak-arik telur. Untuk telur yang dicampurkan mentah bersama nasi, gunakan api besar saat mengaduk dan pastikan telur matang merata sehingga tidak anyir aromanya.
Pilihan lainnya telur dadar atau omelet. Telur dadar bisa diiris tipis atau dijadikan bungkus nasi goreng. Jika suka bisa juga memakai telur goreng, bisa telur goreng matang atau setengah matang. Sebaiknya sajikan selagi hangat agar rasanya gurihnya mantap.

8. Gunakan api besar

Membuat nasi goreng sebenarnya tak beda dengan menumis. Karena sebagian bahan sudah matang atau setengah matang, proses memasak yang cepat ini memerlukan suhu tinggi agar bahan makanan matang tepat waktu.
Jangan takur gosong, asal semua bahan dan bumbu sudah disiapkan di dekat wajan, proses menumis nasi akan berlangsung cepat. Yang perlu diingat jangan terlalu banyak memakai minyak sayur cukup 2 sendok makan, maksimal 3 sendok makan. Jika bahan campuran ada yang berlemak, kurangi minyaknya.
Api yang besar akan membuat bagian luar butiran nasi menjadi sedikit keras dan garing tetapi bagian dalamnya tetap pulen. Bunyi berdetak kecil di keliling wajan menandakan nasi termasak dengan baik. Yang terpenting nasi goreng harus disantap saat hangat agar rasa bumbu dan bahan jadi maksimal.

Sumber: food.detik.com, dengan judul “8 Tips Bikin Nasi Goreng yang Enak dan Sedap”

Artikel Lainnya

Tips & Trik

6 Cara Mencegah Jamur Enoki Tak Terpapar Bakteri Listeria

26 June 2020

Tips & Trik

Mi Instan Bisa Menjadi Makanan Kaya Gizi

26 June 2020

Tips & Trik

Ini 5 Efek Jika Makan Pedas Tiap Hari

26 June 2020

Tips & Trik

Chef Ungkap Dessert Terbaik dan Terburuk untuk Dipesan di Restoran

26 June 2020

Tips & Trik

Tak Hanya Lezat, Berikut 5 Kandungan Gizi dalam Blewah untuk Buka Puasa

26 June 2020

Tips & Trik

Wajib Tahu! 4 Kebiasaan Ini Bisa Jaga Kondisi Gigi Tetap Sehat

26 June 2020

Tips & Trik

6 Cara Mencegah Jamur Enoki Tak Terpapar Bakteri Listeria

26 June 2020

Tips & Trik

Mi Instan Bisa Menjadi Makanan Kaya Gizi

26 June 2020

Tips & Trik

Tips Jitu Membersihkan Memori Smartphone dengan Files by Google

26 June 2020

Tips & Trik

Cegah Pencurian Mobil dengan Cara Ini

26 June 2020

Tips & Trik

Wajib Tahu! 4 Kebiasaan Ini Bisa Jaga Kondisi Gigi Tetap Sehat

26 June 2020

Tips & Trik

6 Cara Mencegah Jamur Enoki Tak Terpapar Bakteri Listeria

26 June 2020

Tips & Trik

Mi Instan Bisa Menjadi Makanan Kaya Gizi

26 June 2020

Tips & Trik

Tips Jitu Membersihkan Memori Smartphone dengan Files by Google

26 June 2020

Tips & Trik

Mengapa Tidak Dianjurkan Tidur Setelah Makan

26 June 2020