Tips & Trik

7 Manfaat Jamu Kunyit Asam dari Cegah Sakit Jantung dan Tambah Imunitas

18 March 2020

7 manfaat jamu kunyit asam simas insurtech
Sudah lama sekali orang Indonesia percaya bahwa racikan jamu dapat membuat sajian ini sarat akan manfaat kesehatan. Apalagi racikan yang terdiri dari kunyit dan buah asam jawa ini dapat meningkatkan sistem imun saat kita harus tetap fit. Terutama saat kita berada di tengah maraknya wabah virus Corona.

Kunyit asam atau kunir asem memiliki banyak manfaat. Kunyit mengandung senyawa aktif berwarna kuning yang disebut dengan kurkumin. Tak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu, kunyit juga sudah digunakan sejak dulu zaman nenek moyang untuk pengobatan dan menjaga stamina. Berikut ini manfaat kunyit asam:

1. Meringankan Peradangan

Kunyit memiliki efek antiradang karena kandungan kurkuminnya. Efek ini dapat mengurangi peradangan dan nyeri akibat penyakit tertentu seperti radang sendi dan penyakit autoimun.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kunyit sudah lama dijadikan sebagai obat. Senyawa kurkumin yang ada dalam jamu kunyit asam dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan mengurangi toksisitas oksigen atau kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Rutin mengonsumsi jamu kunyit asam bisa membantu cegah penyakit jantung.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kunyit asam untuk kesehatan salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Karena kandungan antioksidan, anti peradangan dan antibakteri di dalamnya. Kurkumin dalam jamu kunyit asam juga bisa menjadi modulator kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Menurunnya fungsi otak dapat menyebabkan masalah seperti Alzheimer. Kurkumin yang terkandung di dalam jamu kunyit asam dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) agar fungsi otak meningkat dan mencegah terserangnya penyakit fungsi otak.

5. Meredakan Nyeri Haid

Selain bisa meningkatkan sistem imun, manfaat kunyit asam bagi wanita adalah meredakan nyeri haid. Kandungan curcumin dalam jamu kunyit asam bisa mengurangi produksi hormon yang bisa memicu peradangan dan rasa nyeri yaitu prostaglandin.

6. Melangsingkan Tubuh

Manfaat kunyit asam untuk diet adalah dapat melangsingkan tubuh. Caranya adalah dengan mengurangi respon peradangan pada sel tubuh.

7. Mencegah Risiko Kanker

Manfaat kunyit asam untuk pria dan wanita yang terakhir adalah mencegah risiko kanker. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit membantu cegah risiko kanker. Curcumin di dalam kunyit juga terdapat antioksidan dan anti peradangan sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan akibat mutasi sel dan kanker.

Sumber: food.detik.com, dengan judul “7 Manfaat Kunyit Asam dari Cegah Sakit Jantung dan Tambah Imunitas”

Artikel Lainnya

Tips & Trik

Protokol Isolasi Diri dari Kemenkes Saat Menunjukkan Gejala Corona

18 March 2020

Tips & Trik

10 Vitamin E dan C Terbaik yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

18 March 2020

Tips & Trik

6 Kebiasaan Simpel yang Dapat Menangkal Virus Corona

18 March 2020

Tips & Trik

Tips Mencuci Pakaian Agar Terhindar Dari Virus Corona

18 March 2020

Tips & Trik

Persentase Kematian Akibat Covid-19 di Indonesia Menembus Angka 9,3%, Apa Penyebabnya?

18 March 2020

Tips & Trik

WHO Cemaskan Tenaga Medis Karena Virus Corona Mampu Bertahan di Udara

18 March 2020